5 Alasan Kamu Wajib Dengarkan Musik Babymetal

Beberapa waktu lalu, Nyoozee sempat membahas beberapa idol group Jepang yang punya konsep unik dan berbeda. Selain dari yang sudah disebutkan, ada juga idol group bernama Babymetal.

Sesuai namanya, letak keunikan grup ini ada pada penggabungan konsep idol group yang unyu-unyu dengan musik metal yang hingar bingar.

Kok bisa? Tentu saja bisa. Sebelum buru-buru mengecap idol group ini aneh atau malah kurang cadas, sebaiknya kamu dengarkan dulu salah satu lagu mereka. Atau kalau terlalu enggan mendengar lagu mereka, coba simak argumen Nyoozee berikut. Moga-moga setelah membaca, kamu mulai sedikit teryakinkan.

 

1. Memberimu Referensi Musik Baru

Babymetal bersama Matt Heafy, Vokalis dan Gitaris utama band Trivium. via metalinjection.com

Babymetal bersama Matt Heafy, vokalis dan gitaris utama band Trivium –  via metalinjection.com

Pertama-tama, alasan dengar musik Babymetal sebenarnya simpel saja, yaitu supaya kamu punya referensi musik yang baru. Apalagi jika kamu bosan dengan playlist musik di ponselmu atau yang diputar oleh layanan streaming musik online.

Musik Babymetal merupakan pilihan yang tepat bila kamu ingin mendengarkan musik yang tidak biasa. Kombinasi cabikan gitar yang apik berpadu dengan suara imut vokalis dijamin akan membuat para penikmat musik, terutama musik keras, jadi ketagihan.

 

2. Menyajikan Musik Metal Secara Sungguh-Sungguh

Babymetal dengan tarian khasnya. via babymetal.net

Penampilan Babymetal – via babymetal.net

Mengingat Babymetal digawangi oleh tiga orang gadis belia, pasti ada saja yang beranggapan grup ini hanya mengutamakan tampilan imut vokalisnya ketimbang menyajikan musik yang berkualitas.

Anggapan tersebut salah besar. Meski menggunakan konsep idoling, kehadiran riff gitar yang rumit dan cepat serta gebukan drum nan brutal menjadikan musik Babymetal asyik untuk dinikmati.

 

3. Eksplorasi Genre Metal Habis-Habisan

Penampilan Babymetal yang habis-habisan. via babymetal.net

Penampilan Babymetal yang habis-habisan – via babymetal.net

Kombinasi metal dengan idol group juga tidak lantas menjadikan musik Babymetal terdengar metal nanggung. Reinterpretasi musik metal yang Babymetal lakukan justru menjadikan musik dan sound-nya terdengar lebih kaya.

Coba saja dengar album terbaru mereka yang rilis April 2016 kemarin. Di sana kamu akan mendengar pengaruh metal dari beragam subgenre. Mulai dari metalcore, deathcore, heavy metal, progressive metal ala Dream Theatre, hingga nu-metal ala Slipknot.

 

4. Kombinasi Apik Nada Minor Khas Metal dan Nada Mayor Khas J-Rock

Kami Band, band yang menjadi penyokong nada-nada cadas musik Babymetal. via koeln.de

Kami Band, band yang menjadi penyokong nada-nada cadas musik Babymetal – via koeln.de

Konsep Babymetal yang mengombinasikan genre metal dengan idol group yang populer di Jepang memang terdengar sedikit aneh. Tapi dua unsur yang seolah nggak nyambung tersebut bisa berpadu dengan pas.

Dari segi notasi, kamu akan sering mendengar bridge dari nada minor khas metal, ke nada-nada mayor khas musik-musik anime. Sensasi yang tidak biasa ini yang menjadi salah satu alasan dengar musik Babymetal.

 

5. Vokalis Imut nan Powerful

Tarian imut-imut dari Babymetal. via huffingtonpost.com

Tarian imut-imut dari Babymetal – via huffingtonpost.com

Menggabungkan konsep idoling ke dalam Babymetal tentu belum lengkap jika tidak menyertakan anggota grup yang imut-imut. Begitupun dengan Babymetal yang menyertakan Suzuka Nakamoto sebagai vokalis serta Yui Mizuno dan Moa Kikuchi sebagai backing-vocal.

Meski terlihat imut-imut, vokal Suzuka Nakamoto terdengar bertenaga layaknya vokalis band heavy metal kawakan. Vokal powerful tersebut diselingi suara imut dari Yui Mizuna dan Moa Kikuchi, memberikan kekhasan yang juga menjadi alasan lainnya kenapa kamu wajib mendengar musik Babymetal.

 

Apakah beberapa alasan dengar musik Babymetal di atas sudah cukup meyakinkanmu? Kalau sudah, siap-siaplah ketagihan musik mereka.

 


No Comments

  • Suka musiknya sih, cuman ga gitu sreg aja sama suara vokal imutnya. menurutku malah aneh. mungkin nanti kalau anak2nya udah pada gede mereka bisa nyekrim beneran kayak vokalis2 cewe di band metal gitu. Aksi panggungnya juga biasa aja. Lebih suka ngliat gitaris pamer aksi solo gitar di panggung paling depan drpd liat koreo. itu sih cuma menurut aku. ya namanya selera orang kan beda2 ya.

Comments are closed.