Atas Alasan Apapun, Jangan Lakukan Ini di Panggung!

via bellydancevogue.com

Berita meninggalnya Irma Bule akibat dipatuk ular ketika tampil di panggung memang menghebohkan. Ular yang digunakan sebagai properti pertunjukan tersebut mematuk Irma karena Irma tidak sengaja menginjak ular tersebut.

Nyoozee turut berduka cita. Tapi sebenarnya ada pelajaran penting lho yang bisa diambil dari kejadian ini. Bahwa ada beberapa hal yang berbahaya dan sebaiknya kamu jangan lakukan ini di panggung. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Memanjat

Kamu mungkin saja bingung, tapi banyak penyanyi yang memanjat tiang di panggung hanya untuk menambah heboh atraksi panggungnya. Hal ini tentu saja berbahaya, mengingat tidak adanya pengamanan yang memadai. Apalagi sang penyanyi seringkali direpotkan dengan kostum dan sepatu hak tingginya.

Jika memang ingin menambahkan atraksi, bukankah ada banyak pilihan joget dangdut saat ini? Bisa juga menilik para penyanyi dangdut senior seperti Camelia Malik, Iis Dahlia, dan Kristina. Mereka bisa menghibur penonton dengan kemampuannya bernyanyinya. Bukan dengan atraksi-atraksi ajaib dan berbahaya seperti ini.

dangdut manjat

Hati-hati nyangkut, Neng! – oleh Johan Wibowo via Youtube

 

2. Menyiksa Binatang

Sedikit serupa dengan kejadian yang menimpa Irma Bule, penggunaan binatang di atas panggung pertunjukan sebenarnya berakibat buruk pada binatang tersebut. Binatang yang tidak biasa dengan kerumunan dan keramaian akan mengalami stres ketika dibawa naik panggung.

Selain itu, ada juga beberapa penampil dengan dengan sengaja membawa dan menyiksa binatang sebagai bagian dari atraksinya. Salah satu yang paling terkenal adalah ketika Ozzy Orbourne menggigit kepala kelelawar hingga putus. Ada pula seorang penampil di acara Tukul Arwana yang memakan kodok hidup-hidup.

jangan lakukan ini di panggung

Jangan siksa aku dong – via dodogs.website

 

3. Tampil Dengan Kostum yang Mengganggu

Kostum seorang penyanyi adalah salah satu faktor pendukung penampilan. Tapi banyak penyanyi yang justru menggunakan kostum yang mengganggu penampilannya. Tidak harus heboh dan megah, penampilan yang terlalu sederhana dan biasa juga bisa mengganggu.

Jika kamu seorang penyanyi atau penampil di atas panggung, perhatikan sepatu yang kamu digunakan. Usahakan agar berukuran sesuai ukuran kakimu. Begitu juga celana atau rokmu, serta baju bahkan hiasan kepalamu. Bukan hanya bisa mengganggu dan merusak penampilanmu, kostum yang tidak sesuai bisa saja mencederaimu.

jangan lakukan ini di panggung

Awas kepleset! – by Letv

 

4. Lupa Lirik Lagu

Yang terakhir ini tidak terlalu membahayakan jika dilakukan sih. Tapi bisa saja membuat dirimu terlihat kurang profesional. Walau sering menyanyikan lagunya, bukan berarti sang penyanyi tidak bisa lupa pada lirik lagunya sendiri. Sebagai manusia biasa, wajar saja jika mereka tiba-tiba lupa lirik lagu yang sedang mereka nyanyikan.

Jika tidak pandai-pandai mengatur strategi di atas panggung, penonton bisa saja menyadari hal ini dan menjadikannya bahan gunjingan. Di Indonesia sendiri, ada beberapa nama yang terkenal karena sering lupa lirik lagu ketika sedang bernyanyi. Di antaranya ada Ahmad Dhani dan Candil (eks Seurieus).

 

Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari kecelakaan yang menimpa Irma Bule ya. Dengan begitu tidak perlu lagi ada korban lainnya di kemudian hari. Untuk kamu yang penyanyi atau penampil lain di atas panggung, jangan lakukan ini di panggung ya!

 


featured image via bellydancevogue.com