Menyambut Kehadiran Spotify di Indonesia!


Spotify di Indonesia

Setelah sebelumnya sudah malang melintang di Hongkong dan Singapura, tanggal 30 Maret ini akhirnya Spotify melebarkan sayap bisnisnya ke Indonesia.

Di balik kehebohan beberapa orang atas kehadiran Spotify di Indonesia, beberapa dari kamu mungkin ada yang masih bingung; apa sih sebenarnya Spotify itu? Supaya nggak kaget dengan kehadiran layanan OTT baru ini, simak pembahasan berikut dari Nyoozee.

 

Apa Itu Spotify?

mobilemarketingmagazine.com Spotify-iOS-App

via mobilemarketingmagazine.com

Spotify adalah perusahaan asal Swedia yang didirikan oleh Daniel Ek dan Martin Lorentzon. Mereka menyediakan layanan streaming musik yang dapat diakses melalui internet. Meski baru terdengar populer akhir-akhir ini, namun sebenarnya Spotify sudah berdiri sejak tahun 2008 lalu.

Layanan streaming musik Spotify menjanjikan basis data musik sangat banyak yang bisa pengguna dengarkan. Meski layanannya datang dari Swedia, namun lagu-lagu lokal juga sudah seharusnya tersedia pada layanan Spotify.

Hal tersebut terlihat melalui akun twitter @SpotifyID yang merangkul musisi lokal untuk turut mempromosikan layanannya.

Menariknya lagi, semua musik yang ada di dalam basis data Spotify bisa didengarkan oleh para pengguna secara gratis dengan kualitas minimal 160kbps.

Spotify menggunakan metode freemium dalam menyajikan layanan streaming musiknya. Artinya meski pengguna bisa dengar musik secara gratis, ada fitur-fitur tertentu yang baru bisa dinikmati jika pengguna membayar sejumlah uang tertentu.

 

Fitur-Fitur Spotify

Beberapa fitur dalam Spotify. via macrumors.com

Beberapa fitur dalam Spotify. via macrumors.com

Meski versi gratis dari Spotify memiliki keterbatasan tertentu, namun bukan berarti kamu tidak bisa menikmati menggunakannya. Ada fitur-fitur keren dan gratis yang bisa kamu manfaatkan.

Salah satunya adalah fitur playlist, yang memungkinkan pengguna membuat dan menyunting playlist bersama teman. Banyaknya playlist yang dapat dipilih dalam Spotify juga akan sangat membantu jika kamu sedang bosan dengan lagu yang ada pada penyimpanan lokalmu.

Kamu bisa pilih playlist yang sesuai dengan mood kamu saat itu, aktivitas yang sedang kamu lakukan, atau genre yang kamu inginkan.

Salah satu contoh playlist dalam Spotify. via theverge.com

Salah satu contoh playlist dalam Spotify. via theverge.com

Dengan beberapa fiturnya, Spotify juga membuat kegiatan mendengarkan musik menjadi lebih sosial. Sebagai contoh, kamu bisa dengan mudah membagikan apa yang sedang kamu dengar ke akun Facebook kamu.

Kamu pun bisa mengintegrasikan akun Spotify dengan akun jejaring sosial lain bertema musik, Last.FM. Integrasi ini akan membantumu mengetahui lagu-lagu yang pernah kamu dengarkan.

Sayangnya pada versi gratis, ada lagu-lagu yang tak dapat pengguna pilih. Pengguna versi gratis pun hanya bisa mendengarkan lagu ataupun playlist secara acak. Nah, khusus untuk pengguna versi berbayar, Spotify menawarkan keuntungan-keuntungan tertentu.

 

Versi Berbayar Spotify

Perbedaan fitur premium dengan free. via spotify.com

Perbedaan fitur premium dengan free. via spotify.com

Agar dapat menikmati Spotify secara penuh, pengguna harus berlangganan dengan sejumlah biaya tertentu yang dibayarkan setiap bulannya. Meski begitu, dalam rangka launching untuk pertama kalinya, pihak Spotify menjanjikan promo gratis berlangganan untuk 30 hari pertama.

Akses musik luring internet pada versi premium. via androidpit.com

Akses musik luring internet pada versi premium. via androidpit.com

Adapun Spotify versi berbayar memiliki fitur-fitur berupa: akses musik secara luring internet, suara lebih jernih dengan kualitas data lagu sebesar 320kbps, kebebasan untuk memilih memainkan lagu tertentu, dan tentunya bebas dari iklan-iklan yang kadang mengganggu.

Menariknya, pihak Spotify Indonesia memberikan harga yang lebih murah bagi para penggunanya di sini. Sebagai gambaran, di Amerika Serikat sana pengguna harus membayar $9.99 atau sekitar Rp. 134.000,00/bulan untuk berlangganan Spotify. Sementara di sini, kamu cukup merogoh kocek Rp. 49.999,00/bulan.

Mau lebih hemat? Ada paket berlangganan untuk kelompok seharga Rp. 74.985,00 – Rp. 149.940,00/bulan tergantung jumlah anggota yang didaftarkan. Bahkan ada paket berlangganan tahunan seharga Rp. 599.880,00.

 

Bagaimana, sudah cukup paham dengan si Spotify ini? Kata siapa menikmati musik orisinil itu mahal? Dengan Spotify kamu bahkan bisa menikmati musik orisinil tanpa harus membayar.

Kalaupun membayar, toh dengan sekitar kamu sudah bisa mengunduh berbagai musik orisinil karya anak bangsa sepuasnya. Jadi, apa kamu siap untuk ber-Spotify ria?

 


Featured image via Huffingtonpost.com