5 Situs untuk Mencari Sahabat Pena di Berbagai Belahan Dunia

situs sahabat pena via tumblr.com
via tumblr.com

Bagi sebagian orang, menulis adalah hal yang sampai hari ini masih jadi kegiatan menarik untuk dilakukan. Walau pemanfaatan perangkat teknologi telah merasuk ke segala sisi kehidupan, ternyata tidak serta-merta dapat menghilangkan kegemaran menulis tersebut di hati para penggemarnya. Apalagi kalau yang biasa ditulis adalah surat, dan ditujukan kepada sahabat pena.

Masih ada tidak sih orang-orang yang melakukan hal tersebut di era digitalisasi seperti ini? Tentu ada. Bahkan ada situs-situs yang memang sengaja diciptakan untuk menghubungkan siapapun yang masih suka surat-menyurat dengan sahabat pena. Skalanya pun tidak terbatas dengan wilayah negara lho.

Penasaran dan ingin tahu bagaimana rasanya bisa punya sahabat pena di belahan dunia lain? Coba deh kunjungi beberapa situs di bawah ini:

 

1. Student Letter Exchange

situs sahabat pena via pen-pal.com

Tampilan Student Letter Exchange via pen-pal.com

Situs Student Letter Exchange adalah salah satu situs pencarian sahabat pena terbaik di Amerika Serikat bagi mereka yang masih berstatus siswa ataupun mahasiswa. Dari namanya yang mengandung unsur ‘student’, situs ini sebenarnya telah menekankan bahwa mereka memang akan mencarikan setiap anggotanya sahabat pena yang berada dalam kategori pelajar dan mahasiswa.

Sebenarnya situs ini ditujukan untuk para pelajar yang berada di wilayah Amerika Serikat. Meski demikian, ternyata siapapun yang tertarik untuk terhubung dan berinteraksi dengan sahabat pena dari situs ini juga boleh menggunakannya kok!

 

2. Interpals

situs untuk mendapatkan sahabat pena via sayhellojapan.wordpress.com

Tampilan Interpals via sayhellojapan.wordpress.com

Situs yang satu ini sebenarnya tergolong cukup populer dan punya banyak anggota. Berbeda dengan jejaring pertemanan pada umumnya, Social Network Service (SNS) berwujud Interpals ini dikhususkan untuk menghubungkan para penggunanya sebagai sahabat pena.

Ide awal pembentukan situs ini memang adalah untuk saling berkomunikasi sebagai sahabat pena. Namun dalam perjalanannya, Interpals dikembangkan untuk membuat para anggotanya mempelajari bahasa asing melalui interaksi mereka sebagai sahabat pena.

situs sahabat pena via forum.interpals.net

Ada Forum yang Bisa Diikuti Sesuai Minat Kita via forum.interpals.net

Cara untuk bergabung sebagai anggotanya cukup mudah. Sama dengan situs-situs media sosial pada umumnya, kamu hanya perlu mengisi data diri dengan menyertakan fotomu di situs Interpals. Kemudian, kamu juga diharapkan menyertakan informasi tentang bahasa apa saja yang ingin kamu pelajari lebih lanjut dan bahasa apa yang telah kamu kuasai dengan baik.

Nantinya, kamu akan dipertemukan dengan orang-orang yang mampu menguasai bahasa yang ingin kamu pelajari dan orang-orang yang ingin mempelajari bahasa yang kamu kuasai. Tentunya juga berdasarkan persamaan minat dan ketertarikan atas hal-hal yang telah kamu tulis di isian data diri.

Situs ini mudah kok untuk digunakan. Fiturnya cukup banyak dan hampir mirip Facebook.

 

3. PenPal Garden

situs sahabat pena via penpalgarden.com

Tampilan PenPal Garden via penpalgarden.com

Jika situs Student Letter Exchange dan Interpals akan meminta informasi rinci tentang ketertarikan dan beberapa hal yang kamu minati, PenPal Garden cukup berbeda dari itu. Situs ini akan mencarikan sahabat pena yang cocok untukmu bukan berdasarkan isu-isu yang kamu sukai. Pencocokan ini sesederhana di mana lokasi sahabat pena yang kamu inginkan dan berapa usia mereka.

Saat kamu sudah tergabung di sana serta menentukan pilihan lokasi dan usia sahabat pena yang kamu inginkan, akan ada daftar nama beserta foto orang-orang yang sedang online. Setelah mengobrol dengan mereka dan merasa cocok, kamu bisa mengunjungi profil dan berteman dengan mereka. Setelah itu, kamu bisa mulai saling berkirim pesan elektronik melalui alamat sahabat penamu yang tertera di sana.

 

4. PenPal World

situs sahabat pena via penpalworld.com

Tampilan PenPal World via penpalworld.com

PenPal World adalah salah satu situs pencarian sahabat pena yang cukup aman dan menyenangkan. Kamu akan diminta menjawab beberapa pertanyaan dan mengisi data diri dengan cukup rinci di situs ini. Baru kemudian kamu akan dipertemukan dengan orang-orang yang potensial untuk menjadi sahabat penamu.

Kamu boleh memilih siapa yang akan kamu kirimi surat elektronik, setelah ada daftar rekomendasi dan rincian singkat mengapa kamu dan mereka tampaknya klop. Jika menurut kamu beberapa nama dari daftar rekomendasi tersebut kurang cocok untukmu, kamu bisa dengan mudah mengubah data dirimu saja agar PenPal World kembali merekomendasikan sahabat pena yang lainnya.

 

5. International Pen Friends

situs sahabat pena via ipfworld.com

Tampilan International Pen Friends via ipfworld.com

Agak berbeda dengan situs-situs sebelumnya, situs ini akan sangat cocok untuk kamu yang benar-benar ingin merasakan sensasi menulis surat dengan sahabat pena. Bukan melalui pesan elektronik, aplikasi di ponsel, atau percakapan di media sosial saja. Kamu harus menulis surat secara manual dan mengirimkannya lewat pos kepada orang-orang yang menjadi sahabat penamu.

Penasaran dan ingin mencobanya? Ada hal yang harus kamu perhatikan di situs ini. Saat akan bergabung, kamu diminta untuk mengisi data diri serinci mungkin kemudian membayar sejumlah uang sebagai biaya keanggotaan.

Setelah urusan administrasi selesai, pihak International Pen Friends akan mengirimkanmu data diri sahabat pena yang punya kriteria sesuai yang kamu inginkan. Data diri yang dikirimkan ini disertai dengan alamat lengkap yang bisa segera kamu kirimi surat. Siap-siap terkejut dan merasakan keseruan menantikan kiriman surat dari Pak Pos, ya!

 

Nah, itu kalau kamu mau cari sahabat pena. Kalau mau cari pasangan, tentu lain lagi situs-situsnya. Mungkin kamu tertarik mengintip situs-situs cari jodoh tersebut?

 


featured image via tumblr.com