Belajar Jadi Programmer Andal Melalui 5 Situs Ini


belajar jadi programmer via udemy.com
via udemy.com

Apa-apa sekarang sudah serba digital. Mulai dari memesan jasa transportasi, membaca buku, hingga melihat harga bahan makanan bisa dilakukan menggunakan gawai. Karena perkembangan ini, profesi programmer kian diminati banyak orang.

Selain karena tren permintaan dari perusahaan untuk posisi ini kian meningkat, pekerjaan ini juga terkesan menantang, keren, sekaligus menyenangkan. Tapi tunggu, programmer itu kerjanya ngapain sih?

Sebenarnya cukup banyak pengklasifikasian jenis tanggung jawab seorang programmer. Namun singkatnya, programmer punya tugas untuk menulis kode-kode program.

 

belajar jadi programmer via coursereport.com

via coursereport.com

 

Kode-kode program ini kemudian akan dijalankan dalam berbagai bentuk, mulai dari perangkat lunak, aplikasi, situs, bahkan juga permainan. Bersamaan dengan tugas menulis kode, programmer juga harus memastikan bahwa kode-kode yang dibuat olehnya bebas dari bugs atau error.

 Seru kan? Apakah kamu tertarik jadi programmer juga? Kalau iya, yuk belajar melalui situs-situs di bawah ini:

 

1. Codecadacemy

belajar jadi programmer via codecademy.com

via codecademy.com

Coba kunjungi Codeacademy kalau kamu ingin mendapatkan layanan gratis untuk belajar jadi programmer. Codecademy akan memberikanmu sejumlah pelajaran programming. Mulai dari tingkat yang sederhana hingga tingkat yang nyaris mahir.

Cara penyampaian dari setiap pelajaran programming ini sangat sederhana, mudah diikuti, dan mudah dimengerti. Kamu yang baru mau mulai belajar programming sepertinya tidak akan kesulitan.

 

2. Udemy

belajar jadi programmer via udemy.com

via udemy.com

Udemy adalah situs yang menawarkan berbagai kursus menarik yang bisa kamu coba. Boleh dibilang ini adalah situs pendidikan online. Salah satu kursus yang ditawarkan adalah untuk belajar bahasa pemrograman. Sayangnya, situs ini tidak gratis seperti situs Codecademy.

Tapi jangan khawatir, karena ada banyak diskon yang ditawarkan kalau kamu adalah pelajar atau mahasiswa.

 

3. CodeSchool

belajar jadi programmer via codeschool.com

via codeschool.com

CodeSchool adalah sebuah situs yang menawarkan berbagai kursus online. Ada bahasa pemrograman, ada desain dan ada juga kursus untuk memahami web tools lainnya. Di sini kamu juga bisa belajar HTML/CSS, JavaScript, Python, Ruby, dan berbagai kursus lainnya. Kursus yang CodeSchool tawarkan ada yang gratis, ada juga yang berbayar.

 

4. GirlsWhoCode

belajar jadi programmer via girlswhocode.com

via girlswhocode.com

GirlsWhoCode merupakan sebuah situs belajar bahasa pemrograman yang ditujukan khusus untuk remaja wanita berusia 13 hingga 17 tahun. Ide awal munculnya situs ini adalah untuk mendobrak stereotip bahwa bahasa pemrograman dan profesi programmer hanya bisa dilakukan oleh laki-laki.

Tujuan situs ini keren sekali. Dengan mottonya, ‘Eduate, Inspire and Equip’, GirlsWhoCode berusaha untuk mendorong para siswi untuk mengejar cita-cita mereka menggeluti dunia teknologi atau pemograman.

 

5. CoderDojo

belajar jadi programmer via coderdojo.com

via coderdojo.com

CoderDojo merupakan situs gratis bagian dari gerakan global berbasis komunitas. Coba deh kamu daftar dan bergabung dalam klub-klub kursus yang ada dalam situs ini. Kamu bisa belajar coding, membuat aplikasi, program, permainan, sekaligus mengembangkan situs yang kamu inginkan.

Di situs ini kamu akan dibebaskan mengeksplorasi teknologi dalam lingkungan informal yang kreatif, dan bertemu orang-orang baru dengan minat yang sama.

 

Kalau sedang asyik belajar bahasa pemrograman di depan laptop, jangan lupa tidur ya!

 


featured image via udemy.com