Google Calendar Goals: Fitur Baru Untuk Mencapai Target Pribadi

Sewaktu berusaha mencapai suatu target atau tujuan tertentu, ada baiknya kamu mencatat atau mendokumentasikan segala proses yang kamu lakukan. Catatan bisa jadi alat bantu mengingatkan, memacu kembali motivasi diri, atau sebagai alat evaluasi.

Ada banyak cara untuk mencatat setiap progres yang kamu buat tersebut. Selain secara manual dengan buku catatan atau menggunakan aplikasi Android, sekarang kamu juga bisa menggunakan Google Calendar Goals.

Google Calendar Goals merupakan fitur terbaru yang ada dalam aplikasi Google Calendar. Penasaran seperti apa cara kerja Google Calendar Goals ini? Ayo, kita ulik sama-sama.

 

Apapun Target Hidupmu, Fitur Baru Google Calendar Goals Akan Membantu Menjadikan Target Tersebut Jadi Nyata

via cnet.com

via cnet.com

Masuk ke dalam Google Calendar, kamu akan disuguhi tampilan muka berisi berbagai macam jadwal. Mulai dari jadwal yang bisa kamu atur sendiri, jadwal ulang tahun teman-temanmu, hingga jadwal libur nasional yang tersinkronisasi secara otomatis dengan server Google. Selain berbagai jadwal tersebut ada juga tombol + (tambah)

Biasanya, menekan tombol + tersebut akan membawamu ke menu menambahkan jadwal acara baru. Namun dalam Google Calendar versi baru, kamu bisa menambahkan dua hal baru, yaitu Reminders dan tentunya Goals.

Fitur Goals inilah yang bisa manfaatkan untuk mencapai berbagai target hidup. Entah itu untuk memulai rutinitas berolahraga, ingin belajar bahasa baru, atau menetapkan me time untuk diri sendiri.

 

Google Calendar Mengingatkan Kembali Layaknya Asisten Pribadi

via lifehacker.com

via lifehacker.com

Google Calendar Goals dapat membantu penggunanya mencapai tujuan hidup dengan cara mengingatkan. Misal kamu punya aspirasi untuk dapat berolahraga 3 kali dalam sepekan dengan durasi 15 menit setiap sesinya. Fitur Goals ini secara otomatis akan membantu mengingatkanmu untuk berolahraga sesuai jadwal tersebut.

Kok bisa? Tentu bisa. Cukup atur hal tersebut saat kamu membuat Goals baru. Sewaktu kamu menekan menu Goals pada tombol +, Google Calendar akan memunculkan opsi Goals yang mungkin ingin dicapai penggunanya.

 

Atur Berbagai Macam Hal Untuk Dibantu Secara Pintar Nantinya

via pcadvisor.co.uk

via pcadvisor.co.uk

Menu Goals yang bisa kamu pilih di antaranya excercise (berolahraga), build a skill (mengembangkan kemampuan baru), family & friends (keluarga dan teman), me time (waktu untuk diri sendiri)dan organize my life (mengatur hidup).

Di dalamnya dilengkapi lagi dengan Goals yang lebih spesifik. Misal pada menu exercise ada pilihan work-out, run, walk, dan do yoga. Kalaupun target yang ingin kamu capai tidak ada pada menu-menu yang disediakan, ada menu custom untuk membuat targetmu sendiri.

Setelah menentukan goals yang ingin dicapai, selanjutnya pengguna diminta untuk menentukan seberapa sering Goals tersebut ingin dilakukan. Pilihannya ada sekali sepekan, dua kali sepekan, tiga kali sepekan, lima kali sepekan atau setiap hari.

Berbagai hal yang harus diatur dengan google calendar goals. Diunggah oleh Google via Youtube.com

Selanjutnya pengguna diminta menentukan durasi kegiatan dalam setiap sesinya. Ada pilihan 15, 30, 60, dan 120 menit. Lalu pengguna juga diminta menentukan waktu terbaik melakukan kegiatan tersebut. Pilihannya adalah pagi, sore, malam, atau kapan saja.

Sampai sini bisa jadi kamu merasa lelah dengan banyaknya opsi pengaturan Google Calendar Goals. Sabar sedikit. Fitur Goals memang meminta pengguna menentukan banyak hal, tapi sesudahnya kamu tidak akan lagi direpotkan dengan berbagai macam hal.

Fitur Goals selanjutnya secara otomatis akan menentukan hari dan waktu yang sekiranya tepat untuk aksimu. Sehari sebelum kamu melakukan Goals tersebut, aplikasi Google Calendar akan memunculkan notifikasi untuk mengingatkan akan Goals yang ingin kamu capai tersebut.

 

Kesimpulan: Fitur Goals, Membantu Tapi Kadang Mengganggu

Ada force majeure? Tenang bisa dilakukan lain waktu kok. Diunggah oleh Google via Youtube.com

Sebelum memanfaatkan fitur Goals ini, pastikan kamu sudah siap mental untuk langsung beraksi tiap kali notifikasinya muncul. Sebab notifikasi ini bisa jadi pedang bermata dua bagi penggunanya. Kadang sangat membantu, tapi bisa juga jadi mengganggu. Misalnya saat kamu sedang melakukan pekerjaan lain yang lebih urgen.

Ketika ada pekerjaan lain yang lebih urgen seperti itu, Google Calendar menyediakan fitur defer. Jadwal melakukan Goals yang sudah tersimpan akan diatur ulang secara otomatis. Cuma jangan terlalu sering melakukannya. Jangan sampai resolusi tahun ini lagi-lagi jadi wacana belaka.

Saran Nyoozee, kalau kamu berniat mencoba fitur baru Google Calendar ini, masukkan satu target saja untuk satu rentang waktu tertentu. Dengan begitu kamu lebih mudah menyanggupi serta tidak terganggu dengan notifikasi yang datang bertubi-tubi.

 

Sudah siap mewujudkan berbagai tujuan yang ingin kamu capai sejak dahulu? Aplikasi Google Calendar bisa kamu unduh di Google PlayStore untuk smartphone berbasis Android atau di App Store untuk smartphone berbasis iOS.

 


featured image via pcworld.com