Yoga yang Semakin Berkembang dan Berbagai Polemiknya


Seni pernapasan dari India ini dipercaya sudah ada sejak lima ribu tahun yang lalu. Kata “Yoga” berasal dari bahasa Sanskerta yang memiliki arti “penyatuan” yaitu menyatukan diri dengan alam dan menyatukan diri dengan Yang Maha Pencipta. Yoga merupakan aktivitas meditasi atau tapa yang dilakukan dengan mengontrol seluruh panca indera (mata, telinga, hidung, lidah dan kulit).

Doktor Swami Sivanda adalah orang yang sukses membuat yoga dikenal di dunia barat pada tahun 1970-an. Beliau membuat banyak buku tentang seni pernapasan ini. Beliau juga mendirikan sekolah yoga di Amerika dan Eropa.

 

Perkembangannya di Indonesia

Dewasa ini, yoga sudah menjadi bagian dari gaya hidup urban di Indonesia. Tidak sulit menemukan tempat pelatihannya di mal ataupun country club di kota-kota besar. Anjasmara, salah satu aktor terkenal Indonesia di masa 1990-an dikenal, sebagai salah satu orang yang mempopulerkannya di Indonesia. Suami dari aktris Dian Nitami ini mendapatkan lisensi sebagai guru yoga setelah menyelesaikan Yoga Teacher Training selama 300 jam.

 

anjasmara yoga

Anjasmara yang kini sudah bisa membuka kelas yoga via www.twitter.com/anjasmara

 

Yoga dipercaya sebagai salah satu bentuk investasi untuk sehat. Sempat lekat dengan kesan tidak menyenangkan dan tersegmentasi ke wanita, kini jumlah penggemarnya justru makin banyak, dan laki-laki pun turut melakukannya.

 

Yoga dan Media Sosial

Maraknya penggunaan media sosial di Indonesia, membuat banyak orang berusaha berbagi apapun kegiatan hariannya. Yoga tidak luput dari efek ini. Intip saja akun Instagram artis-artis Indonesia seperti Marshanda, Pevita Pearce, Sophia Latjuba, pasangan Glenn Alinskie – Chelsea Olivia, bahkan sampai penyanyi Raisa, Yuni Shara dan Inul Daratista pun keranjingan olahraga yang satu ini.

 

marshanda yoga

Salah satu pose yoga yang dilakukan Marshanda via www.instagram.com/marshanda99

 

yoga chelsea dan glenn

Glenn dan Chelsea yang rutin berlatih yoga berpasangan via www.instagram.com/glennalinskie

 

Tentu saja hal ini secara tidak langsung menambah angka orang-orang yang ingin berlatih yoga. Terinspirasi artis kesukaan, mereka mulai berbondong-bondong mencoba yoga. Beberapa bertahan, entah karena memang menikmatinya, atau karena ingin dibilang kekinian dan keren dengan melakukan olahraga ini. Yang lainnya berhenti dengan berbagai alasan. Bosan, susah, sibuk, hingga mahal menjadi alasannya.

 

Pro-Kontra Yoga

Selalu ada dua sisi mata uang. Itu jugalah yang terjadi pada fenomena yoga. Badan Tertinggi Islam Malaysia (semacam MUI-nya Malaysia) menyatakan yoga adalah haram. Hal ini tentu saja membuat resah para pelaku yoga di Tanah Air. Dianggap sebagai bagian dari ritual agama, yoga dianggap perilaku yang bertentangan dengan pandangan Islam. Tapi MUI akhirnya buka suara dengan menyatakan hal yang sebaliknya. Yoga sebagai olahraga tidaklah haram, selama tidak dibarengi dengan bacaan doa dan meditasinya.

Selain itu, pro-kontra yoga juga ada pada baju yang dipakainya. Di jagat pencarian google, ketika mengetik “Yoga Pants” atau celana yoga di kolom gambar, akan muncul berbagai foto celana ketat yang cenderung fokus pada bagian bokong dengan model wanita. Ibu dari Egi John (pacarnya Marshanda) pun sampai mengeluh akibat foto Marshanda setelah berlatih yoga dinilainya terlalu seksi.

Tidak hanya di Indonesia, di negara sebebas Amerika pun hal ini menjadi problema tersendiri. Ada kecaman yang datang karena makin banyaknya orang yang memakai celana yoga di tempat umum. David Moore, salah satu anggota legislatif di Negara Bagian Montana bahkan mengajukan wacana untuk melarang pemakaian celana yoga di tempat umum.

 

Kembali ke dunia media sosial Indonesia, banyak komentar muncul dari netizen dan para haters. Alasannya sih sepele; kadang mereka tidak suka melihat artis wanita kesayangannya melakukan yoga dengan posisi tubuh yang sering kali harus menempel dengan pelatihnya yang lelaki. “Ya ampun, pakaian ketat kok nempel-nempel; kan nggak muhrim,” begitulah kira-kira.

Jadi, apa pendapatmu tentang yoga? Setujukah kamu bahwa ini adalah olahraga yang menarik dan menyehatkan, bukan sekadar ajang pamer seksinya tubuh di media sosial?

 


featured image via www.rebuiltrunner.blogspot.com