4 Penyakit Serius pada Karyawan Ini Sering Diabaikan


penyakit serius pada karyawan
via money.howstuffworks.com

Malam sudah larut tapi kamu masih duduk diam di depan laptop demi mengejar deadline? Kamu nggak sendirian. Data BPS provinsi DKI Jakarta menunjukkan bahwa ada lebih dari 4,37 juta orang yang sama denganmu: bekerja 35 jam lebih per minggu, dan sebagian besarnya adalah pekerja kantoran. Jumlah karyawan workaholic ini terus meningkat seiring waktu.

Biarpun jam kerjamu rendah ataupun tinggi, ingat untuk tetap menjaga kesehatan ya. Penyakit serius pada karyawan bisa bermula dari gejala-gejala di bawah ini lho.

 

1. Sakit Punggung

Ini adalah gejala yang paling umum dialami karyawan yang terlalu serius bekerja. Ketika terlalu fokus bekerja, kamu bisa berada dalam posisi duduk statis yang terlalu lama, tidak melakukan banyak aktivitas otot, dan jadi jarang berolahraga. Ini bisa menyebabkan sakit punggung. Sakit punggung juga sangat mungkin disebabkan oleh stres.

Meski sepertinya biasa saja, sakit punggung adalah hal yang sangat membahayakan. Ketika kamu mulai merasa nyeri, sebenarnya saat itu ototmu sedang dalam kondisi tegang dan kejang. Aliran darah jadi tidak bisa membawa oksigen ke otot. Akibatnya, otot akan terasa semakin sakit dan terganggu.

Sakit punggung juga sangat berhubungan dengan aktivitas tulang belakang. Postur tubuh yang buruk dan salah ketika bekerja bisa menyebabkan lengkung tulang belakang tidak berada dalam keadaan sebagaimana mestinya. Tidak main-main, dalam kondisi ekstrem, ini bisa menyebabkan kelumpuhan lho.

Jika kamu merasakan sakit punggung, jangan istirahat total secara ekstrem selama lebih dari 2 hari. Penting bagi otot punggungmu untuk aktif secara seimbang, misalnya dengan olahraga, berjalan, ataupun berenang. Bergeraklah agar otot dan tulang punggungmu terlatih dan tak mudah kaku.

2. Rasa Kaku dan Nyeri di Pundak dan Leher

sakit leher penyakit serius pada karyawan

via chiro-trust.org

Sering merasa nyeri di pundak dan leher? Jangan main-main. Nyeri otot adalah gejala kelelahan kronis dan kram otot. Otot yang terlalu tegang di bagian leher pun bisa jadi menunjukkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuhmu.

Untuk mengatasi nyeri ini, cobalah menggerak-gerakkan lengan ke atas dan bawah. Lakukan stretching sederhana setiap pagi atau di jam istirahat makan siang, selama 15-20 menit.

Ingat juga untuk periksa ke dokter, terutama jika kamu adalah pelanggan setia restoran junkfood. Memang sih makanan ini mudah untuk dipesan antar ketika kamu sedang lembur, tapi kamu pasti tahu kan kalau jenis makanan ini tidak sehat? Kadar minyak dari makanan-makanan tersebut berkontribusi pada kesehatanmu, dan juga naiknya berat badanmu.

 

3. Sakit Kepala

Deadline yang terlambat, klien yang galak, vendor yang menyebalkan; semua ini bisa saja menjadi penyebab sakit kepala. Posisi duduk yang tidak benar dan mata yang kelelahan karena terlalu banyak menatap komputer pun bisa menjadi penyebabnya.

Gejala-gejala ini mungkin saja bersifat sangat sementara dan mudah hilang, tapi jangan sekali-kali kamu anggap remeh. Jangan tunggu sampai penyebab yang lebih kronis membuat kepalamu jadi cenat-cenut tidak karuan!

 

4. Nyeri Bantalan Ibu Jari

Sepertinya kamu hampir pasti sudah tahu mengapa ibu jarimu mungkin sakit ketika ditekuk, apalagi setelah kamu mengetik keypad handphone-mu secara intens. Jika kamu merasa sakit di bantalan ibu jari atau pangkal telapak tangan setelah banyak mengetik, bisa jadi ini adalah sesuatu yang serius.

Jika kamu mengalami ini, coba cari titik-titik tegangnya dan pijit perlahan. Lenturkan juga telapak tanganmu yang mungkin kaku karena terlalu banyak menggenggam handphone. Caranya, tekuk ke luar dan ke dalam pelan-pelan.

Kamu bisa juga meletakkan handuk kecil yang dibasahi dengan air hangat, dan tekankan pelan-pelan di bagian tangan yang sakit. Mudah untuk dilakukan di sela-sela pekerjaan kantor kan?

Untuk mencegah gejala menjadi lebih parah, kurangi juga penggunaan alat elektronik, baik handphone atau komputer, dalam jangka waktu yang terlalu lama.

 

5. Insomnia

Orang yang punya gejala insomnia akan mudah kesal di siang hari. Ia bisa jadi cranky, mudah stres, gelisah, terlalu mengantuk, dan pastinya kurang konsentrasi dalam bekerja. Untuk yang satu ini, jangan sampai lalai mengenali gejalanya. Banyak efek buruk yang bisa timbul lho, mulai dari gangguan jantung, diabetes, sampai depresi yang mendalam.

Jika kamu merasa gangguan tidurmu sudah terlalu parah dan mengganggu hidupmu, segera periksakan dirimu ke dokter, psikolog, atau terapis tidur ya.

 

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala penyakit serius pada karyawan di atas. Pekerjaanmu memang penting, tapi tubuh yang sakit sungguh-sungguh akan mengacaukan ritme kerjamu juga. Jadi, perhatikan baik-baik kesehatanmu. Olahraga yang cukup dan makan yang sehat yuk!

 


featured image via money.howstuffworks.com