Buat Google Chrome Lebih Canggih dengan 9 Extension Ini!

Peramban atau browser bisa dibilang menjadi aplikasi paling penting sekarang ini. Tanpa kehadiran peramban, akses internet seakan menjadi tidak ada gunanya. Bicara masalah peramban, Google Chrome bisa dibilang merupakan peramban terpopuler saat ini.

Google Chrome menguasai 45% pasar peramban secara Global; yang membuatnya menjadi raja para peramban. Kepopuleran Google Chrome bisa dibilang karena tampilannya yang sederhana, kemampuannya membuka berbagai macam laman web, update yang rutin, dan tak kalah penting adalah kehadiran berbagai ekstensi yang menambah fungsi si peramban.

Kali ini Nyoozee akan membahas beberapa ekstensi Google Chrome dengan fungsi yang menarik. Ditambah, ekstensi-ekstensi ini juga bisa membantu meningkatkan efektivitas penggunaan peramban sehari-hari. Berikut rekomendasi dan ulasan singkat beberapa ekstensi Google Chrome dari Nyoozee:

 

The Great Suspender

Tampilan tab peramban dalam mode suspend. via mashable.com

Secara umum fungsi The Great Suspender adalah mematikan tab peramban yang terbuka terlalu lama. Hal ini dimaksudkan agar penggunaan RAM peramban Google Chrome jadi lebih efisien. The Great Suspender tidak mematikan tab peramban sepenuhnya, melainkan sementara saja. Jika ingin membukanya kembali, pengguna bisa klik reload page dan laman web akan hadir kembali. Pengguna bisa memilih lama jeda waktu The Great Suspender mematikan tab laman web: mulai dari 20 detik sampai dengan 3 hari.

 

Reedy

Tampilan Reedy ketika membaca satu paragram dalam kata per kata. via ready.azagroup.ru

Reedy merupakan ekstensi Google Chrome yang dapat membantumu membaca lebih cepat. Reedy membuat bacaan satu paragraf tampil kata per kata. Kita bisa mengatur seberapa cepat Reedy memproses kata per katanya. Mulai dari 50 WPM (Words per Minute) sampai dengan 2000 WPM. Reedy juga bisa memberikan estimasi waktu berdasarkan WPM yang kita pilih. Contohnya, satu paragraf pendek dengan kecepatan 300 WPM bisa selesai dibaca dalam kisaran waktu kurang dari 10 detik.

 

UpNext

Streaming musik via Youtube menggunakan UpNext. via github.com

UpNext adalah ekstensi yang bisa membuat streaming video musik di Youtube jadi hanya streaming musiknya saja. Karena fungsinya, UpNext bisa kamu jadikan alternatif dari layanan online music streaming. Selain dari Youtube, UpNext juga bisa memutar musik dari Soundcloud. Penggunaannya pun mudah. Cukup ketik nama artis atau judul lagu yang ingin dicari pada search box, maka UpNext akan mencarikannya. Di ekstensi ini kamu juga bisa memasukkan lagu yang kamu suka ke dalam playlist.

 

Google Dictionary

Cara kerja ekstensi Google Dictionary pada Google Chrome. via chrome.google.com

Bahasa Inggris memang tidak mudah dipelajari, tapi setidaknya ada berbagai media yang bisa membantu kita belajar. Salah satunya adalah Google Dictionary yang bisa mengartikan suatu kata secara real-time. Cukup blok atau double-click sebuah kata, maka definisi katanya akan muncul. Sayangnya Google Dictionary ini hanya memberikan pengertian kata bahasa Inggris dalam bahasa Inggris, tidak dari bahasa Inggris ke bahasa lainnya.

 

Evernote Web Clipper

Evernote Web Clipper yang dapat dilakukan untuk kliping laman web. via ipaddiction.blogspot.com

Untuk para pengguna Evernote, ekstensi yang satu ini akan sangat berguna. Secara umum, Evernote Web Clipper berfungsi sebagai alat kliping digital. Ekstensi ini bisa menyimpan artikel yang kamu inginkan. Mulai dari seluruh laman web (termasuk gambar beserta bagian lain web), tulisannya saja seperti pada aplikasi Pocket, hingga sekadar bookmark atau screenshot laman web. Semua hasil kliping tersebut secara otomatis akan tersimpan ke dalam notebook akun Evernote-mu.

 

Office Editing for Docs, Sheets, and Slides

Dengan ekstensi ini edit file dengan format .docx jadi lebih mudah. chrome.google.com

Ekstensi yang satu ini memungkinkan kamu membuka file MS-Office berformat .docx, .pptx, .xlsx yang ada dalam Google Drive dengan office suite milik Google. Ekstensi ini memiliki tingkat kompabilitas yang tinggi untuk jenis-jenis file tersebut, dibanding menggunakan office suite Google tanpa ekstensi Office Editing. Selain itu, adanya ekstensi ini memungkinkan kamu membuka file yang bersifat offline atau luring menggunakan peramban Google Chrome-mu.

 

Hover Zoom

Cara kerja Hover Zoom pada laman web. via chrome.google.com

Hover Zoom memungkinkan pengguna Google Chrome melihat gambar thumbnail yang muncul dalam ukuran penuh hanya dengan mengarahkan kursor ke atas gambarnya. Hover Zoom bisa memproses berbagai gambar yang muncul di laman web; mulai dari profile picture sosmed sampai hasil pencarian gambar dari Google.

 

Wikiwand

Tampilan Wikipedia setelah dipoles oleh ekstensi Wikiwand. via pastorgear.com

Kamu suka mencari informasi di Wikipedia tapi bete sama tampilannya yang kurang enak dilihat? Wikiwand solusinya! Wikiwand mengubah tampilan Wikipedia menjadi lebih modern. Dengan begitu, ber-Wikipedia-ria jadi lebih nyaman. Pengguna juga bisa meng-custom tampilan Wikiwand, mulai dari warna latar belakang hingga jenis dan ukuran font.

 

Improved Tube

Improved Tube yang membuat nonton video di Youtube jadi lebih menyenangkan. via chrome.google.com

Terakhir ada ekstensi bernama Improved Tube. Sesuai namanya, ekstensi ini memberikan pengalaman yang lebih baik ketika mengakses Youtube. Ekstensi ini memungkinkan pengguna mengubah tampilan Youtube agar sesuai dengan yang diinginkan. Pengguna bisa mengubah ukuran video default, ukuran frame video player, sampai menghilangkan elemen-elemen yang ada pada Youtube. Improved Tube bisa menghilangkan elemen-elemen mulai dari headings, description, sampai dengan bagian komentar.

Bagaimana? Menarik-menarik kan ekstensinya? Ekstensi tersebut akan membuat Google Chrome-mu ibarat naik level dan mendapatkan kemampuan-kemampuan baru. Ia jadi lebih canggih dan kamu jadi lebih efisien dalam bekerja. Semua ekstensi di atas bisa kamu cari di Google Chrome Web Store.

 


featured image via wallpanda.com