Selain Civil Wars, Superhero Ini Juga Saling Bertarung

by Brianskipper via deviantart.com

Setelah ramai dengan film Batman v Superman, pada bulan Mei nanti kita akan menikmati pertarungan akbar antara kedua kubu dari dunia komik Marvel berjudul Captain America: Civil Wars.

Kamu yang belum tahu mungkin bingung mengapa para jagoan super ini malah bertarung satu sama lain. Ya, sebagai pahlawan, mereka kan tetap manusia yang punya prinsip dalam berbuat. Jadi, tentu ada alasannya.

Contohnya saja Batman dalam Batman v Superman diceritakan mendendam pada sosok Superman. Menurut Batman, Superman adalah alien ilegal yang datang membawa bencana bagi bumi.

 

via gizmodo.com

via gizmodo.com

 

Dalam trailer Captain America: Civil Wars diceritakan bahwa pertarungan antara Captain America dengan Iron Man disebabkan oleh Bucky, sang penjahat dalam film Captain America: Winter Soldier. Padahal Bucky diperalat untuk menjadi musuh Captain America di sana.

Menyadari Bucky adalah teman masa lalunya, Cap memilih untuk tidak menyerahkan Bucky pada pemerintah yang ingin menangkapnya. Iron Man, sebagai pahlawan yang mendukung penangkapan Bucky, tentu saja tidak setuju.

Perselisihan mereka membuat para pahlawan super lainnya terpecah dua kubu: pendukung Cap dan Stark. Dari premis inilah Captain America: Civil Wars dibangun.

Sebenarnya, perselisihan ini bukan hal yang sespesial itu. Dalam dunia komik, ada banyak tokoh superhero yang saling bertarung. Berikut di antaranya:

 

1. Wolverine vs. Hulk

by Marvel Comics

by Marvel Comics

Manusia mutan dengan kekuatan regenerasi sel sangat cepat (yang membuatnya cepat menyembuhkan diri dari luka) bertarung melawan raksasa pemarah berwarna hijau. Ya, bisa kamu bayangkan seberapa besar kehancuran yang diakibatkan oleh pertarungan ini. Peringatan sebelumnya, cerita ini mengandung unsur kekerasan dan berdarah-darah.

Bagian awal dari komik yang diterbitkan bulan Desember 2005 ini menceritakan Wolverine yang baru tersadar dari pingsannya. Ia menemukan bahwa bagian bawah tubuhnya tidak ada. Bermodalkan penciuman tajamnya, dia menemukan bagian pinggang dan kakinya berada di atas gunung.

Mencoba mengingat kembali apa yang terjadi, dia tersadar bahwa misinya menuju Tibet adalah untuk mengalahkan Hulk yang semakin tidak bisa dikontrol oleh S.H.I.E.L.D. Wolverine pun berhasil mengingat, bahwa pertarungannya dengan Hulk berakhir dengan kekalahannya.

Dalam pertarungan tersebut, Hulk memisahkan tubuh Wolverine menjadi dua bagian, lalu melemparkan bagian satunya ke puncak pegunungan. Sementara (bagian atas) Wolverine dibiarkan sekarat.

by Marvel Comics

by Marvel Comics

Tenang saja, Wolverine tidak mati. Dengan kemampuan supernya, dia hidup kembali dan melawan Hulk untuk yang kedua kalinya. Tidak ada yang menang atau kalah dalam kisah ini. Mereka berdua diceritakan berdamai dan kembali melawan penjahat bersama.

 

2. Thor vs. Iron Man

by Marvel Comics

by Marvel Comics

Kalau kamu berpikir Thor akan dengan mudah memenangkan pertarungan ini, kamu salah. Hanya karena Thor super kuat bukan berarti Tony Stark akan mudah dikalahkan. Jangan lupakan kemampuan Stark menciptakan baju khusus untuknya.

Diceritakan Thor akan menyerang sebuah negara bernama Latveria. Negara ini sendiri dikuasai oleh Doctor Doom, salah satu antagonis besar di dunia Marvel. Tony Stark mencoba mencegahnya.

by Marvel Comics

by Marvel Comics

Arogansi Thor yang merasa dirinya Tuhan dihadang penuh keyakinan oleh Stark yang berkostum khusus dengan nama Thorbuster. Baju besi ini dibuat dengan menggunakan kekuatan dari kristal Asgardian yang dihadiahkan Thor sebelumnya kepada Stark.

Dengan baju ini, Iron Man jadi sanggup menahan laju Mjolnir, si palu yang bahkan sulit diangkat oleh Hulk.

 

3. Superman vs. Wonder Woman

by Marvel Comics

by DC Comics

Keduanya adalah sosok pahlawan super yang digambarkan baik hati dan selalu jujur. Sayangnya, dalam sebuah kisah dari seri Injustice: Gods Among Us, diceritakan Superman dan Wonder Woman dipaksa bertarung. Pemenangnya akan diutus menjadi pahlawan yang akan menyelamatkan bumi.

Superman tentu saja dengan mudah mengalahkan Wonder Woman. Wajah cantik Wonder Woman bahkan dibuat babak belur hingga berdarah-darah. Tapi Putri Amazons itu tidak menyerah begitu saja.

Mengambil kesempatan Superman yang tidak menyerangnya saat tengah terjatuh, Wonder Woman menyerang tiba-tiba pada lutut Superman. Superman yang tersungkur kaget langsung mendapat serangan selanjutnya dari Wonder Woman. Peringatan sebelumnya, adegan ini mengandung unsur kekerasan dan berdarah-darah.

superman-vs-wonder-woman-injustice-gods-among-us-4

by DC Comics

superman-vs-wonder-woman-injustice-gods-among-us-5

by DC Comics

Jujur saja, pertarungan ini sangat brutal dan mengubah konsep yang melekat pada Wonder Woman. Tapi memang seri komik yang satu ini sering menampilkan hal-hal yang tidak ada dari karakter superhero di cerita-cerita terdahulunya.

 

4. Avengers vs. X-Men

by Marvel Comics

by Marvel Comics

Jika menurutmu pertarungan antara anggota Avengers dalam Captain America: Civil Wars saja sudah menarik dan seru, tunggu sampai kamu melihat yang satu ini. Anggota Avengers melawan para mutan dari X-men!

Ketika sebuah kekuatan besar bernama Phoenix Force datang ke bumi dan Rachel Summers dipercaya sebagai inangnya, X-Men dan Avengers punya pendapat berbeda. X-men mendukung Phoenix Force, sementara Avengers melihatnya sebagai potensi masalah di masa depan.

Kedua kubu bertahan pada pendiriannya dan mulai menyusun serangan. Avengers yang merasa harus menjaga keamanan bumi dan isinya merasa terancam dengan rencana para mutan tersebut. Perang pun pecah.

superhero saling bertarung

by Marvel Comics

Dapat kamu lihat pada gambar di atas, beberapa tokoh yang selama ini antagonis juga ikut membantu dalam perang tersebut. Sebut saja Magneto dan Juggernaut. Apa kamu bisa mengenali siapa saja yang ada pada gambar di atas?

 


featured image by Brianskipper via deviantart.com