Fitur-Fitur Baru Android N Ini Wajib Kamu Ketahui!


Setelah gelaran MWC 2016 di Barcelona kemarin, muncul banyak rumor serta desas-desus terkait Android versi terbaru: Android N 7.0. Meski ketika itu Google sudah memberitahukan bahwa Android N akan diumumkan pada gelaran Google I/O, mereka belum menjelaskan apa saja yang baru pada Android N 7.0.

Sebagai bentuk teaser sebelum perilisan resminya, tanpa diduga Google merilis versi developer preview dari Android N 7.0. Beberapa fitur sudah ditunjukkan dalam developer preview tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

 

Menjalankan Dua Aplikasi Sekaligus dengan Fitur Multi-Window

via android-developers.blogspot.com

via android-developers.blogspot.com

Salah satu fitur yang akhirnya muncul pada developer preview Android N 7.0 adalah fitur multiwindow. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu waktu.

Sebagai contoh, kalau kamu membuka media sosial dan menemukan artikel menarik, kamu bisa membuka aplikasi browser untuk membaca artikel dengan aplikasi media sosial masih tetap terbuka.

Adanya fitur ini tentu akan sangat membantu penggunaan sistem operasi Android pada gawai sekelas tablet; yang memiliki bentang layar 7 s/d 8 inci. Bisa membuka dua aplikasi sekaligus akan sangat berguna untuk mereka yang terbiasa bekerja menggunakan tablet Android.

Fitur ini sebenarnya sudah tersedia pada Android M 6.0, namun disembunyikan sebab sifatnya yang masih eksperimental. Untuk menikmati fitur multiwindow pada Android M kamu akan butuh akses superuser pada smartphone-mu.

 

Desain Ulang Panel Notifikasi

the-vergenotification-panel

via theverge.com

Dalam Android N 7.0, Google mendesain ulang panel notifikasi agar tampil lebih powerful. Pada versi ini, panel notifikasi tampil lebih sederhana namun lebih padat informasi.

Melalui panel notifikasi baru yang didesain ulang, Google seperti ingin membuat tampilan Android menjadi semakin sederhana dan semakin memudahkan penggunanya.

Ada pula beberapa fitur baru pada panel notifikasi yang dapat membuat pengguna semakin nyaman. Sebelumnya di Android M kita hanya dapat memblokir notifikasi, namun sekarang di Android N ada 3 pilihan manajemen notifikasi yang bisa kamu gunakan.

Pengguna bisa membiarkan notifikasi datang seperti biasa, berbunyi dan/atau bergetar ketika ada notifikasi. Pada mode “Silently“, notifikasi tampil pada panel, namun tidak berbunyi dan/atau bergetar. Ada juga mode “Block” yang akan memblokir notifikasi sepenuhnya. Untuk mengaturnya, pengguna hanya perlu melakukan swipe halus untuk memunculkan ikon setting.

Dalam versi developer preview, pengguna juga dapat melakukan quick-reply dalam panel notifikasi Android N 7.0. Namun belum diketahui apakah aplikasi chat semacam BBM, Whatsapp, atau LINE nantinya akan mendukung fitur ini.

 

Fitur Fitur Lainnya

setting-dan-emergency

via androidauthority.com

Selain dua perubahan menonjol di atas, juga ada beberapa tambahan lain dalam versi developer preview Android N 7.0. Kita dapat menambahkan emergency info pada lockscreen dan beberapa perubahan tampilan pada menu “setting“. Google juga mengembalikan “night mode” yang akan mengubah latar belakang menjadi warna gelap.

Ada juga desas-desus yang mengatakan bahwa Android N nantinya tidak akan memiliki “Application Drawer“, sehingga semua aplikasi akan tampil di depan. Ini mungkin akan mengingatkan kamu pada smartphone Apple dengan iOS.

 

via androidauthority.com

via androidauthority.com

Selain fitur yang terlihat, di belakang layar pun Google mengoptimasi penggunaan baterai sistem operasi Android. Pada versi Android M, Google mengenalkan fungsi “Doze” yang akan membuat smartphone hibernasi ketika didiamkan dalam waktu yang lama.

Pada versi Android N, Google berencana untuk mengoptimasi fungsi Doze agar dapat langsung aktif ketika layar smartphone dimatikan. Ini tentunya akan lebih menghemat baterai.

 

Ingin Mencicipi Android N versi Developer Preview?

Pengguna smartphone selain merek besutan Google harus lebih bersabar untuk dapat mencicipi Android N 7.0. Sementara ini, versi developer preview hanya dapat diakses gawai besutan Google, yaitu: Nexus 5x, Nexus 6, Nexus 6p, Nexus 9, Nexus 9 LTE. Nexus Player, dan Google Pixel C

Pengguna gawai di atas baru bisa memperoleh akses developer preview jika tergabung ke dalam Android Beta Program. Untuk bergabung, kamu bisa langsung mengunjungi g.co/androidbeta.

 

Meski sudah ada versi developer preview, namun sampai saat ini Android N masih belum memiliki nama yang pasti. Sang CEO Google, Sundar Pichai, berencana melakukan pemilihan nama dengan cara voting online.

Banyak orang menebak (atau ingin) namanya diambil dari selai kacang coklat tersohor, Nutella. Versi final dari Android 7.0 ini nantinya akan diumumkan dalam gelaran Google I/O 2016 pada 18-20 Mei mendatang.

 


Featured image via tekhdecoded.com