Mudah Tonton Game dengan Youtube Gaming!

Apa itu Youtube Gaming? Ini dia Youtube Gaming!
via androidcentral.com

Siapa tak kenal Youtube, kanal video terbesar milik perusahaan penguasa internet Google? Seperti yang kamu tahu, kamu bisa menyaksikan berbagai hal lewat Youtube: trailer film, trailer game, berita terkini, web-series, film pendek, dan berbagai konten video lainnya.

Memiliki miliaran penonton dari berbagai belahan dunia tak membuat Youtube berhenti berinovasi. Demi memuaskan para penonton dari kalangan pemain video game, Youtube membuat sebuah layanan baru khusus menayangkan Video on Demand dan Live Streaming video game. Layanan ini bernama Youtube Gaming.

Tapi, apa sih yang membedakan Youtube Gaming dari Youtube biasa atau layanan penyedia live-streaming game lain? Berikut pembahasannya tentang apa itu Youtube Gaming.

 

Dibuat Khusus untuk Para Gamers

Apa itu Youtube Gaming? Ini dia Youtube Gaming!

Youtube Gaming, apa kamu siap? via spin-interactive.com

Satu hal besar yang membedakan Youtube Gaming dengan Youtube biasa adalah spesialisasi konten untuk para penonton dari kalangan gamers. Kamu yang gamer tak usah direpotkan lagi mencari kanal yang menayangkan VOD atau Live-Streaming game. Kan konten dalam Youtube Gaming semuanya sudah bertemakan game.

Dalam layanan ini, algoritma pencarian juga sudah dispesifikkan kepada kategori game saja. Dengan demikian, apapun kata kunci yang kamu cari pada Youtube Gaming hanya akan menemukan semua hal tentang game. Hasil pencariannya pun akan berupa ulasan game, pratinjau game, panduan game, taktik, strategi game, dan hal-hal lain tentang game.

Pengguna juga bisa mencari berbagai koleksi video berdasarkan judul game. Jadi kamu tak perlu lagi repot mencari kanal tertentu. Misal kamu ingin mencari strategi baru untuk bermain Dota 2. Cukup klik judul game Dota 2 untuk memunculkan berbagai video perihal Dota 2.

 

Mudah Akses Tayangan Langsung Kegiatan Main Game Milik Content Creator

Apa itu Youtube Gaming? Ini dia Youtube Gaming!

Tampilan video tayangan langsung pada Youtube Gaming

Pertama kali memasuki laman web Youtube Gaming, pengguna akan segera disuguhkan dengan berbagai video tayangan langsung. Biasanya yang muncul adalah pertandingan game tertentu, atau tayangan langsung para pemain beta-tester yang sedang memainkan game-game baru.

Tayangan langsung yang pertama kali tampil di halaman depan biasanya adalah tayangan terpopuler dengan khalayak berjumlah banyak. Tapi jika tidak menemukan tayangan langsung yang diinginkan, pengguna bisa pilih tab “live” untuk melihat video tayangan langsung lainnya.

Di halaman depan tak hanya terdapat video tayangan langsung saja. Ada juga video terpopuler yang disesuaikan dengan preferensi pencarian video sang pengguna. Jadi semisal kamu sering mencari video Clash Royale pada laman Youtube Gaming, maka halaman depan Youtube Gaming milikmu akan ramai diwarnai video-video Clash Royale.

 

Tambah Mudah dengan Dukungan Aplikasi Mobile

Apa itu Youtube Gaming? Ini dia Youtube Gaming!

Aplikasi Youtube Gaming. via digitaltrends.com

Meski layanan Youtube Gaming sudah meramaikan jagat internet sejak sekitar Agustus 2015 lalu, namun aplikasi mobile Youtube Gaming baru menyambangi regional Asia Tenggara pada 7 April lalu. Kehadiran aplikasi mobile ini semakin memudahkan para gamers yang ingin menonton berbagai tayangan terkait video game.

Beberapa fitur menarik yang ada dalam aplikasi Youtube Gaming ini termasuk pemberitahuan jika kanal favorit pengguna sedang menayangkan video tayangan langsung lho. Selain itu juga ada fitur popout player yang memungkinkan pengguna tetap menonton videonya sembari melakukan aktivitas lain. Kamu jadi bisa tetap menonton sambil chatting atau melihat media sosial.

Apa itu Youtube Gaming? Ini dia Youtube Gaming!

Cara menayangkan tayangan langsung pada Youtube Gaming.

Menayangkan video tayangan langsung milik sendiri pada aplikasi Youtube Gaming juga mudah dilakukan. Pengguna cukup tap ikon panah mengarah ke atas (sebelah ikon search), ikuti petunjuk, lalu mainkan! Tayangan langsung kegiatan bermain game pada smartphone akan segera mengudara sesaat setelah kamu mulai merekam.

Apabila ingin menjajal aplikasi Youtube Gaming untuk smartphone, kamu bisa mengunduhnya dari Play Store untuk smartphone berbasis Android atau App Store untuk smartphone berbasis iOS.

 


Featured image via androidcentral.com