10 Cara Menjadi Superhero di Kantor

via careeraddict.com

Saat kamu kecil pasti ada waktu ketika kamu suka menghabiskan waktu untuk menonton acara anak-anak di televisi. Hampir semua acara anak-anak kala itu punya tokoh utama yang membuatmu terinspirasi membela kebenaran. Sebutlah contohnya Power Ranger atau Justice League. Saat itu kamu pasti ingin jadi mereka dan berebutan dengan teman untuk menjadi pahlawan yang mana. “Aku Ranger merah, kamu Ranger apa?” atau “Kamu aja yang jadi Robin, aku sukanya Batman!” Kalau kamu tidak pernah merasakan situasi itu di masa kecil, hampir bisa dipastikan masa kecil kamu kurang bahagia.

Suka atau tidak, banyak dari orang dewasa yang masih belum move on dari ketertarikan pada superhero di masa kecil. Minimal, mereka akan mengumpulkan action figure superhero untuk mengenang masa kecil itu atau nonton lagi acara-acara televisi di masa kecil. Sebagian yang masih berusaha menjadi superhero bahkan bergabung bersama komunitas pecinta superhero atau pecinta cosplay. Mereka yang melakukan itu betul-betul terobsesi untuk tampil mirip seperti jagoan yang mereka impikan.

Sebetulnya apa makna superhero? Apakah ia harus memakai pakaian keren dan punya kekuatan super? Nyoozee rasa tidak. Superhero adalah seseorang yang tanpa pamrih membantu sesama dengan kemampuan mereka sendiri. Makanya, daripada repot-repot pakai kostum sambil wara-wiri ditonton orang, lebih baik kamu lakukan hal-hal berikut ini di kantor. Karena di tengah peradaban yang menganggap share informasi sudah banyak membantu seperti ini, hal-hal konkret yang sepele pun bisa jadi super.

 

Membawakan Camilan Saat Rapat

by Rockaroni & Cheese via youtube.com

by Rockaroni & Cheese via youtube.com

Memang di dalam dunia perkantoran, ada rapat serius yang tidak memungkinkan kita untuk ngemil. Tapi ada juga rapat santai yang memperbolehkan. Jika kesempatan rapat semacam itu ada, maka sekali-kali boleh kamu coba membawa sebungkus biskuit atau wafer. Pastilah ada kawanmu yang sangat tertolong karena kebetulan dia belum sempat makan.

 

Menyimpankan Barang yang Ketinggalan

Suatu malam kamu orang terakhir yang pulang di kantor. Seketika kamu melihat di meja sebelah ada barang penting milik kawanmu. Jadilah superhero dengan memberitahukan pada kawanmu bahwa ada barang miliknya tertinggal di kantor. Jangan lupa untuk menaruhnya di tempat yang aman seperti laci mejanya.

 

Meminjamkan Ketika Teman Lupa Bawa Uang

via ashargroup.com

via ashargroup.com

Yang namanya manusia, pasti pernah khilaf. Salah satu bentuk kekhilafan manusiawi adalah kelupaan membawa dompet saat ke kantor. Padahal orang itu tidak pernah meletakkan uang selain di dompet. Jika itu terjadi pada salah seorang kawanmu, maka tawarkan padanya sedikit pinjaman. Ya, paling tidak, uangnya cukup untuk makan siang dan ongkos pulang.

 

Mengerjakan Tugas Teman Saat Ia dalam Keadaan Darurat

Tiba-tiba saja kawan satu divisimu di kantor mendapat kabar bahwa seorang anggota keluarganya terkena musibah. Berita itu mengharuskannya untuk segera menuju rumah sakit. Sebelum dia berangkat, cobalah tanyakan padanya apakah ada pekerjaan yang bisa dibantu olehmu.

Meski hanya hal kecil seperti mencetak laporan, mem-fotocopy berkas, atau mengetikkan data-data, bisa jadi itu sudah sangat membantu. Meski artinya kamu harus lembur mengerjakannya, secara tidak langsung kamu sudah menjadi superhero untuknya.

