Kunjungi Situs Ini Untuk Mengagumi Alam Semesta Lewat Foto Aerial dan Benda Angkasa


July 7th 2014, Iceland aerials via danielbeltra.photoshelter.com

Mirip seperti musik atau film, fotografi juga punya genre. Beda orang, bisa jadi menyukai genre fotografi yang berbeda pula. Ada yang menyukai foto fashion, foto jurnalistik, foto seni, foto mainan, foto aerial, ataupun foto benda angkasa.

Bagi kamu yang menyukai dua genre yang disebut terakhir, selain mencarinya via Instagram, ada juga beberapa situs internet yang rutin menampilkannya. Situs tersebut seperti:

 

Earth Observatory oleh NASA

Apa yang akan kamu lihat kalau kamu bisa terbang bebas di luar angkasa dan melihat permukaan bumi dari kejauhan? Untuk menjawab ini, kamu bisa mengunjungi earthobservatory.nasa.gov. Sesuai dengan namanya, lewat situs ini kamu bisa melihat foto-foto hasil observasi NASA terhadap permukaan bumi.

Foto-foto Gerhana Matahari 9 Maret 2016 oleh Deep Space Climate Observatory (DSCOVR) - NASA image courtesy of the DSCOVR EPIC team. Animasi NASA Earth Observatory oleh Joshua Stevens.

Foto-foto Gerhana Matahari 9 Maret 2016 oleh Deep Space Climate Observatory (DSCOVR) – NASA image courtesy of the DSCOVR EPIC team. Animasi NASA Earth Observatory oleh Joshua Stevens.

Dengan slogan “Where every day is Earth Day” atau ” di mana setiap hari adalah Hari Bumi”, situs Earth Observatory menampilkan bumi dari berbagai sisi. Termasuk di antaranya menampilkan foto-foto permukaan bumi yang diambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (The International Space Station/ISS).

Setiap harinya akan ada foto berbeda yang menjadi sorotan beserta penjelasannya. Objek foto dalam situs ini bisa berupa kota, negara, pegunungan, lautan, pulau, dan komponen permukaan bumi lainnya. Untuk memudahkan penjelasan, situs ini juga memberikan keterangan-keterangan seperti peta pada umumnya.

 

Laut Mencairkan Es di Greenland, untuk 5 April 2016 - Foto oleh Josh Willis. Peta NASA Earth Observatory oleh Joshua Stevens, menggunakan data Oceans Melting Greenland (OMG), courtesy of Josh Willis/JPL.

Laut Mencairkan Es di Greenland, untuk 5 April 2016 – Foto oleh Josh Willis. Peta NASA Earth Observatory oleh Joshua Stevens, menggunakan data Oceans Melting Greenland (OMG), courtesy of Josh Willis/JPL.

 

Gumpalan Asap Gunung Berapi Dukono di Pulau Halmahera, diambil pada tanggal 22 Maret 2016 - oleh petugas NASA Earth Observatory, Joshua Stevens

Gumpalan Asap Gunung Berapi Dukono di Pulau Halmahera, Indonesia, diambil pada tanggal 22 Maret 2016 – oleh petugas NASA Earth Observatory, Joshua Stevens

 

Perubahan Warna Danau Kivu yang belum diketahui alasannya untuk 26 April 2016 – Foto NASA oleh Jeff Schmaltz via earthobservatory.nasa.gov

 

Selain foto-foto tersebut, di situs Earth Observatory kamu bisa melihat peta bumi dalam berbagai sudut pandang. Satelit NASA bisa menunjukkan apa yang terjadi pada planet kita terkait aerosol, karbon monoksida, temperatur, radiasi, curah hujan, vegetasi, dan sebagainya.

Kamu bisa melihat perkembangan bumi dari bulan ke bulan sejak Januari 2005. Saat ini perkembangan yang bisa kamu akses adalah hingga bulan Maret. Data ini akan terus diperbarui setiap bulannya.

Pergerakan Es di Permukaan Bumi via earthobservatory.nasa.gov

Pergerakan Es di Permukaan Bumi via earthobservatory.nasa.gov

Foto-foto di situs ini bisa kamu unduh gratis lho. NASA menyediakan tautan untuk kamu mengunduh foto-foto yang ada dengan ukuran yang besar di dalam artikelnya. Lumayan untuk wallpaper gawaimu.

Kalau foto-foto permukaan bumi di situs ini masih kurang cukup, kamu bisa mengunjungi bank data foto-foto bumi oleh ASTER dari NASA. Lebih dari 2 juta foto bumi yang tersimpan dalam bank data ini dibuat oleh satelit ASTER.

