Menuju Masa Depan dengan Blocks Smartwatch!


Zaman terus berkembang, begitu pula dengan teknologinya. Setelah smartphone, internet of things (benda-benda pintar yang bisa terkoneksi ke internet) bisa dibilang akan menjadi the next big thing. Untuk saat ini baru beberapa benda pintar yang muncul. Sebut saja komputer seukuran flashdisk, kacamata pintar, dan yang tidak kalah populer, jam tangan pintar.

Bicara masalah jam tangan pintar, benda ini bisa dibilang sedang populer-populernya. Sayangnya, dikarenakan harganya yang lumayan mahal, produk ini jadi tidak terlalu populer di Indonesia. Namun, rasa-rasanya tetap menarik untuk memperhatikan perkembangan teknologi smartwatch ini.

 

Jam tangan Blocks dengan varian warnanya. via kickstarter.com

 

Sekitar awal Oktober, sebuah startup teknologi asal London, Blocks, meluncurkan kampanye kickstarter produk jam tangan pintar miliknya. Dibanding jam tangan pintar lain yang sekadar menjadi “notification center” seharga jutaan Rupiah, Blocks menawarkan sesuatu yang baru dan menjanjikan.

Blocks menciptakan sebuah teknologi yang membuat sebuah jam tangan pintar bisa dibongkar-pasang sesuai dengan kebutuhan. Pada dasarnya, Blocks smartwatch berbentuk seperti jam tangan pintar pada umumnya yang terdiri dari kepala jam dan tali. Bedanya, Blocks memiliki alternatif tali jam yang cukup menarik. Alternatifnya adalah modul-modul berbentuk rantai jam dengan fungsinya tersendiri.

 

Jam tangan Blocks dengan berbagai fungsi dari modul-modulnya. via kickstarter.com

 

Masih belum paham? Contohnya seperti ini: Misalnya kamu ingin berolahraga, kamu bisa pasang modul pemeriksa detak jantung. Sudah selesai olahraganya? Mau lanjut shopping dan tidak mau repot bawa uang tunai? Cukup ganti modul pemeriksa detak jantungmu dengan modul NFC untuk fungsi pembayaran nirkabel yang lebih praktis.

Satu buah Block smartwatch bisa dipasangi sampai dengan 4 buah modul dengan fungsinya masing-masing. Pihak Blocks menjanjikan modul-modulnya akan tersedia dengan berbagai macam fungsi. Beberapa modul yang ia promosikan saat ini adalah modul extra battery, fungsi SIM Card, GPS, heart rate monitor, fungsi NFC, dan fungsi flash memory (untuk membaca micro SD).

Fungsi modul Blocks smartwatch sepertinya akan semakin beragam di masa depan. Dengan adanya dukungan module-development-kit (MDK) dan Blockstore, pengguna bisa dengan mudahnya mencari modul dengan fungsi yang diinginkan. Sementara para developer juga bisa dengan bebas membuat modulnya sendiri karena adanya dukungan MDK, yang nantinya bisa dijual di Blockstore.

 

Demonstrasi modul yang bersifat hot-swap. via kickstarter.com

 

Modul-modul Blocks smartwatch bersifat hot-swap. Dengan begitu, modul-modul yang ada bisa kita pasang dan lepas tanpa harus mematikan jamnya terlebih dahulu. Selain fitur-fitur canggih di atas, secara umum Blocks smartwatch juga tahan air dan goresan.

Jam tangan Blocks versi standar dijual seharga $195 di kickstarter. Versi standar hanya berisi kepala jam beserta talinya. Sementara jika kamu ingin menikmati kecanggihan modul Blocks smartwatch, kamu harus membayar lebih mahal. Dengan $285 kamu akan mendapatkan 4 buah modul yang fungsinya bisa kamu pilih sendiri.

 


Featured image via kickstarter.com