Vivaldi, Browser Pendatang Baru dengan Fitur Segudang

Tidak bisa dipungkiri lagi, browser sudah menjadi aplikasi yang wajib ter-install di komputer pada era internet ini. Tanpa adanya browser, tentu saja kita tidak bisa mengakses website-website yang kita sukai.

Tapi untuk masalah browser, sekarang ini Google Chrome bisa dibilang merajai pasar browser internasional karena performanya yang tangguh dibalik kesederhanaannya. Ditambah, Google memiliki berbagai layanan, yang tentunya akan lebih kompatibel jika diakses via Google Chrome.

Jadi, masih pantaskah kita untuk melirik browser lainnya? Hmmm, jawabannya bisa iya bisa tidak sih. Kalau kamu suka mencari pengalaman baru, maka jawabannya iya. Tapi kalau semacam Firefox, Opera, atau UC Browser, mungkin kamu sudah pernah mencobanya. Lalu browser baru apa yang menarik untuk dicoba kira-kira?

Adalah Vivaldi, browser baru yang proses developing-nya dipimpin oleh Jón S. von Tetzchner mantan CEO Opera browser. Vivaldi browser memang baru, tetapi tidak bisa diremehkan begitu saja. Hal ini mengingat Jon sudah berpengalaman dalam dunia per-browser-an.

Dengan Tagline “An advanced browser made with the power user in mind. Finally you can surf your way.“, penulis tergelitik untuk mencoba browser ini. Pertama kali membuka Vivaldi, tampilannya yang modern, minimalis, dan elegan menjadi salah satu nilai jual tersendiri. Ditambah, tampilan Vivaldi dapat berbaur dengan tampilan “Metro UI” milik Windows.

 

tampilan vivaldi ketika pertama kali membuka aplikasinya.

Tampilan vivaldi ketika pertama kali membuka aplikasinya.

 

Masih masalah tampilan, Vivaldi punya fitur menarik lainnya yang bisa menyejukkan mata kamu ketika browsing. Kamu tahu kalau tampilan status bar bisa berbaur dengan warna dari aplikasinya? Status bar itu bagian paling atas dalam smartphone android atau iOS yang menampilkan informasi sinyal, jam, notification. Nah dalam Vivaldi, tab-tab yang kamu buka akan berperilaku seperti status bar dalam smartphone. Warna dari Tab akan berbaur dengan warna dari website yang kamu buka. Misalnya jika kamu membuka website Facebook, maka warna dari tab kamu akan menjadi biru tua seperti warna header website Facebook.

 

Tab bar yang berbaur dengan warna website

Tab bar yang berbaur dengan warna website.

 

Tab dalam Vivaldi  juga bisa diubah-ubah posisinya sesuai dengan keinginan kamu, baik di bawah, kanan, atau kiri (secara default tab bar tampil di atas). Untuk masalah fitur, Vivaldi memiliki beberapa fitur yang menarik untuk disimak dan mungkin bakal berguna untuk kamu sekalian. Beberapa fiturnya adalah:

 

Tab Stacking & Web Tiling

Untuk kamu yang suka mencari informasi di internet dan butuh membuka banyak tab, tidak perlu khawatir jadi kebingungan kalau kamu browsing menggunakan Vivaldi. Ada fitur Tab Stacking yang memungkinkan kamu menumpuk beberapa tab website di dalam satu tab saja. Jadi, tab yang muncul di browser kamu tidak menjadi semakin banyak dan menyebabkan kamu semakin sulit untuk mencari tab tertentu.

 

Fitur Tab Stacking atau Tab Grouping, agar membuka banyak Tab tidak menjadi berantakan

Fitur Tab Stacking atau Tab Grouping, agar membuka banyak Tab tidak menjadi berantakan (garis di atas tab adalah tab stack)

 

Selain fitur tab stacking, ada juga fitur web tiling. Fitur ini memungkinkan kamu membuka beberapa website sekaligus di dalam satu tab, dengan lebar tampilan yang lebih kecil-kecil tentunya. Buat kamu yang tidak mau repot-repot membuka tab satu per satu, fitur ini akan sangat berguna.

 

Fitur Web Tilling pada Vivaldi.

Fitur Web Tilling pada Vivaldi dapat menampilkan beberapa website sekaligus.

 

Quick Commands

Kalau kamu orangnya keyboard banget, (alias malas jika harus bernavigasi dengan mouse dan keyboard) maka fitur ini bakal sangat memudahkan kehidupan browsing kamu. Fitur ini memungkinkan kamu melakukan berbagai macam kegiatan hanya dengan menggunakan keyboard. Beberapa quick commands yang sudah penulis coba adalah: search sesuatu di Google, membuka website, dan membuka berbagai setting dalam Vivaldi. Untuk menggunakan fitur ini kamu cukup menekan Ctrl + Q, lalu masukkan perintah yang kamu inginkan.

 

Fitur Quick Command, jadi mudah buka website pada new tab

Fitur Quick Command, jadi mudah buka website pada new tab

 

Saat ini Vivaldi masih dalam fase Technical Preview, jadi beberapa fitur masih belum berjalan, seperti fitur e-mail yang masih belum tersedia. Kalau kamu penasaran, kamu bisa langsung mampir ke website Vivaldi yaitu vivaldi.com. Nah disitu kamu bisa lihat-lihat terlebih dahulu dan mengenal Vivaldi lebih dekat. Kalau kamu tertarik bisa langsung diunduh saja tentunya.