Melihat Hidup Keseharian di Korea Utara Melalui 5 Akun Instagram Ini

Negara yang beberapa waktu lalu menguji coba bom hidrogen, Korea Utara, dikenal sebagai negara yang sangat tertutup. Tapi berkat adanya sambungan internet sejak tahun 2013 lalu, kita bisa melihat gambaran tentang hidup keseharian di negara komunis tersebut. Para ekspatriat memotret dan membagikan foto-foto tersebut di akun Instagram mereka. Akun-akun yang menampilkan hidup keseharian warga Korea Utara tersebut seperti:

 

1. @DPRK360

DPRK 360 merupakan akun Instagram yang dibuat oleh Aram Pan. Ia merupakan fotografer asal Singapura yang punya spesialisasi membuat foto panorama. Suatu hari, Pan mengontak pihak Korea Utara dengan maksud membuat proyek fotografi di negara tersebut. Proposalnya diterima dan ia melakukan perjalanan pertamanya bulan Agustus 2013. Hingga saat ini, Aram Pan sudah pernah empat kali mengunjungi negara komunis tersebut.

 

Pyongyang winter wear. #NorthKorea #Pyongyang #fashion

A photo posted by DPRK 360 (@dprk360) on

Wedding photo shoot along the Taedong River, Pyongyang #NorthKorea #everydaydprk

A photo posted by DPRK 360 (@dprk360) on

Street vendor selling soft serve ice cream. #NorthKorea #dprk #NorthKoreanFood #everydaydprk

A photo posted by DPRK 360 (@dprk360) on

Men playing board games in the backstreets of #Pyongyang #NorthKorea #everydaydprk #dprk360

A photo posted by DPRK 360 (@dprk360) on

 

2. @Siegfried_Chu

Foto-foto di akun ini merupakan hasil jepretan Siegfried Chu. Ia merupakan pewarta foto dari Xinhua News Agency, China.

 

 

3. @YoungPioneer

Young Pioneer merupakan biro perjalanan wisata yang berdiri tahun 2008. Penjelasan dalam situs webnya, Young Pioneer menyediakan wisata petualangan tidak hanya ke Korea Utara, tapi juga ke negara-negara lain seperti Iran, Irak, Antartika, dan wilayah-wilayah eksotis lainnya.

 

 

4. @EverydayDPRK

Akun ini merupakan proyek fotografi kolektif yang diprakarsai oleh David Guttenfelder. Ia merupakan anggota National Geographic Society yang juga pernah membantu berdirinya kantor berita Associated Press biro Pyongyang, Korea Utara. Foto-foto di akun ini berasal dari dokumentasi banyak orang yang pernah berkunjung ke Korea Utara.

 

A member of the North Korean military checks his phone as he walks down the street in Pyongyang. Photo by @jakaparker

A photo posted by Everyday DPRK (@everydaydprk) on

 

5. @ShinChoi

Akun ini milik Shin Choi, seorang berkebangsaan Kanada. Ia pernah menjadi tenaga pengajar bahasa Inggris di Pyongyang University of Science and Technology selama enam bulan. Foto-foto di sini merupakan dokumentasi yang ia buat sewaktu masih di Korea Utara.

 

Yes. They are beautiful. #dprk #pyongyang #northkorea #pyongyangprincess

A photo posted by Shin (@shinchoi) on

 

Di foto-foto tersebut, kehidupan di Korea Utara terlihat normal-normal saja kan. Tidak menakutkan dan menyedihkan sebagaimana yang sering diberitakan.

 


featured image via instagram.com/shinchoi