Gibbs Amphibian Motorcycle: Motor Amfibi Penerobos Banjir


motor amfibi via coolthings.com
via coolthings.com

Hidup di Jakarta memang banyak tantangannya. Mulai dari kemacetan yang senantiasa hadir di setiap sudut jalan hingga jalan di trotoar yang sangat tidak nyaman. Kalau kamu salah satu warga Jakarta, pasti masalah-masalah di atas sudah jadi santapan rutin.

Oh iya ada satu tantangan khas Jakarta yang terlewat, yakni banjir. Masalah ini memang tidak serutin masalah macet atau sabotase trotoar oleh pengendara sepeda motor. Banjir hanya datang pada momen-momen tertentu, terutama pada musim penghujan.

 

motor amfibi via rmol.com

Banjir, sebuah masalah klasik di Jakarta via rmol.com

 

Terlepas dari “kunjungannya” ke kota Jakarta, banjir pada dasarnya sangatlah mengganggu aktivitas manusia. Entah itu di Jakarta, kota-kota Indonesia lainnya, atau di luar negeri. Banjir menyebabkan orang-orang tidak dapat pergi keluar rumah, tidak bisa berangkat ke kantor, tidak juga pergi kuliah ke kampus.

Bisa jadi daerah rumahmu tidak banjir tapi akses untuk pergi ke tempat yang kamu tuju tergenang air. Sama apesnya, kan? Kamu tetap tidak bisa pergi kemana-mana.

motor amfibi via o.canada.com

Bukan cuma di Jakarta, di Toronto juga banjir, lho! via o.canada.com

 

Nah, karena banjir ini cukup meresahkan dan terjadi secara universal, banyak orang berlomba-lomba untuk mengatasinya. Tentunya bukan dengan menyalahkan gubernur atau kepala daerahnya, melainkan dengan menciptakan teknologi yang bisa digunakan untuk meminimalisasikan dampak banjir ini terhadap masyarakat.

Kalau kamu diminta untuk memberikan solusi untuk masalah banjir, kira-kira ide apa yang pertama kali muncul dalam benakmu? Reklamasi? Atau menambah daerah resapan air?

 

motor amfibi via motorsterbaru.com

via motorsterbaru.com

 

Dibandingkan dengan ide-ide besar dan konsep yang berkaitan dengan tata ruang dan tata wilayah kota, perusahaan otomotif yang berbasis di Inggris menawarkan solusi yang lain.

Perusahaan bernama Gibbs Sports Amphibians menghadirkan kendaraan motor jenis amfibi. Mungkin kamu bingung istilah amfibi untuk sebuah motor. Apakah mirip katak? Makhluk bertulang belakang? Berdarah dingin? Atau hidup di dua alam?

Jawaban yang paling mendekati dengan istilah motor amfibi adalah jawaban yang terakhir. Motor amfibi adalah motor yang bisa digunakan di dua alam, sama halnya dengan hewan amfibi. Maksudnya, motor ini memang dirancang untuk berjalan di dua medan yaitu, daratan dan perairan.

 

motor amfibi via motorsterbaru.com

via motorsterbaru.com

 

Saat melaju di darat, motor ini bisa digunakan dengan kecepatan hingga 80 mph (128 km/jam). Sementara bila motor ini dilajukan di atas genangan air atau kawasan perairan, kecepatan bisa mencapai 37 mph (60 km/jam). Tenaga motor ini setara dengan motor sport 125 cc.

Pada saat digunakan di jalanan atau di daratan, roda belakang motor ini beroperasi normal seperti motor lain pada umumnya. Tapi coba gunakan motor amfibi ini ke daerah yang tergenang air atau wilayah perairan. Motor dalam wujud pertama akan berubah dalam 5 detik untuk mengangkat roda belakang bak jetski.

 

 

Ide awal pembuatan motor ini sih adalah untuk mengombinasikan dua hobi dalam satu kendaraan: hobi main jetski dan bermotor. Seiring waktu, motor amfibi ini kemudian disanjung karena konsepnya dapat dimanfaatkan sebagai transportasi kala banjir melanda.

Kalau menurutmu bagaimana? Perlu tidak sih warga Jakarta ramai-ramai menggunakan motor satu ini agar bisa tetap beraktivitas saat kondisi lingkungan sedang banjir?

 


featured image via coolthings.com