Siasati Mahalnya Harga Paket Data dengan 7 Cara Ini

Kebutuhan akan internet di zaman sekarang mungkin sudah hampir menyaingi kebutuhan sembako. Kalau menurut pelajaran sekolah zaman dulu, kebutuhan primer kamu cuma sandang, pangan, dan papan. Sekarang bisa jadi charger dan internet (atau wi-fi) juga sudah tergabung ke dalamnya.

Masalahnya, kebutuhan internet kaum urban seakan tidak seimbang dengan harga paket internet yang ditawarkan oleh provider. Provider terus saja menaikkan harga paket data dengan kuota yang semakin kecil; sementara kebutuhan internet kaum urban bisa mencapai tidak terhingga. Jadinya kita cuma bisa legowo saja menghadapinya, cuma bisa mengelus dada.

Walaupun begitu, kita juga harus berusaha dong. Nyoozee punya tips nih. Dengan tips ini, dijamin deh paket datamu bisa tahan berbulan-bulan meski kuotanya minim. Berikut beberapa tips dari Nyoozee:

 

Hindari Streaming Video

via sites.google.com

Kurangi penggunaan Youtube-nya ya mz. via sites.google.com

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa streaming video akan memakan kuota internetmu. Lima menit video saja bisa memakan kuota internet sampai dengan 100 MB. Makanya supaya lebih hemat, sebisa mungkin hindari kegiatan streaming video ketika sedang menggunakan mobile data.

Sebagai alternatif, kamu bisa streaming video berukuran maksimal 240p atau streaming video berdurasi pendek. Pilihan lainnya, kamu bisa mengunduh (dengan fitur “watch offline” misalnya) video Youtube yang ingin kamu tonton sebelumnya. Gunakan fasilitas wi-fi publik yang cenderung gratis atau biayanya lebih murah.

 

Gunakan Browser yang Tepat

Di Indonesia, opera mini cukup populer sih. via solopos.com

Di Indonesia, Opera Mini cukup populer sih. via solopos.com

 

Pemilihan browser pun penting untuk membuat paket datamu jadi lebih hemat. Sebagai contoh, browser bawaan Android, Google Chrome, memiliki fitur data saver yang akan mengompresi gambar ketika di-load saat browsing. Sayangnya fitur ini tidak menghemat data terlalu banyak.

Untuk menghemat data lebih banyak, kamu bisa menggunakan browser yang memiliki fitur data saving sampai tingkat ekstrem. Opera mini misalnya. Sebuah web bisa dikompresi sampai hanya berukuran sekitar 100KB saja.

Browser yang bisa menghemat data bukan cuma Opera mini saja kok. Pada toko aplikasi smartphone, biasanya ada juga bermacam-macam browser dan aplikasi yang bisa digunakan untuk menghemat data.

 

Gunakan Aplikasi

Nih Onavo sebagai contoh. via onavo.com

Nih Onavo sebagai contoh. via onavo.com

 

Seperti yang disebut di bagian sebelumnya, di toko aplikasi ada aplikasi-aplikasi yang bisa menghemat data. Aplikasi tersebut biasanya bekerja dengan mengompresi ukuran file gambar yang di-load oleh aplikasi atau laman web. Dengan demikian, gambar bisa tampil sebagus mungkin dengan ukuran file sekecil mungkin.

Contoh dari aplikasi yang bisa menghemat penggunaan data adalah Onavo Count. Aplikasi ini juga bisa membantu menghitung seberapa banyak data yang telah digunakan. Selain itu ada pula Opera Max, dan aplikasi lainnya.

 

Gunakan Cellular Data Limit

Cara mengaktifkan cellullar data limiit pada Android Lolipop. via phonearena.com

Cara mengaktifkan cellullar data limit pada Android Lolipop. via phonearena.com

 

Sistem operasi Android versi terbaru memiliki fitur yang memungkinkan kamu mengetahui seberapa banyak data yang digunakan. Selain informasi tersebut, ada fitur lain bernama cellular data limit. Fitur ini memungkinkan sistem operasi mematikan mobile data secara otomatis ketika penggunaan data mencapai jumlah tertentu.

Misalnya jika kamu membeli paket data sebesar 2GB, tidak perlu takut pulsa terpakai karena kuota yang habis. Kan ada Cellular Data Limit. Cukup atur limit ke 2GB (atau 1.7GB biar lebih aman), mobile data akan secara otomatis mati ketika penggunaan data mencapai besaran tersebut. Kalau mau sedikit repot tapi lebih terstruktur, kamu bisa mengatur limit beberapa kali, misal setiap 500MB. Dengan begitu kamu bisa merencanakan penggunaan data secara lebih baik, tidak langsung habis di awal.

 

Tahan Hawa Nafsu

Ya puasa browsing sehari dua hari boleh banget loh. via michaelgeist.ca

Ya puasa browsing sehari dua hari boleh banget loh. via michaelgeist.ca

 

Untuk masalah penghematan, tak bisa dipungkiri semuanya akan kembali lagi ke diri sendiri. Karena jika tidak diiringi niat yang kuat, kita bisa saja dengan mudahnya terpancing membuka video Youtube atau Facebook yang terlihat menarik.

Jadi tanamkan dalam pikiranmu bahwa akses internet dibeli dengan uang dan besaran aksesnya tidak seberapa. Jangan browsing jika tidak terlalu dibutuhkan, jangan terlalu sering streaming video. Ya kalau dipikir-pikir, kebutuhan akses internet untuk sehari-hari paling utama adalah untuk berkomunikasi, yang lainnya cenderung sekunder. Maka dari itu, penting nih menentukan skala prioritas paket datamu.

 

Matikan Internet Jika Sedang Tidak Diperlukan

Cara mudah mematikan mobile data pada Android Lolipop. via fixlife.in

Cara mudah mematikan mobile data pada Android Lollipop. via fixlife.in

 

Hal ini juga pernah dibahas Nyoozee dalam tips menghemat baterai smartphone. Ada kalanya telepon genggammu tidak butuh internet. Sebut saja ketika sedang menyetir atau mengendarai sepeda motor. Tidak mungkin toh, kamu mau browsing atau chatting sambil mengendarai sepeda motor? Bisa-bisa nyawamu melayang karena tidak konsentrasi melihat jalanan.

Dengan mematikan mobile data, maka kamu akan menghemat paket datamu, menghemat baterai smartphone-mu, bahkan menghemat usiamu. Jadi lebih banyak untungnya kan?

 

Gunakan Wi-Fi

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan wifi.id pada area-area publik tertentu. via agenwifi.com

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan wifi.id pada area-area publik tertentu. via agenwifi.com

 

Kalau mau lebih berhemat, gunakan fasilitas wi-fi yang ada di sekitarmu. Misalnya fasilitas milik kantor, kampus, atau wi-fi publik yang sifatnya gratis. Tapi kamu tidak perlu seperti orang gila yang ke mana-mana selalu memburu sinyal wi-fi. Cukup manfaatkan wi-fi gratis atau murah yang ada di sekitarmu dengan lebih maksimal. Agar kuota paket data tidak cepat habis.

 

Bagaimana? Sudah cukup hemat toh? Kalau masih tetap boros, berarti kebutuhan internet per-bulanmu memang cukup besar. Jadi, siap-siap aja puasa senin-kamis supaya bisa beli paket data yang lebih mahal.

 


featured image via id.techinasia.com