Aransemen Lagu Anak Ini Masih Enak Lho

via youtube.com TheEllenShow

Entah apakah anak-anak sekarang masih kenal lagu yang dulu diciptakan memang diperuntukkan bagi anak-anak. Mungkinkah yang tersisa hanya semangat romantisme nostalgia anak-anak yang sudah mulai dianggap “tua”?

Bisa jadi atas dasar kerinduan akan tema-tema ringan atau untuk melestarikan keberadaan lagu lama, musisi-musisi berikut mendaur ulang lagu anak-anak menjadi sesuatu yang baru dan berbeda.

 

 

Adhitia Sofyan

Di Sini Senang Di sana Senang, Hujan, dan Naik Delman adalah tiga dari sekian banyak lagu anak-anak yang cukup terkenal. Ketika kamu kecil dulu, mungkin kamu akan menyanyikan lagu-lagu ini dengan riang dan bersemangat. Tapi untuk versi Adhitia Sofyan ini, kamu disuguhkan dengan gaya menyanyi yang tenang-tenang menghanyutkan.

Untuk mendengarkan kompilasi aransemen lagu anak dan lagu daerah yang dinyanyikan ulang oleh Adhitia Sofyan, serta lagu-lagu Adhitia Sofyan lainnya, kamu bisa mengunjungi akun Youtube ataupun Soundcloud-nya.

 

Bottlesmoker

Duo yang sempat tampil di Djakarta Warehouse Project atau DWP 2015 ini juga tak ketinggalan membuat aransemen lagu Anak Gembala ciptaan AT Mahmud. Lagu ini sempat dipopulerkan oleh Tasya Kamila zaman 90-an lalu.

Anak Gembala versi Bottlesmoker terdengar sama menyenangkannya dengan lagu versi Tasya, tapi dengan warna elektronik yang lebih kental. Mungkin kalau digambarkan dengan warna, lagu ini jadi seolah dicat hijau neon.

 

Jubing Kristianto

Lagu Burung Kakatua yang sering kita nyanyikan saat kecil sebenarnya adalah lagu daerah yang berasal dari Maluku. Aransemen seru dari Jubing membuatnya terdengar tidak membosankan.

Mungkin kamu bisa mencoba menyanyikan lagu Burung Kakatua dengan musik Jubing di atas. Kalau bosan, bisa beralih ke lagu Topi Saya Bundar.

Berikut ini pun aransemen lagu Becak dan Hujan yang digubah dengan berbagai gaya. Mulai dari nada mayor hingga minor, klasik hingga pop, suram hingga seru.

Selain lagu anak-anak di atas, kamu bisa mendengarkan lagu-lagu lain di kanal Youtube Jubing Kristianto. Jubing banyak membuat aransemen gitar akustik dari beragam lagu, mulai dari lagu daerah, lagu anak, lagu pop, baik yang baru maupun lawas.

Nyoozee merekomendasikan lagu daerah berjudul Jangkrik Genggong yang dimainkan asyik bersama Endah Laras. Dengarkan juga duet yang menyejukkan hati oleh Jubing dengan Payung Teduh untuk lagu Perempuan yang sedang dalam Pelukan

 

Superman is Dead

Satu lagi lagu yang dipopulerkan oleh Tasya. Untuk aransemen yang lebih bersemangat ini, ada lagu Aku Anak Indonesia yang dinyanyikan oleh Superman is Dead. Di tengah perjuangannya untuk menolak reklamasi Teluk Benoa, SID memainkan lagu ini untuk menunjukkan nasionalismenya.

 

Dialog Dini Hari

Selain versi Adhitia Sofyan di poin awal tadi, Dialog Dini Hari juga memainkan lagu Di Sini Senang, di Sana Senang. Bedanya, lagu ini dijuduli Lagu Sedih oleh Dialog Dini Hari. Katanya lagu ini diperuntukkan bagi orang-orang sedih.

Coba kamu bandingkan, sedih mana versi Dialog Dini Hari atau Adhitia Sofyan.

 


featured image via youtube.com TheEllenShow