Ketahui 4 Hal tentang Ulang Tahun Gigi Ke-22 Ini!

via saktiisback.deviantart.com

Berdiri pada tanggal 22 Maret 1994, tahun ini akan jadi perayaan ulang tahun Gigi ke-22. Band yang saat ini dikomandoi oleh Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (gitar bas), dan Gusti Hendy (drum) ini memang sudah bisa disebut salah satu legenda musik Indonesia.

Menyambut ulang tahun mereka, Nyoozee akan membahas berbagai serba-serbi yang perlu kamu ketahui tentang band asal Bandung ini.

 

1. Gigi “Perjuangan”

Ulang Tahun Gigi Ke-22

Para personel dan mantan personel Gigi via dennysakrie63.wordpress.com

Layaknya yang terjadi pada semua band besar Indonesia, Gigi juga mengalami beberapa kali pergantian personel. Jika ditotal, ada 4 orang mantan personel Gigi. Mereka adalah Aria Baron (gitar), Ronald Fristianto (drum), Opet Alatas (gitar bas), dan Budhy Haryono (drum).

Dalam acara ulang tahun Gigi ke-15 yang diadakan di Jakarta 7 tahun yang lalu, Baron sempat berseloroh. Ia berkata agar Armand keluar dari Gigi dan bergabung bersama para mantan personel untuk membentuk Gigi Perjuangan, mengambil inspirasi dari perubahan nama salah satu partai politik.

 

2. Konsep Videoklip yang Selalu Unik

Sejak awal tampil di layar kaca Indonesia, Gigi selalu mengusung konsep videoklip yang tidak umum. Ditambah lagi gaya para personelnya yang memang unik, membuat setiap video klip Gigi selalu menarik untuk disimak.

Berikut adalah beberapa videoklip unik yang pernah dibuat Gigi:

Janji

Bermain dengan warna-warni ceria, videoklip yang dibuat tahun 1995 ini menjadi salah satu videoklip yang paling diingat oleh para penggemar Gigi. Lihat saja potongan rambut dan gaya janggut Armand yang unik sekaligus aneh, baik untuk waktu itu bahkan sampai sekarang.

 

Nirwana

Berbanding terbalik dengan konsep nirwana atau surga yang biasa dikenal, videoklip ini cenderung kelam. Walau sesekali ada adegan warna-warni penuh efek komputer, yang masih jarang pada waktu videoklip ini dibuat.

 

Jomblo

Lihat saja videoklip ini untuk melihat betapa ramai dan serunya para personel Gigi bersama puluhan figuran yang berbeda-beda profesi.

11 Januari

Videoklip untuk lagu tentang perjalanan cinta Armand dengan istrinya Dewi Gita ini juga tak kalah uniknya. Walau terkesan sederhana, seluruh adegan direkam dalam satu kali pengambilan adegan.

3. Mengikuti Perkembangan Zaman

Walau salah penulisannya, Gigi sukses memopulerkan istilah jomblo sebagai pengganti kata lajang (harusnya jomlo). Istilah ini lantas bertahan hingga saat ini sebagai kata ganti, bahkan hinaan bagi mereka yang tidak punya pacar. Padahal lagu ini dirilis tahun 2001, artinya istilah ini bertahan sudah 15 tahun.

Setelahnya, di tahun 2009, ketika demam media sosial melanda hampir seluruh masyarakat Indonesia, Gigi mengeluarkan lagu berjudul My Facebook. Lirik awalnya sudah menjelaskan tentang apa lagu ini bercerita:

Berawal dari Facebook baruku

Kau datang dengan cara tiba-tiba

Bekas kekasih yang lama hilang

 

4. Konser Ulang Tahun Dibuka untuk Umum dan Gratis!

Ya, kamu tidak salah baca. Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-22 tahun ini, Gigi mengadakan konser yang dibuka untuk umum dan tiket masuknya diberikan gratis. Tepat pada tanggal 22 Maret, konser ini akan digelar di Jakarta. Tapi jangan takut, kamu juga bisa menikmatinya langsung dari layar televisi di rumahmu. Soalnya, konser ini rencananya juga akan disiarkan langsung di salah satu stasiun televisi.

Konser ini sendiri akan menghadirkan banyak musisi, mulai dari para mantan personel Gigi, hingga Raisa, d’Masiv, RAN, Barasuara, Once, dan Cakra Khan. Semoga saja di umur yang semakin matang, Gigi semakin solid dan dapat menghadirkan karya yang semakin disukai oleh orang ya.

Selamat ulang tahun, Gigi!

 


featured image via saktiisback.deviantart.com