5 Kanal Youtube Kuliner dengan Konsep Unik

Program acara memasak di TV belakangan ini dibuat semakin menarik. Kamu akan semakin jarang menemukan acara memasak yang dipandu oleh ibu-ibu paruh baya dengan latar menyerupai dapur rumah.

Acara memasak sekarang kebanyakan dipandu oleh chef laki-laki atau perempuan yang rupawan. Mereka memasak di tempat-tempat yang eksotis dengan latar belakang gunung, laut, atau setidak-tidaknya kolam renang hotel.

Sebenarnya yang kita temui di Youtube pun tidak terlalu berbeda. Portal video milik Google itu punya banyak kanal bertemakan kuliner. Video yang menampilkan orang memasak pun ada yang layaknya program TV biasa, tapi ada juga yang sedikit nyeleneh. Beberapa kanal Youtube kuliner yang nggak biasa itu seperti:

 

You Suck at Cooking

Sepintas You Suck At Cooking tidak terlalu beda dengan kanal Youtube kuliner lainnya. Di sini kita bisa melihat tutorial mengolah makanan atau minuman dari sudut pandang orang pertama.

Tapi coba tonton salah satu video mereka, seperti tutorial memotong bawang bombai berikut. Kamu akan sadar bahwa tutorial yang kanal ini tampilkan tidak cukup layak untuk dipercaya.

Tutorial mengolah makanan yang ada dalam You Suck At Cooking sebenarnya adalah lawakan. Kreator kanal ini melawak menggunakan elemen-elemen yang biasa kita lihat di kanal Youtube kuliner kebanyakan.

Dalam satu episode, malah ada mini drama tentang perpisahan dua butir telur sebelum diubah menjadi sarapan.

Kanal Youtube yang dikelola Randi Siegel Entertainment ini merilis video pertamanya bulan Januari 2015 kemarin. Hingga 30 Maret, mereka sudah punya 224.961 subscribers.

 

Cooking With Dog

Nama kanal Youtube ini sudah cukup menggambarkan konten di dalamnya. Di sini kamu bisa melihat acara masak-memasak yang dipandu seekor anjing. Francis, si anjing pudel tersebut bertugas sebagai narator. Ia menjelaskan langkah-langkah yang sedang dikerjakan Chef dalam bahasa Inggris berlogat Perancis.

Menurut produser Cooking With Dog kepada Japan Times, Francis ikut atas permintaan Chef sendiri. Chef, sang juru masak yang tidak mau memberitahukan nama aslinya itu adalah pemilik Francis. Ia kepingin Francis menemaninya memasak supaya ia tidak terlihat terlalu kikuk, gugup, atau kesepian di depan kamera.

Kanal Youtube Cooking With Dog yang dibuat pada September 2007, hingga akhir Maret 2016 sudah punya 1.154.914 subscribers.

 

The Food Surgeon

Dalam kanal The Food Surgeon ini kita tidak akan menemukan tutorial membuat atau mengolah makanan. Di sini kreatornya dengan ganjil justru memperlakukan bahan makanan seperti stroberi, bawang putih, atau Oreo, seperti halnya spesimen penelitian.

Begitu pun dengan latarnya, bukan di dapur atau tempat eksotis. Ia merekam videonya di tempat yang mirip dengan meja atau ruang operasi. Berbagai perlengkapan yang ia gunakan pun bukan yang biasa kita temukan di dapur, tapi di ruang bedah. Suasana yang terasa begitu hening dan cenderung mencekam.

Coba lihat video berikut; ia memperlakukan bawang putih seolah-olah organ dalam manusia.

Di sini ia melakukan “pembuahan in vitro” ke dalam biji alpukat.

Hingga akhir Maret 2016, The Food Surgeon sudah punya 77.877 subscribers.

 

Miniature Space

Para makhluk liliput pasti senang dengan kanal Youtube Miniature Space ini. Bagaimana tidak, kreator kanal ini menyajikan tutorial mengolah makanan, tapi ukuran makanan tersebut begitu mungil. Sebegitu kecilnya, sampai bisa jadi kamu mengira makanan itu cuma properti dan tidak bisa dimakan. Coba lihat video membuat puding berikut ini.

Perkakas yang digunakan untuk mengolah makanan-makanan mini ini beberapa buatan perusahaan Jepang yang khusus menjual produk-produk miniatur. Selain itu, si kreator juga menggunakan peralatan masak-masakan untuk anak-anak.

Miniature Space sudah punya 609.330 subscribers per akhir Maret 2016.

 

Vegan Black Metal Chef

Kegembiraan memasak adalah untuk semua orang. Tidak terkecuali untuk penggemar musik black metal. Seperti yang ditampilkan dalam kanal Vegan Black Metal Chef berikut. Brian Manowitz, sang kreatornya, memadukan tutorial mengolah sajian vegan dengan musik black metal.

Meski videonya agak menyeramkan dan bising, tapi tetap aman ditonton kok. Kamu tidak akan menemukan adegan menuang darah ke dalam kuali atau mencincang orang untuk diambil sumsumnya. Lha ya, kreator kanal ini kan vegan. Nggak mungkin juga ia mengonsumsi produk atau olahan hewani.

Ia memang mencincang, tapi yang dicincang bawang atau brokoli. Sajian vegan yang Brian suguhkan berasal dari bermacam-macam negara. Ada masakan India, Thailand, hingga Timur Tengah. Dalam video berikut ia mengolah kuliner India.

Hingga akhir Maret 2016, kanal Vegan Black Metal Chef sudah menjaring 76.180 subscribers untuk dibawa ke neraka!