5 Situs Ini Membuatmu Tidak Lagi Menunda Pekerjaan

menunda pekerjaan

Edward Young, seorang penyair berkebangsaan Inggris pernah berkata, ‘Procrastination is the thief of time’. Nyoozee yakin kamu pasti setuju dengan kutipan tersebut. Tapi, berapa banyak sih dari kamu yang benar-benar setuju lantas mengaplikasikan filosofi kutipan itu ke dalam keseharianmu?

Bisa jadi sedikit sekali. Kenapa bisa begitu? Ya, karena menunda pekerjaan adalah sesuatu yang tidak digemari banyak orang tapi terus dilakukan berulang-ulang. Bersedia mengakuinya atau tidak, beberapa di antara kamu pasti cukup sering juga melakukannya.

 

menunda pekerjaan via pinterest.com

via pinterest.com

 

Terkadang menunda pekerjaan memang terasa menyenangkan, sih. Ilusi yang muncul adalah kita seolah bisa mengulur waktu mengerjakan sesuatu hingga diri kita benar-benar siap melakukannya. Meski menyenangkan saat dilakukan, tapi dampaknya sangat tidak menyenangkan, lho. Bahkan terkadang membuatmu kesusahan dan keteteran.

Menunda mengerjakan sesuatu menyebabkan jadwal kegiatan lain mau tidak mau jadi bergeser. Tugas lain yang menunggu untuk diselesaikan semakin lama semakin menumpuk.

Melihat pekerjaan yang semakin membeludak itu, kamu tambah malas dan terus menunda-nunda untuk mengerjakannya. Situasi seperti itu terus berlanjut yang pada akhirnya membuatmu capek sendiri.

Makanya teguhkan niat. Cegah kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Untuk membantumu keluar dari lingkaran-setan-menunda-pekerjaan, Nyoozee akan memberikan beberapa rekomendasi situs yang oke untuk dicoba, seperti:

 

1. Rescue Time

menunda pekerjaan via rescuetime.com

via rescuetime.com

Rescue Time adalah salah satu situs yang sangat efektif bagi kamu yang suka lupa mengerjakan sesuatu, juga menunda pekerjaan. Situs ini akan membantumu lebih fokus terhadap pencapaian harian yang telah kamu tetapkan, juga memanfaatkan seluruh waktu yang ada dalam sehari untuk menjadi lebih produktif.

Kalau penasaran kamu bisa mencoba layanan gratis di Rescue Time, lho. Kalau suka, kamu bisa langsung beralih ke layanan premiumnya yang menawarkan tambahan fitur lainnya. Seperti memblokir komputermu dari situs yang bisa mengacaukan konsentrasimu saat mengerjakan sesuatu.

 

2. Write or Die

menunda pekerjaan via writeordie.com

via writeordie.com

Sudah di depan laptop tapi belum tergerak untuk mencicil skripsimu? Waduh, hati-hati! Coba ingat-ingat deadline deh, agar kamu semangat dan tidak menundanya lagi. Selain mengingat deadline, coba gunakan juga aplikasi Write or Die nih.

Jangan takut. Kamu tidak akan benar-benar mati kalau tidak menulis dan menyelesaikan tugasmu. Hanya akan ada hal mengejutkan yang akan jadi balasan, kalau kamu tidak segera menulis dan terus menunda-nunda.

 

3. stickK

menunda pekerjaan via stickk.com

via stickk.com

Situs oke satu ini boleh kamu coba juga nih. Namanya stickK. Situs ini akan membuat semua rencanamu diketahui orang lain, sehingga kamu bisa mendapat dukungan dari mereka untuk menyelesaikannya.

Nah, biasanya sih kalau rencanamu diketahui orang, kamu akan merasa malu dan bersalah kalau tidak menyelesaikannya. Sehingga, motivasimu untuk segera mengejakan tugas akan bertambah. Apalagi kalau kamu tahu, komunitas di situs tersebut akan memberikanmu ucapan selamat dan apresiasi saat kamu berhasil mencapai target yang telah dibuat.

 

4. THEANTIPROCRASTINATOR

menunda pekerjaan via antiprocrastinator.com

via antiprocrastinator.com

Tidak fokus jadi alasan yang paling sering dipakai oleh orang yang menunda pekerjaan. Nah, kalau kamu adalah salah satu orang yang sulit fokus, coba kunjungi situs THEANTIPROCRASTINATOR deh. Kamu hanya perlu menekan tombol start, lalu dengan metodenya sendiri situs ini akan membantumu mengembalikan fokus.

Hanya perlu beberapa menit untuk mengunjungi situs ini, kok. Percaya deh, kamu tidak akan buang-buang waktu dan justru menunda pekerjaan lebih lama lagi.

 

5. Noisli

menunda pekerjaan via noisli.com

via noisli.com

Kalau rekomendasi situs nomor 1 hingga 3 adalah untuk mencegahmu menunda pekerjaan dan memaksamu melakukan tugas yang harus kamu selesaikan, lalu situs nomor 4 adalah untuk mengembalikan fokusmu, yang kelima ini agak berbeda.

Noisli adalah situs untuk membuatmu meningkatkan konsentrasi sewaktu kamu hendak dan sedang mengerjakan tugasmu. Situs ini lebih bersifat preventif. Tentunya dengan menciptakan lingkungan yang kondusif agar kamu bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan, tanpa menunda-nundanya.

 

Jadi tunggu apalagi. Kuatkan tekad, bulatkan semangat, dan coba situs-situs di atas kalau memang memerlukannya. Yang paling penting sudahi menunda dan mulai selesaikan tugas.