5 Alasan Kamu Nggak Perlu Ikutan Main Clash Royale

Tepatnya 4 Maret 2016, sang game developer tersohor asal Finlandia merilis mobile game terbarunya. Supercell yang dikenal dengan game Clash of Clans, Boom Beach, dan Hay Day mengeluarkan game baru dengan judul Clash Royale.

Seperti game sebelumnya, Supercell kembali membuat sebuah game strategi yang membuat pemain ketagihan. Clash Royale membawa tema game strategi dengan gaya Real Time Strategy, Tower Defense, atau Multiplayer Online Battle Arena dalam skala kecil.

Tidak seperti Clash of Clans, Clash Royale membuat para pemain saling berhadapan secara real time pada setiap permainannya. Meski saat ini Clash Royale sudah diunduh oleh sekitar 10 juta orang, kamu sebenarnya nggak perlu jadi salah satu orang yang turut terjebak memainkan Clash Royale.

Mengapa? Berikut alasannya:

 

Game-nya Bikin Nagih

Main ginian sejam juga nggak selesai. via androidcentral.com

Main ginian sejam juga terasa kurang! via androidcentral.com

Entah kenapa elemen-elemen yang disajikan oleh Supercell dalam Clash Royale berhasil membuat pemain ketagihan memainkannya. Mungkin bisa dikatakan game ini adalah produk yang sukses bagi pengembangnya. Namun, ada baiknya kita pemain atau calon pemain segera bertobat dan tidak memainkan game ini, bahkan menghindar jauh dari permainan ini.

Bagaimanapun ketagihan akan suatu hal akan memberikan dampak buruk bagi kehidupanmu. Coba bayangkan kalau kamu lagi harus mengejar deadline tugas kuliah atau pekerjaan, tapi jadi terbengkalai gara-gara keasyikan main Clash Royale. Dijamin nantinya nilai kuliahmu akan buruk atau dimarahi si bos.

 

Tempo Cepat, Perkembangan Lambat

Satu petinya 8 jam? Lama betul. via clashroyaletactics.com

Satu petinya 8 jam? Lama betul. via clashroyaletactics.com

Clash Royale menerapkan sistem level dan juga tingkat arena; yang menjadi salah satu tolak ukur tingkat kemampuan pemain. Semakin tinggi levelmu, semakin kuat tower, semakin tinggi tingkat arena, dan semakin tinggi juga tingkat kesulitan lawan. Hadiahmu jika menang pun akan lebih besar.

Clash Royale asyik untuk terus dimainkan karena setiap permainan berdurasi paling lama 2 menit. Sayangnya perkembangan tingkat kesulitan musuh tidak sebanding dengan kemampuan kita untuk naik level dan upgrade pasukan.

Dengan tempo perkembangan permainan yang cepat, sayangnya pemain baru bisa upgrade pasukan setelah menunggu peti hadiah kemenangan terbuka. Kamu harus menunggu selama 1 sampai 8 jam, tergantung kualitas peti. XP yang membuat pemain naik level pun baru bisa didapatkan setelah upgrade pasukan.

Jadi bila sudah mencapai tingkat arena tertentu dan mulai sulit menang, kita hanya bisa menunggu peti terbuka, menunggu kedatangan peti gratis setiap 3 jam, dan crown chest setiap 24 jam.

 

Ingin Menang? Siapkan Uang Saja

Kalau punya gem sebanyak ini dijamin lebih mudah mencapai tingkat arena tertinggi. via craniumcode.com

Kalau mulai pusing karena susah menang, beli 14.000 gem aja biar naik tingkat arena jadi lebih mudah. via craniumcode.com

Seperti permainan lain milik Supercell, Clash Royale juga menggunakan sistem freemium dengan IAP (In App Purchases). Dengan sejumlah uang tertentu, pemain bisa mendapatkan gem. Nantinya gem bisa digunakan untuk membeli atau membuka peti secara instan. Gem juga bisa untuk membeli gold dalam game.

Jadi jika sang pemain merasa sudah sangat mahir bermain dan ingin cepat mencapai tingkat arena tertinggi, siapkan saja uang sekitar Rp. 1.500.000 untuk membeli 14.000 gem.

Dengan gem sebanyak itu, nggak perlu lagi pusing menunggu peti terbuka atau kehabisan uang untuk upgrade pasukan. Kamu cukup pikirkan strategi terbaik untuk memenangkan permainan. Tapi yakin mau menyisihkan uang hanya untuk itu?

 

Butuh Strategi yang Tak Sederhana

Salah sedikit, hilang deh satu tower. Oleh Peter17$ via youtube.com

Katanya game adalah sarana hiburan di kala penat menyerang. Tetapi Clash Royale sepertinya tidak termasuk dalam golongan game tersebut. Sebab, memainkannya justru akan membuatmu pusing!

Bermain Clash Royale butuh strategi yang tepat agar bisa terus memenangkan permainan. Jadi jangan harap bermain Clash Royale membuatmu santai. Bermain asal-asalan malah bisa membuat pemain jadi kalah terus. Pemain juga mungkin jadi kesal kalau terlalu baper dengan permainan.

 

Suara Musuh yang Menyebalkan

Penampakan pasukan goblin dengan suara yang menyebalkan. via clashroyale-guide.com

Penampakan pasukan goblin dengan suara yang menyebalkan. via clashroyale-guide.com

Clash Royale memang butuh strategi yang tepat agar bisa menang. Sedikit saja salah perhitungan bisa membuat pemain kalah total. Bagaimanapun kekalahan bisa membuat siapa saja kesal. Tetapi dalam permainan Clash Royale, kekalahan dijamin membuat pemain lebih kesal lagi.

Penyebabnya tak lain dan tak bukan berasal dari suara masing-masing pasukan yang menyebalkan; apalagi jika datang dari musuh. Mulai dari suara goblin yang menyeringai, suara mini P.E.K.K.A yang seperti bebek menyebalkan, sampai suara teriakan perang ber-pitch tinggi dari hog rider akan membuat pemain dongkol luar biasa .

Tak lupa juga ada frase dan suara dari emoticon dalam permainan. Ini juga bisa membuat pemain tambah kesal jika kalah. Karena cukup berguna untuk mengekspresikan banyak hal, fitur ini kadang digunakan musuh untuk meledek pemain jika kalah.

 


Featured image by Clash Royale via youtube.com