Bakar Semangatmu dengan 5 Akun Instagram Penuh Motivasi Ini

instagram motivasi

Banyak orang mengeluhkan gaya hidup masyarakat masa kini yang tidak bisa lepas dari ponselnya. Bangun tidur, periksa notifikasi Path, cek tab mention Twitter, klik kolom komentar di Instagram, kotak masuk di Facebook, membalas surel dan obrolan di WhatsApp, Line, Blackberry Messenger, dan lain sebagainya. Seolah-olah semua yang dikerjakan adalah tidak ada gunanya.

Hei, padahal banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan dari pemanfaatan teknologi daring ini. Instagram misalnya. Aplikasi yang menawarkan jasa “pamer” foto dengan bentuk media sosial ini tidak hanya sekadar ajang pamer. Kita bisa memanfaatkan banyak hal dari sini. Mulai dari menambah pemasukan dengan membuka toko online, menjadi buzzer restoran dengan sering memotret makanan dengan keren, menyalurkan bakat seni dan menginspirasi orang lain, mencari model fashion terkini, hingga mengintip makanan-makanan lucu yang bisa kamu tiru.

Kamu yang sedang patah semangat juga bisa memanfaatkan Instagram untuk kembali memotivasimu. Sudah banyak akun-akun yang siap menebar foto dan kalimat-kalimat sakti pembakar semangatmu. Nyoozee buatkan daftarnya di bawah ini, supaya kamu bisa dengan mudah mengikuti jejak digital mereka dan siap menghadapi hari dengan penuh motivasi.

 

1. @theclassypeople

Membuka daftar ini dengan sebuah kalimat pengingat yang kuat, “Bahwa tidak ada orang hebat yang masa lalunya mudah.” Selalu ada pengorbanan yang dilakukan dan harga yang harus dibayar untuk berada di posisinya saat ini. Lihat saja masa lalu kelam yang dialami Oprah Winfrey, penolakan karya Walt Disney, dan Lionel Messi yang ditolak pelatih karena dibilang pendek.

 

“Kesuksesan besar adalah sebuah balas dendam terbaik.” Buktikan kalau penolakan dan hinaan yang diterima adalah bahan bakar menuju kesuksesan.

 

Tidak hanya perkara motivasi kesuksesan karir. Akun ini juga sesekali membahas hubungan. Yang satu ini menyatakan bahwa tidak ada istilah “terlalu romantis” ketika kamu menunjukkan rasa sayangmu pada pasanganmu. Setuju?

 

“Koin selalu bergerincing, sementara uang kertas tidak.” Semacam versi lain dari peribahasa “Tirulah ilmu padi; semakin berisi, semakin merunduk.”

 

2. @star_preneur

A photo posted by StarPreneur (@star_preneur) on

Akun yang satu ini memberikan motivasi bagi para calon pengusaha. Uniknya, mereka menyampaikannya dalam bentuk gambar-gambar yang menarik, bukan hanya sekadar foto dan kutipan saja. Yang satu ini misalnya, menggunakan gambar dari kartun Peanuts untuk kalimat pengingat tentang bagaimana menjadi pemimpin yang benar.

 

A photo posted by StarPreneur (@star_preneur) on

Kalimat kutipan dari mendiang Steve Jobs ini mengingatkan kita untuk mengejar mimpi kita. Bukan memikirkan apa pikiran orang tentang hidup kita. Berani melakukannya?

 

Life only comes around once, so do whatever makes you happy, and be with whoever makes you smile.

A photo posted by StarPreneur (@star_preneur) on

“Melakukan hal yang membuat kita bahagia.” Bukankah itu esensi dari menjalani hidup? Kalau pun terpaksa harus melakukan hal-hal yang tidak membuatmu bahagia, setidaknya seimbangkan dengan melakukan lebih banyak yang membuatmu bahagia. Untuk apa lembur kalau bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal dan bisa makan malam bersama sahabat?

 

A photo posted by StarPreneur (@star_preneur) on

Lihat betapa jenakanya akun ini menggunakan karakter rol negatif film dari kamera analog yang ingin berusaha keras menjadi kartu penyimpanan digital. Terasa tidak mungkin? “Jangan menyerah mencapai mimpimu!”

 

3. @foundrmagazine

Bukan hanya akun instagram penyemangat biasa, akun yang satu ini juga mempunyai majalah digital yang bisa kamu unduh gratis. Ini salah satu sampul depan majalah digital mereka, menampilkan wajah sumringah Richard Branson.

