8 Alasan Batman Kalah Keren dari Superman


batman
by DC Comics

Saat Batman v Superman tayang di bioskop adalah saat seluruh dunia seolah terpecah tiga: pendukung Batman, pendukung Superman, dan pendukung Marvel yang tidak peduli dengan dunia komik DC.

Lupakan golongan ketiga, ini saatnya kita membahas siapa sebenarnya yang lebih oke, Batman atau Superman. Jawabannya sudah jelas, Superman. Mengapa? Karena superhero nokturnal ini punya banyak kekurangannya sebagai superhero.

 

1. Tidak bisa terbang

Sederhana saja, kelelawar adalah binatang bersayap yang bisa terbang. Meski begitu, Batman tidak bisa terbang. Lain hal kalau ia adalah pinguin atau burung onta yang bersayap tapi tidak bisa terbang.

Tuh, ia sampai memanggil Superman untuk minta bantuan:

 

2. Tidak bisa melihat tembus pandang dan mengeluarkan laser dari matanya

Melihat tembus pandang dan mengeluarkan laser dari mata adalah kemampuan khusus yang dimiliki oleh Superman. Sebagai seorang pahlawan super, wajar jika ia memiliki kemampuan yang lebih dari manusia biasa.

Sementara itu, Batman tidak benar-benar punya kemampuan super, kecuali dia hebat beladiri.

Salah satu mode dalam game GTA V saja sampai dibuat mengikuti kemampuan hebat Superman:

 

3. Tidak bisa apa-apa kalau tidak kaya raya

Tubuh Superman kebal peluru, kostum yang dipakai Batman juga tahan peluru. Superman bisa terbang dan bergerak dengan cepat, Batman punya Batmobile, Batpod, dan The Bat yang bisa terbang.

Bayangkan apa jadinya Batman tanpa kekayaannya? Tidak ada. Hanya seorang pemuda galau yang suka begadang dan pakai topeng buat siskamling.

via gizmodo.com

via gizmodo.com

 

4. Tidak pede dengan wajah dan suaranya?

Kenapa Batman pakai topeng? Padahal Superman cukup menyembunyikan identitasnya dengan kacamata saja. Ada kemungkinan bahwa penyebabnya adalah ia tidak cukup pede dengan wajahnya sendiri.

Belum lagi suaranya yang sengaja diubah setiap kali menggunakan kostum. Apakah tenggorokannya tidak gatal?

 

5. Butuh sidekick dalam membasmi kejahatan

Merasa tak cukup kuat melawan kejahatan sendirian, Batman merekrut anak di bawah umur untuk dijadikan sidekick atau mitranya. Namanya Robin. Bocah remaja yang bawel ini direkrut karena dia memiliki kesamaan kondisi; mereka berdua yatim piatu.

Sementara itu, Superman tidak butuh sidekick. Beberapa nama pahlawan super pernah ikut membantunya dalam misi menyelamatkan dunia, tapi bukan sebagai sidekick-nya.

 

6. Egois

Lupakan perkara Bruce Wayne menjadi superhero karena ingin membela kebenaran. Pada dasarnya, Batman adalah sisi egois dari Bruce Wayne yang tidak terima kedua orang tuanya meninggal dibunuh oleh kriminal di kota itu.

Batman muncul dari rasa kesal Bruce Wayne pada tingkat kriminalitas kota Gotham, bukan karena jiwa pahlawan Bruce yang ingin membela yang kaum tertindas.

Bandingkan dengan Superman yang justru menjadi pahlawan karena mencintai bumi, planet yang membesarkannya dan berisikan orang-orang yang ia sayangi.

 

7. Terlalu mengisolasi diri dari lingkungan sosial

Superman dan Batman punya kesamaan: mereka berdua yatim piatu. Tapi yang membedakan adalah Superman tumbuh dengan penuh kasih sayang dari kedua orang tua angkatnya di bumi. Sementara Batman tumbuh menjadi pribadi yang pendendam dan penyendiri.

Superman punya pacar yang cantik dan hidup sebagai manusia normal walaupun dia setingkat dewa. Sementara Batman justru hidup dengan angkuhnya di rumah yang bagai istana dan tidak punya pacar.

Superhero nokturnal ini tampak tidak mudah percaya pada orang lain dan membuka dirinya pada wanita, tapi hanya akrab dengan Alfred penjaganya dan Robin.

via lospaziobianco.com

via lospaziobianco.com

 

8. Tidak bisa menyelamatkan orang siang hari

Ini adalah poin paling penting mengapa konsep nokturnal pada pahlawan super adalah hal yang buruk. Bayangkan jika ada kejadian terorisme yang terjadi pagi atau siang hari. Ia tidak bisa membantu menyelamatkan kota. Bisa jadi ia sedang tidur akibat kelelahan begadang semalaman, atau sibuk tebar pesona sebagai Bruce Wayne dan perusahaannya yang maha megah.

Superman? Tidak lebih dari 2 detik ia sudah bisa mengganti baju dan identitasnya dari wartawan rendah hati bernama Clark Kent menjadi pahlawan super yang baik hati bernama Superman!

batman

via viralpirate.com

 


featured image by DC Comics