Jadi Mudah dan Murah Beli Game Original dengan Steam!

Mengingat kata “steam” beberapa orang mungkin akan mengingatnya dengan cuci steam atau berbagai hal tentang uap. Namun beda dengan para gamer. Mereka kemungkinan besar akan mengasosiasikan kata steam dengan game komputer, terutama Dota 2.

Bagi kamu yang awam, mungkin akan bingung dengan maksud asosiasi kata Steam dengan game. Sebenarnya apa sih itu? Berikut sedikit penjelasan apa itu Steam dari Nyoozee:

 

Apa Itu Steam?

Apa itu steam? Ini dia, sebuah platform game bernama Steam

Tampilan laman web Steam. via store.steampowered.com

Secara teknis, Steam adalah platform distribusi game komputer secara digital. Steam dapat digunakan pada komputer personal dengan sistem operasi Windows, Mac OS X, dan Linux. Platform Steam dibuat oleh developer game asal Amerika Serikat bernama Valve.

Steam awalnya dibuat untuk mendistribusikan game produksi Valve. Seiring waktu, platform ini menjadi andalan para gamers. Berbagai developer game pun turut menjual gamenya melalui platform Steam. Ini karena kemudahan update, juga sistem anti-piracy diterapkan dalam platform Steam.

Sampai sejauh ini sudah ada sekitar 1,7 miliar game yang tersimpan di dalam basis data milik Steam. Tak cuma game populer, dalam Steam kamu juga bisa menemukan berbagai game indie yang tak kalah menarik.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Steam?

Apa itu Steam? Ini adalah tampilan aplikasi Steam pada komputer bersistem operasi Windows

Tampilan aplikasi platform Steam pada komputer bersistem operasi Windows.

Steam bekerja dengan sangat praktis, sehingga memainkan atau mengunduh game baru jadi mudah. Meski begitu, jika ingin mencoba menggunakan, tentunya kamu perlu membuat akun Steam terlebih dahulu. Setelah memiliki akun Steam, kamu bisa dengan mudah menambahkan game yang ingin dimainkan.

Jika sudah mendaftarkan kartu kredit sebagai alat transaksi, cukup klik add to cart untuk membeli lisensi game yang kamu inginkan. Setelah lisensi game dimiliki, game tersebut akan terdaftar pada menu library kamu. Untuk instalasi game, kamu cukup klik Install maka perangkat lunak Steam akan mengunduh dan melakukan semua proses instalasi game secara otomatis.

 

Apakah Cara Bayar Steam Cuma dengan Kartu Kredit?

Steam Wallet dengan mata uang Rupiah. via xcyder.blogspot.co.id

Steam Wallet dengan mata uang Rupiah. via xcyder.blogspot.co.id

Tidak kok. Saat ini sudah ada berbagai cara membeli game di Steam. Kalau kamu tidak punya kartu kredit, kamu bisa memanfaatkan sistem Steam WalletSteam Wallet bekerja layaknya sistem pulsa pada telepon genggam. Setelah membeli voucher Steam Wallet, pengguna tinggal memasukkan kode voucher ke dalam sistem Steam.

Setelah kode dimasukkan, pengguna akan memiliki saldo sebesar nominal voucher yang dibeli. Voucher Steam Wallet memiliki berbagai nominal dalam berbagai mata uang, termasuk Rupiah. Nominalnya tersedia mulai dari Rp. 12.000 sampai dengan Rp. 600.000.

Di Indonesia juga terdapat berbagai merchant Steam Wallet. Hal tersebut semakin memudahkan isi ulang Steam Wallet bagi pengguna. Selain transfer bank, beberapa merchant juga menerima pembayaran uang tunai atau membayar dengan pulsa telepon.

 

Game Original Pasti Mahal?

Kata siapa mahal? Ada masa-masa obralnya kok. via popinasia.com

Kata siapa mahal? Ada masa-masa obralnya kok. via popinasia.com

Selama ini game original identik dengan harganya yang mahal. Namun, kehadiran Steam berhasil menampikkan stereotip tersebut dengan ragam game yang tersedia di dalamnya.

Game-game kelas S buatan developer terkenal sudah pasti berharga mahal. Tapi sebagai alternatif, kamu bisa mencoba koleksi game indie berharga murah yang ada pada platform Steam. Kualitas game-game ini tak kalah bagus lho.

Steam juga hobi memberi diskon gila-gilaan pada masa-masa tertentu. Contohnya Steam Summer Sale, obral berbagai judul game yang digelar pada masa liburan musim panas. Ada juga Weeklong Deals, obral mingguan untuk beberapa judul game.

 

Steam Machine dan Steam VR

via engadget.com hedreshoot

Steam Machine hasil kolaborasi dengan Alienware. via engadget.com

Selain platform game, Steam pun turut memeriahkan industri game konsol dan industri teknologi Virtual Reality dengan Steam Machine dan Steam VR.

Seperti namanya, Steam Machine adalah sebuah konsol khusus untuk memainkan berbagai game dalam database Steam. Berjalan dengan menggunakan sistem operasi Steam OS, konsol ini bekerja layaknya konsol game lainnya. Dengan demikian, kamu bisa memainkan game-game Steam dengan menggunakan TV layar besar dan gamepad khusus buatan Steam.

Demo Steam VR. Diunggah oleh Valve via Youtube.com

Baru-baru ini, Steam bekerja sama dengan HTC turut memeriahkan industri teknologi Virtual Reality dengan paket Steam VR. Steam VR dilengkapi dengan dua buah controller dan sensor ruangan. Teknologi ini memungkinkan pemain untuk bergerak bebas dan merasakan dunia VR secara penuh.

 


Featured image via kotaku.com