 

You never know how far a hello will get you! Inspired by @rich20something Double tap if you agree!

A photo posted by Young Entrepreneur Magazine (@foundrmagazine) on

Siapa yang tahu, sebuah senyum dan sapa sederhana darimu bisa mengubah nasib seseorang? Mulailah berbagi senyuman. Percayalah, senyum itu menular.

 

Kalau saja Howard Schultz berhenti berusaha di penolakan yang ke-242, maka kita tidak akan mengenal gerai waralaba penjual kopi ini. Siapa yang tahu kapan usaha akan berbuah? Jangan berhenti berusaha.

 

“Jika mudah, semua orang akan jadi miliuner.” Selalu ingat ini setiap kali mengalami kesulitan dalam usaha yang sedang dibangun.

 

4. @before5am

A photo posted by Before 5am (@before5am) on

Orang-orang di balik akun ini percaya bahwa pukul 5 pagi adalah saat yang tepat untuk menata diri dan menyiapkan hari. Teorinya, jika kamu bekerja di kantor pada pukul 8 pagi, setidaknya kamu bisa manfaatkan 1-2 jam sebelum kamu memulai harimu. Untuk apa? Untuk melakukan semua hal yang mau kamu lakukan. Untuk melakukan semua hal yang membuatmu bahagia. Kata mereka, kalau kamu melakukan hal-hal yang kamu inginkan setelah selesai bekerja, otakmu akan menganggap bahwa hal itu tidak terlalu penting dibandingkan pekerjaan kantormu. Jadi kamu tentukan sendiri, mana yang lebih penting?

 

A photo posted by Before 5am (@before5am) on

Mencoba kebiasaan baru? Walau sudah dibantu aplikasi habit tracker yang canggih, tetap saja 90 hari pertama rasanya sangat menyebalkan. Tubuhmu akan terus-terusan menolak. Beribu alasan akan muncul setiap kali hendak melakukan kebiasaan baru. Entah olahraga, menabung, membaca buku, ataupun membiasakan diri menulis. Setelah melewati 90 hari, perlahan kegiatan itu akan jadi kebiasaan rutin, sehingga terasa lebih mudah dilakukan.

 

A photo posted by Before 5am (@before5am) on

Fokus pada hasil akhir. Jika belum tercapai, perhatikan pola kerjamu. Disiplin tidak akan ada tanpa fokus.

 

A photo posted by Before 5am (@before5am) on

Mencoba menabung? Mulailah dengan menyisihkan sebagian kecil penghasilanmu setiap harinya. Jangan meremehkan dengan menabung per minggu atau per bulan. Lakukan per hari secara konsisten. Pilih nominal yang menurutmu cukup untuk membeli secangkir-dua cangkir kopi, sehingga tidak membuatmu mati kelaparan demi menabung.

 

5. @martialnation

Akun yang berikutnya Nyoozee rekomendasikan cukup unik, karena memberikan motivasi dari sudut pandang beladiri. Sebenarnya hal ini masuk akal, sebab pertarungan beladiri adalah simulasi dari kehidupan. Lihat saja kalimat di atas, “Keraguan hanya akan hilang oleh tindakan. Jika kamu tidak berusaha, maka akan ada keraguan di sana.” Conor McGregor adalah juara UFC kelas Featherweight.

 

Menurut Muhammad Ali, “Jangan menghitung usahamu dari awal, hitunglah ketika sudah mulai ada kesulitan, karena kesulitan itulah yang akan membuat usahamu berbuah.” Bagaimana menurutmu?

 

Bingung karena banyak masalah dan tantangan? Teman-temanmu tidak muncul ketika kamu kesulitan. Kalau kata Mike Tyson, “Semua yang kamu lawan bukanlah musuhmu. Semua yang membantumu belum tentu temanmu.” Pilih dan pilah lingkungan sekitarmu, karena mereka turut menentukan apakah kamu fokus atau tidak.

 

Sebenarnya yang dibicarakan Sun Tzu di atas tidak hanya terkunci pada aliran beladiri Krav Maga, tapi banyak beladiri lainnya. Petuah ini sendiri berarti, “Ambil keuntungan dari ketidaksiapan lawanmu, lakukanlah sesuatu tidak sesuai perkiraan, dan menyeranglah ketika lawan tidak menyangka.” Dalam hidup, kita sering kali bergerak lambat karena memikirkan banyak hal. Akibatnya tindakan yang kita ambil menjadi lambat dan kalah oleh situasi.