Satelit yang diluncurkan pada tahun 1999 ini merupakan proyek kerjasama NASA dengan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang. Kamu dapat mengaksesnya secara gratis lewat galeri situsnya,

 

National Geographic

Situs fotografi milik National Geographic juga kerap menampilkan foto-foto yang menarik. Klik kolom Photo of the Day, maka akan muncul foto yang berbeda setiap harinya. Hanya saja, foto yang tampil di sini tidak selalu foto aerial atau penampakan bentang alam. Mengingat rentang hirauan institusi ini cukup luas, kamu juga akan menemukan foto yang sifatnya human interest.

 

Foto oleh Daniel Beltrá via National Geographic

Sungai Ölfusá di Eslandia, untuk 26 April 2016 – Foto oleh Daniel Beltrá via National Geographic

 

aerial-iceland-colors_91650_990x742

Danau Vulkanis Eslandia, untuk 4 September 2015 – Foto oleh Stas Barthnikas via National Geographic Your Shot

 

Hemidactylus turcicus, cicak rumahan dari Warsawa untuk 19 Februari 2016 - Foto oleh Dariusz Kucharski dan Kornelia Kucharska via National Geographic

Hemidactylus turcicus, cicak rumahan dari Warsawa, untuk 19 Februari 2016 – Foto oleh Dariusz Kucharski dan Kornelia Kucharska via National Geographic Your Shot

 

Nelayan Myanmar untuk 27 Februari 2016 - Foto oleh Marco Marcone via National Geographic

Nelayan Myanmar, untuk 27 Februari 2016 – Foto oleh Marco Marcone via National Geographic Your Shot

 

oleh Syafiudin Vifick via National Geographic

Upacara Melasti, untuk  23 April 2016 – Foto oleh Syafiudin Vifick via National Geographic Your Shot

 

Astronomy Picture of the Day oleh NASA

Setelah melihat foto penampakan bentang alam di bumi, kamu bisa beranjak melihat foto benda-benda angkasa di apod.nasa.gov. Macam-macam gejala meteorologi  di bumi hingga foto-foto berbagai benda langit dimunculkan di sini. Lumayan kan bisa merasa seperti tokoh di film Interstellar minus pengalaman gravitasi nol.

Salah satu fotonya adalah Foto Stasiun Luar Angkasa Internasional (The International Space Station/ISS) atau di atas permukaan bumi. Stasiun inilah yang mengirimkan data-data dan penemuan astronomi, termasuk juga hasil observasinya terhadap bumi di situs Earth Observatory di atas.

 

Stasiun Luar Angkasa Internasional di atas bumi - kredit foto oleh STS-132 Crew, Expedition 23 Crew, NASA

Stasiun Luar Angkasa Internasional di atas bumi – kredit foto oleh STS-132 Crew, Expedition 23 Crew, NASA

 

NGC 6872 atau Condor Galaxy berbentuk spiral yang seolah tertarik melar - Kredit foto: FORS Team, 8.2-meter VLT Antu, ESO, pemrosesan dan lisensi: Judy Schmidt

NGC 6872 atau Condor Galaxy, galaksi berbentuk spiral yang seolah tertarik melar – Kredit foto: FORS Team, 8.2-meter VLT Antu, ESO, pemrosesan dan lisensi: Judy Schmidt

 

Aurora di Islandia, untuk 8 Desember 2015 - Kredit foto: elizabeth M. Ryan

Aurora di Islandia, untuk 8 Desember 2015 – Kredit foto: elizabeth M. Ryan, Keterangan rasi: Judy Schmidt

 

Foto Komet 67P Churyumov-Gerasimenko yang diambil oleh pesawat luar angkasa Rosetta, untuk 2 Februari 2016 - Kredit dan lisensi: ESA, Rosetta, NAVCAM

Foto Komet 67P Churyumov-Gerasimenko yang diambil oleh pesawat luar angkasa Rosetta, untuk 2 Februari 2016 – Kredit dan lisensi: ESA, Rosetta, NAVCAM

 

The Pelican Nebula dalam Bentuk Gas, Debu, dan Bintang, untuk 17 November 2016 - Kredit foto: Roberto Colombari

The Pelican Nebula dalam Bentuk Gas, Debu, dan Bintang, untuk 17 November 2016 – Kredit foto: Roberto Colombari

 

Konstelasi Orion dalam Balutan Merah dan Biru, untuk 13 April 2016 - oleh David Lindemann

Konstelasi Orion dalam Balutan Merah dan Biru, untuk 13 April 2016 – oleh David Lindemann

 


featured image via danielbeltra.photoshelter.com