5 Teknologi Ini Bisa Membuatmu Seperti Tony Stark

Uang adalah kekuatan. Buktinya ada pahlawan super yang kekuatannya berasal dari kekayaannya. Berbekal dukungan finansial yang kuat, pahlawan super ini bisa memiliki atau menciptakan berbagai peralatan super canggih. Di semesta DC Comics ada Bruce Wayne alias Batman, sementara di dunia Marvel Comics ada sosok Tony Stark.

Kalau kamu lupa-lupa ingat dengan nama Tony Stark, Nyoozee ingatkan lagi deh. Tony Stark adalah sosok di balik pakaian tempur super canggih Iron Man. Dalam film ia diperankan oleh aktor Robert Downey Jr. Selain kaya, ia juga jenius. Pemilik perusahaan Stark Industries ini menciptakan berbagai peralatan canggih lain untuk menunjang kerjanya, baik sebagai superhero ataupun pengusaha.

Sebagaimana filmnya, peralatan yang kamu lihat di film-film Iron Man adalah fiksi. Walaupun begitu, ada lho barang atau peralatan di dunia nyata yang lumayan mirip dengan teknologi kepunyaannya Tony Stark. Benda atau alat tersebut seperti:

 

1. Pakaian Tempur Exoskeleton

Pakaian tempur yang Tony Stark kenakan ketika menjadi Iron Man tidak pelak lagi merupakan peralatan tercanggih yang ia buat. Dalam dunia nyata, konsep pakaian tempur Exoskeleteon buatan perusahaan Raytheon lumayan mirip dengan pakaian tempur Iron Man.

Perusahaan pengembang Raytheon membuat pakaian tempur ini untuk kepentingan militer. Pakaian tempur ini mampu membawa misil dan pelontar misil seperti halnya membawa senapan. Selain itu dengan menggunakan kemampuan robotik dasar, gerakan pemakainya dapat berlipat ganda.

Tujuan pengembangan Exoskeleton adalah untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan pemakainya. Dengan begitu, prajurit paling lemah sekalipun jika diperlengkapi dengan pakaian tempur ini dapat menjadi dapat menjadi tentara paling tangguh di medan pertempuran.

 

2. Sarung Tangan Laser

Peralatan lainnya yang kalau kamu pakai bisa menjadikanmu seperti Tony Stark adalah sarung tangan laser Iron Man. Sarung tangan ini punya lampu menyala di bagian telapak serta bisa memancarkan sinar laser. Pembuatnya adalah seorang teknisi lab asal Jerman bernama Patrick Priebe.

Ia terinspirasi membuat sarung tangan ini usai menonton film Iron Man 2. Malahan dari yang awalnya proyek iseng, lama kelamaan Priebe menyeriusinya. Dalam situs pribadinya, ia menjual dan bersedia membuatkan replika sarung tangan laser Iron Man ini. Tertarik memesan?

 

3. Kacamata Augmented Reality

Dalam film Iron Man, kamu pasti melihat Tony Stark merancang berbagai penemuannya menggunakan komputer layar sentuh hologram. Teknologi yang dikembangkan Meta, satu startup teknologi yang berbasis di Silicon Valley, lumayan mirip dengan komputernya Tony Stark tersebut.

Perusahaan ini mengembangkan kacamata augmented reality yang memampukan kamu berinteraksi dengan objek virtual di dunia nyata. Mudahnya, sewaktu kamu mengenakan kacamata ini, kamu bisa mengontrol objek hologram yang ada di depanmu dengan menggunakan tangan.

Kemampuan tersebut didukung oleh dua bagian sistem. Pertama adalah tampilan output 3D yang dibentuk oleh sepasang stereoskopis kacamata augmented reality tersebut. Tampilan output 3D ini yang memampukan pemakai kacamata melihat hologram 3 dimensi.

Sistem yang kedua adalah pemindai 3D. Pemindai ini memetakan area sekitarmu dan memposisikan grafis 3D dekat dengan pengguna dan area sekeliling pengguna.

 

4. Ponsel Transparan

Orang kaya, jenius, dan superhero. Ponsel Tony Stark tentunya harus yang super canggih juga dong. Dalam film, kamu bisa melihat ia memakai ponsel yang transparan. Dalam dunia nyata, perusahaan Polytron Technologies mencoba membuat prototipe ponsel seperti itu.

Ponsel Polytron ini bertumpu pada teknologi yang mereka beri nama Switchable Glass. Teknologi ini berupa organic light-emitting diode (OLED) konduktif yang menggunakan molekul kristal cair untuk menampilkan gambar.

Dalam versi jadinya kelak, ponsel ini akan punya tampilan multi sentuh sisi ganda. Jadi kamu bisa melihat ponsel baik dari depan maupun dari belakang. Teknologi seperti itu akan menghasilkan terobosan baru dalam desain sistem operasi dan tampilan antarmuka pengguna.

 

5. Kaus Arc Reactor

via thinkgeek.com

via thinkgeek.com

Dalam film, pakaian tempur Iron Man mendapatkan kekuatan dari generator listrik yang diberi nama arc reactor. Generator listrik tersebut Tony Stark cangkokkan di dadanya. Karena itu ketika ia tidak sedang memakai pakaian tempur Iron Man, arc reactor itu masih menyala-nyala di bagian dadanya.

Nah, kalau kamu ingin tampil seperti Tony Stark, tidak perlu repot mencangkokkan arc generator di dada. Ada T-shirt Stark Industries yang menambahkan lampu LED berbentuk melingkar di bagian dadanya. Bentuknya mirip dengan arc reactor kepunyaan Tony Stark.

 

Sesudah melihat berbagai peralatan yang bisa menjadikanmu seperti Tony Stark itu, apakah kamu tertarik untuk mendukung Iron Man dalam duel Civil War? Atau kamu justru semakin teryakinkan untuk jadi Tim Cap? Tentukan pilihanmu!

 


featured image via vcpost.com