Geocaching: Main Petak Umpet dengan Teknologi Tinggi

aktivitas geocaching via bringarena.com
via bringarena.com

Kamu pasti tahu permainan petak umpet dong? Sebuah permainan klasik nan universal, dimana seseorang akan berperan sebagai penjaga sementara teman-temannya yang lain akan bersembunyi. Setelah penjaga selesai berhitung, barulah ia akan mencari mereka yang bersembunyi.

Bisa jadi semasa kecil dulu kamu sering bermain petak umpet juga bersama teman-temanmu. Seru ya, kalau ingat masa-masa dulu. Ketika kamu bisa memainkan permainan petak umpet itu bersama teman-teman dan bergantian jadi penjaga.

 

bermain geocaching via imgur.com

Bukan cuma kamu, anjing juga suka main petak umpet, lho! via imgur.com

 

Supaya permainan petak umpet bisa seru, biasanya dibutuhkan tempat bermain yang cukup luas. Atau kalau tidak, tempat dengan titik persembunyian yang banyak. Entah itu di area kompleks perumahan, area sekolah, atau di rumah salah satu temanmu. Jadi terbayang betapa asyiknya jaman dulu, ya?

Tidak perlu terlalu dalam membayang-bayangkannya. Karena kerinduanmu terhadap permainan petak umpet di masa lalu sebenarnya bisa terobati di masa kini. Tidak percaya? Yuk, kenalan dan coba bermain geocaching!

 

bermain geocaching via distractify.com

Ssst, jangan kasih tau yaaa! Aku lagi ngumpet via distractify.com

 

Apa sih geocaching itu? Geocaching adalah aktivitas luar ruangan dimana para pemainnya memanfaatkan teknologi Global Positioning System (GPS) untuk mencari dan menyembunyikan sebuah wadah yang disebut cache atau geocache di seluruh tempat di dunia.

Kegiatan ini populer juga dengan istilah treasure hunt atau dalam bahasa Indonesianya, berburu harta karun. Geocaching pada intinya adalah kegiatan menemukan dan menyembunyikan sesuatu (biasa disebut cache/geocache/treasure/harta karun) dengan mengandalkan GPS.

 

bermain geocaching via geocaching.com

via geocaching.com

 

Cache yang digunakan dalam permainan ini biasanya berupa wadah tahan air. Ukurannya sedang. Tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Isinya bisa macam-macam. Entah itu buku catatan, pernak-pernik, atau juga mainan.

Cache ini kemudian diletakkan seseorang di tempat-tempat yang tersembunyi. Orang yang mencari hanya diberikan petunjuk berupa titik koordinat lokasi cache. Tugasmu dan orang lain yang ikut bermain adalah memasukkan titik koordinat itu ke GPS dan mulai mencarinya.

 

bermain geocaching via landarchs.com

Salah satu isi cache yang mungkin kamu temukan via landarchs.com

 

Kegiatan ini semakin membuat penasaran karena kamu juga tidak diberi tahu isi dalam cache yang kamu cari. Kamu juga akan bersaing dengan pemain lainnya untuk menjadi orang pertama yang menemukan cache yang disembunyikan.

Bila kamu sudah berhasil menemukan cache, kamu bisa lanjut mencari cache lainnya. Atau boleh juga kamu berganti peran menjadi orang yang menyembunyikan cache untuk ditemukan pemain lain.

Hingga saat ini, lokasi cache-cache yang disembunyikan sudah tersebar di lebih dari 100 negara. Melintasi samudera, dan meliputi tujuh benua termasuk Benua Antartika. Artinya, kamu bisa menyembunyikan cache di manapun. Jangan khawatir cache-mu tidak akan ditemukan, karena geocaching sudah punya lebih dari sejuta pengguna.

 

bermain geocaching via showme.co.za

via showme.co.za

 

Tertarik untuk ikut kegiatan geocaching ini? Sambil mencari cache yang disembunyikan, kamu juga bisa menjelajah ke tempat-tempat yang baru lho. Kamu bisa mendapatkan penjelasan yang lebih detail dalam forum Geocaching.

Selamat mencoba dan bertualang menemukan cache!

 


featured image via bringarena.com