 

Menawarkan Tumpangan Pulang

via walldevil.com

via walldevil.com

Katakanlah kamu dan seorang teman lembur hingga larut malam. Meski pekerjaan itu terselesaikan dengan lancar, kamu khawatir saat melihat jam. Sudah terlalu larut untuk naik angkutan umum. Kalaupun dapat angkutan, bisa jadi rawan perbuatan kriminal karena angkutan itu sepi.

Tawarkanlah padanya tumpangan pulang. Kalau satu arah, lebih baik lagi mengantarnya sampai rumah. Percayalah sikap ini bukan sok jagoan, melainkan perbuatan jagoan betulan.

 

Mengingatkan Jika Esok Hari Ada Rapat

Kadang seseorang bisa lupa bahwa pagi hari ada rapat penting. Ia baru ingat satu jam sebelum rapat itu dimulai. Padahal ia baru saja bangun tidur. Bukannya tepat waktu, ia justru terlambat datang karena jalanan begitu macet. Dimarahilah ia oleh atasan dan orang-orang yang ikut rapat, termasuk kamu.

Untuk mengurangi kejadian itu, alangkah mulianya kamu mengingatkan orang itu pada hari sebelumnya. Sungguh mengingatkan orang untuk rapat adalah perbuatan superhero. Meski orang tidak ada yang memujimu secara langsung untuk perbuatan itu, tapi dalam hatinya mereka mungkin tetap berterima kasih.

 

Menawarkan Diri untuk Siapapun yang Ingin Titip Makanan

by Brian Wingrove via flickr.com

by Brian Wingrove via flickr.com

Hujan masih turun saat jam makan siang. Padahal kamu dan beberapa teman sudah merencanakan untuk makan siang bersama. Kalian tidak mungkin makan di kantin dalam gedung karena harganya yang tidak masuk akal.

Tiba-tiba kamu teringat bahwa dari rumah kamu sudah dibekalkan sebuah payung oleh ibumu. Inilah kesempatanmu untuk menjadi superhero di tengah mereka. Berdirilah tegak dan berikan pernyataan di depan mereka, “Ada yang mau titip makan?”

 

Membantu Mencarikan Benda yang Hilang di Kantor

Kehilangan barang di kantor itu menyebalkan. Kunci kendaraan, misalnya. Seorang kawan sibuk mencarinya saat jam pulang. Orang lain tidak peduli karena takut kemalaman sampai rumah.

Untuk seorang superhero, yang merelakan waktu demi membantu sesama, hal seperti ini sangat dibutuhkan. Biasakanlah untuk peduli pada masalah kecil orang lain yang tampak membutuhkan uluran tangan. Bantu cari atau setidaknya bantu tanyakan pada petugas kebersihan kantor.

 

Mencuci Gelas Kotor

via tsukinomilkshake.deviantart.com

via tsukinomilkshake.deviantart.com

Pernah merasa kesal karena kawanmu enggan mencuci gelas yang habis dipakai? Daripada komplain padanya dan membuat suasana kantor jadi keruh, kenapa kamu tidak datang pagi dan mencuci gelasnya? Ya, mungkin kamu malas melakukannya sebab barangkali di kantormu ada seorang office boy yang berkewajiban mencucinya.

Tapi percayalah, tidak ada yang buruk dalam mencuci gelas orang lain. Justru Nyoozee jamin kamu akan merasa lebih lega karena meringankan tugas orang lain.  Itu adalah satu bentuk kepahlawanan tersendiri.

 

Mengisi Ulang Tinta Spidol Sebelum/di Tengah Rapat

Memangnya bisa menjadi superhero hanya dengan mengisi ulang tinta spidol? Tentu saja bisa. Perbuatan remeh semacam itu biasanya diabaikan oleh teman-teman kantor lainnya. Akan ada waktu di mana tinta itu habis dan ia dibiarkan kosong sehingga spidol menumpuk di tempatnya. Daripada memenuhi tempat atau dibuang begitu saja, lebih baik kamu isi ulang. Semua supaya kamu dan teman-teman kantor tidak kerepotan ketika kehabisan tinta spidol saat rapat.

 


Featured image via careeradict.com