Apa Itu “27 Club”?

27 club via arte-nova.wix.com
via arte-nova.wix.com

Saat kamu mendengar kalau musisi-musisi handal dunia seperti Jimi Hendrix, Jim Morrison, atau Amy Winehouse jadi anggota 27 Club, mungkin kamu akan mempertanyakan klub yang namanya terdengar cukup aneh ini. Apa sih sebenarnya 27 Club itu?

27 Club bukanlah klub yang secara resmi dibentuk oleh para anggotanya. Malahan para anggotanya juga tidak sadar mereka masuk ke dalam klub ini.

27 Club hanyalah sebutan yang disepakati oleh publik setelah mengamati pola kematian musisi besar dunia yang jatuh di usia 27 tahun. Biasanya kematian mereka identik dengan konsumsi narkoba dan alkohol yang berlebihan, pengalaman kekerasan, hingga bunuh diri.

Sejauh ini, cukup banyak musisi yang dinobatkan sebagai anggota 27 Club. Wikipedia mencatat setidaknya ada 50 musisi yang namanya masuk dalam daftar klub ini. Nah, beberapa nama yang terkenal di antaranya seperti:

 

1. Brian Jones

27 club via pinterest.com

via pinterest.com

 

Lewis Brian Hopkins Jones, atau lebih dikenal dengan Brian Jones, adalah founder dari band rock n’ roll paling terkemuka di dunia, The Rolling Stones. Brian Jones lah yang sebenarnya membuat, memilih para personil, serta menentukan musik apa yang dimainkan oleh The Rolling Stones.

Setelah Mick Jagger dan Keith Richards mulai membuat lagu berdua dan menuai kesuksean, posisi Brian Jones sebagai frontman The Rolling Stones mulai tergeser. Seiring dengan kemundurannya sebagai frontman, Brian juga mulai terjerumus terhadap obat-obatan dan akhirnya dipaksa keluar dari band.

Tidak lama setelah itu, Brian ditemukan tidak bernyawa di kolam renang rumahnya. Ia mati dalam kondisi tenggelam. Meski demikian, ada juga desas-desus yang beredar di kalangan publik yang menyebutkan bahwa Brian Jones sebenarnya mati dibunuh.

Polisi mengklarifikasi hal tersebut dengan mengatakan bahwa Brian meninggal karena kecelakaan. Brian Jones meninggal di usia 27 tahun pada 3 Juli 1969. Ia merupakan anggota pertama di 27 Club.

 

2. Janis Joplin

27 club via tumblr.com

via tumblr.com

Janis Lyn Joplin, atau lebih familiar dengan sebutan “Pearl”, juga merupakan anggota 27 Club. Janis meninggal pada 4 Oktober 1970, karena overdosis heroin di sebuah hotel di Hollywood. Janis sebelumnya dikenal sebagai vokalis band Big Brother and The Holding Company. Band tersebut merupakan band psychedelic yang cukup tenar di era 60-an.

Janis juga sempat menjajal dirinya sebagai penyanyi solo. Saat solo karier, ia mengeluarkan beberapa hits seperti Summertime, Piece of My Heart, Maybe, To Love Somebody, dan  Me And Bobby McGee. Performanya di atas panggung yang begitu berenergi, membuat para fansnya menjulukinya “Electric”.

 

3. Jim Morrison

27 club via tumblr.com

via tumblr.com

James Douglas Morrison, atau akrab disapa “Jim”, adalah seorang musisi, penulis lagu dan penulis puisi. Tapi yang membuatnya paling dikenal oleh dunia adalah sebagai vokalis sekaligus frontman The Doors. Jim disebut-sebut sebagai ikon dan musisi yang paling berpengaruh di dunia musik, terutama musik rock.

Lagu-lagu yang membuat Jim terkenal antara lain, Light My Fire, Love Me Two Times, Moonlight Drive, Break On Through (To The Other Side), dan Hello, I Love You. Dalam proses pembuatannya, alter ego yang dimiliki oleh musisi satu ini punya peran yang begitu besar, lho.

Tapi sayangnya, Jim meninggal pada 3 Juli tahun 1971 di Paris. Tentunya di usia ke 27. Kematiannya disebabkan overdosis heroin, sama seperti Janis Joplin.

 

4. Jimi Hendrix

27 club via pinterest.com

via pinterest.com

Siapa yang tidak kenal Jimi Hendrix? Terlahir sebagai Johnny Allen Hendrix, Jimi Hendrix dikenal sebagai musisi instrumental yang paling hebat dan paling berpengaruh di dunia. Lagu-lagu Jimi yang paling dikenal adalah, Purple Haze, Hey Joe, dan The Wind Cries Mary.

Orang yang terakhir melihatnya hidup adalah Monika Dannemann, pacar Jimi saat itu. Monika mengungkapkan bahwa Jimi menegak 9 butir obat tidur Vesparax  yang kemudian menyebabkan nyawanya melayang.

Jimi meninggal pada umur 27 tahun,  pada 18 September 1970. Inilah yang menjadikannya sebagai anggota 27 Club.

 

5. Kurt Cobain

27 club via tumblr.com

via tumblr.com

Kalau musisi yang ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Anak-anak generasi 90-an sudah pasti mengenalnya. Kurt Donald Cobain, adalah seorang vokalis dari band terkemuka, Nirvana. bersama teman satu bandnya, Dave Grohl, Kurt masuk ke Rock and Roll Hall of Fame.

Tapi, pada suatu hari Kurt ditemukan bunuh diri menggunakan pistol di rumahnya. Beberapa alasan yang beredar adalah Kurt tidak sanggup lagi hidup sebagai musisi terkenal. Ia tertekan untuk terus hidup sebagai musisi profesional. Selain itu ia juga punya ketergantungan pada heroin. Kombinasi semua itu membuatnya depresi dan akhirnya memilih untuk mengakhiri nyawanya.

Ia meninggal pada 5 April 1994, di usianya yang ke-27. Jangan mencontoh bagaimana musisi ini akhirnya mengakhiri hidup ya, cukup contoh gaya berpakaiannya saja.

 

6. Amy Winehouse

27 club via pinterest.com

via pinterest.com

Amy Jade Winehouse atau yang dikenal dengan Amy Winehouse adalah musisi asal Inggris yang cukup nyentrik. Amy punya vokal rendah yang begitu unik, yang dengan mudahnya ia adopsi ke dalam berbagai genre musik yang ia nyanyikan. Mulai dari soul, rhythm, blues, bahkan hingga jazz. 

Lagu-lagunya yang terkenal dan disukai banyak orang berjudul Black to Black, Rehab, Valerie dan You Know I’m No Good. Sayangnya, karier bermusiknya harus berhenti di usia 27 tahun. Amy meninggal karena keracunan alkohol. Sebelumnya pun ia  sempat beberapa kali keluar masuk rehabilitasi gara-gara kecanduannya ini. Selain itu, Amy juga bulimia dalam tingkat yang mengkhawatirkan.

Kematiannya yang jatuh pada 23 Juli 2011 lalu membuatnya terdaftar sebagai anggota 27 Club.

 

Itulah beberapa musisi-musisi kaliber dunia yang tergabung dalam 27 Club. Meski mati muda seperti mereka terkesan keren dan dramatis, tapi lebih luar biasa lagi bisa hidup panjang serta mengeluarkan banyak karya.

 


featured image via arte-nova.wix.com