Daftar Game Nintendo yang Membangkitkan Kenangan Masa Lalu

via nintendo.wikia.com

Sempat merajai pasar konsol di Indonesia di tahun 1980-1990an, Nintendo Entertainment System atau Nintendo adalah konsol game favorit banyak orang. Berbagai judul permainan yang masih akrab di benak para pemainnya dulu akan Nyoozee bahas di sini.

Adakah yang menjadi favoritmu pada masa kecil dulu? Atau justru kamu yang belum pernah memainkannya malah tertarik? Klik saja langsung pada judul masing-masing game untuk memainkannya. Hati-hati jatuh cinta dengan kesederhanaannya ya. Selamat bernostalgia!

 

Excitebike

game nintendo

by Nintendo

Dalam permainan ini, kamu akan menjadi seorang pembalap motocross berkostum merah. Kamu hanya perlu menyelesaikan lintasan secepat-cepatnya. Ada 5 pilihan lintasan untukmu, dan kamu bisa memilih menyelesaikannya dengan atau tanpa lawan. Di bagian bawah layar, ada tulisan TEMP yang berarti Temperature atau suhu mesin motormu. Kamu tidak bisa memaksanya bergerak terus hingga panas, atau motormu akan overheat dan kamu dipaksa berhenti selama beberapa detik.

Lintasan yang ada cukup beragam, tidak mudah pula menyelesaikannya dengan cepat. Tapi jika kamu merasa lintasan yang disediakan terlalu mudah untukmu, kamu bisa mendesain bentuk lintasanmu sendiri. Sangat menarik ya untuk sebuah permainan yang dirilis di tahun 1985!

 

Ice Climber

game nintendo

by Nintendo

Walau mempunyai nama, karakter Nana dan Popo biasa lebih dikenal dengan sebutan Ice Climbers. Sesuai namanya, mereka adalah tukang panjat tebing es. Dengan tombol A untuk melompat dan menghancurkan lantai di atas, serta tombol B untuk memukul ke arah lantai, kamu diharuskan mencapai tingkat atas secepat-cepatnya.

Hati-hati terhadap hadangan musuh berupa burung dan binatang lucu berbulu yang bisa membunuhmu. Pukul mereka dengan palumu dan ambillah sayur-sayuran segar di tingkat atas sebagai bonusnya.

 

Tennis

by Nintendo via break.com

Game buatan Nintendo ini termasuk pionir dalam permainan tenis dalam konsol. Walau bermodalkan dua tombol aksi dan empat tombol arah, kamu bisa mengatur arah pukul bola secara varatif. Untuk kamu yang suka tantangan, kesulitan game ini dibagi dalam 5 tingkat. Jika Tingkatan awal terlalu mudah, cobalah mengalahkan musuk di tahap yang lebih susah.

Game ini juga bisa bisa dimainkan berdua loh! Tapi kamu dan temanmu akan bermain dalam tim yang sama. Lucunya lagi, sang wasit berpenampilan ala Mario yang ikonik!

 

Urban Champion

game Nintendo

by Nintendo

Layaknya seorang jagoan, dalam permainan kamu harus melawan penantang yang datang ke daerahmu. Memukulnya beberapa kali akan membuatnya terhuyung ke belakang. Sesekali akan ada penghuni yang marah dengan keributan yang kalian buat dan melemparkan pot bunga ke arah kalian. Berhati-hatilah!

Yang lucu adalah ketika terdengar mobil polisi berpatroli dengan bunyi sirenenya, kamu dan lawanmu akan berdiri berjauhan, sok bersiul seolah-olah tidak ada apa-apa. Setelah polisi lewat, segera datangi dan hantam dia sampai kalah! Dengan terus memukulnya dan memenangkan pertarungan, kamu akan diganjar gelar sebagai The Real Urban Champion.

 

Balloon Fight

by Nintendo

by Nintendo

Tugasmu sederhana, memecahkan balon musuh sebelum balonmu dipecahkan. Kamu akan dibekali dengan dua buah balon. Artinya kamu punya dua nyawa sebelum kedua balon itu pecah dan kamu harus mengulang babak itu. Musuhmu adalah sekelompok burung yang juga punya balon. Pecahkan saja balonnya biar menang!

Ada musuh tersembunyi yang akan keluar jika kamu terbang cukup lama dekat air. Berani mencobanya?

 

Battle City

by Nintendo

by Namco

“Jangan sampai Burung garuda ditembak!”

Itulah poin dari permainan ini. Kamu akan menjelma menjadi sebuah tank yang bertugas menjaga Burung Garuda dari serangan musuh. Eh, Burung Garuda? Sebenarnya lambang itu bukan benar-benar Garuda. Hanya saja bentuknya yang menyerupai lambang negara, membuat banyak orang mengiranya begitu.

Tank musuh akan berbentuk berbeda-beda. Masing-masing mempunyai karakteristiknya sendiri. Ada yang mati dalam sekali tembak, ada yang butuh empat kali tembak. Ada yang cepat, dan ada pula yang memberikan bonus setelah kamu menembaknya.

 

Dig-Dug

by Nintendo

by Namco via reddit.com

Kalahkan monster-monster di dalam tanah dengan memompa badannya hingga meletus!

Terdengar aneh? Tapi memang itulah premis game Nintendo ini. Kamu akan bergerak di bawah tanah dan memburu para monster. Senjatamu adalah sebuah kabel yang akan melumpuhkan monster jika mengenainya. Jika kamu menekan tombol aksi beberapa kali, karaktermu akan memompa tubuh si monster hingga membesar dan meletus. Dor!

 

Lode Runner

by Nintendo

by Brøderbund

Terkesan sederhana, permainan yang satu ini termasuk sulit dan menantang untuk diselesaikan. Diceritakan kamu adalah seorang petualang yang masuk ke dalam sebuah makam kuno untuk mengumpulkan emas yang ada di dalamnya. Kamu tentu saja tidak sendirian, ada segerombolan musuh yang akan mengejarmu.

Entah bagaimana, karaktermu memiliki kemampuan untuk membuat lubang pada tanah di sekelilingnya. Dengan kemampuan ini, kamu bisa menjebak musuh, sekaligus membantu dirimu untuk mengumpulkan seluruh emas yang ada.

 

Circus Charlie

by Konami

by Konami

Pernah merasakan menjadi bagian dari sebuah pertunjukan sirkus? Dalam game Nintendo ini, kamu akan memerankan sesosok badut yang akan melakukan banyak hal berbahaya. Mulai dari melompati lingkaran api sambil berdiri di atas seekor singa, meniti tali keseimbangan sambil melompati monyet, melompat berpindah trampolin, meniti bola sampai mengendarai kuda, dan melompati berbagai rintangannya.

Kamu akan dibekali dengan 3 nyawa. Walau tugasmu hanya menentukan waktu yang tepat untuk melompat, game ini tidak sesederhana kelihatannya. Coba saja kalau tidak percaya!