Usir Rasa Kantuk di Kantor Dengan 5 Cara Ini

Ada kalanya ketika pekerjaan menumpuk di kantor, kantuk justru datang menyerang bertubi-tubi. Jika hal itu terjadi, apapun yang kita lakukan jadi serba salah. Mau kerja tapi kantuk menyebabkan sulit berkonsentrasi, mau tidur pun tidak bisa karena takut kena damprat bos atau memang karena deadline sudah begitu mepet waktunya.

Meski begitu kamu bisa kok mengusir pergi rasa kantuk yang suka datang ketika harusnya menyelesaikan pekerjaan seperti itu. Bagi kamu yang juga sering merasakan hal tersebut, kamu bisa lakukan 5 cara mengusir kantuk di kantor berikut:

 

Cari Angin

Jalan-jalan supaya nggak ngantuk. via uhospitals.org

Jalan-jalan supaya nggak ngantuk – via uhospitals.org

Salah satu cara mengusir kantuk di kantor misalnya dengan jalan-jalan cari angin sebentar. Cari angin di sini tentu bukan dengan mencari kipas angin, mendatanginya, lalu menikmati hembusan angin langsung ke muka. Kena terpaan angin seperti itu malah bisa bikin kamu tambah mengantuk.

Maksudnya cari angin adalah jalan menggerakkan tubuh. Entah sekadar ke toilet, warung, atau ke ruang terbuka hijau di dekat kantor. Dengan mengganti suasana sebentar serta membuat tubuh aktif bergerak dapat menjadikan tubuh kembali segar. Kamu siap kembali berkutat dengan tugas-tugas.

Selain itu, paparan sinar matahari akan membantumu kembali bangun karena mampu menghilangkan hormon penyebab kantuk, yaitu hormon melatonin.

 

Melakukan Aktivitas Lain

Ati-ati ketawan main game di jam kerja sama si bos. sickchirpse.com

Awas tertangkap basah main game di jam kerja sama si bos – via sickchirpse.com

Cara mengusir kantuk di kantor lainnya adalah dengan beristirahat sejenak dari pekerjaan dan melakukan kegiatan lain. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti olahraga-olahraga kecil, atau bisa juga main game mobile.

Namun hati-hati jika kamu memilih mengusir kantuk dengan cara bermain game. Khawatir bos melihat, lalu kena omel karena kamu dianggap melakukan kegiatan yang tidak produktif.

 

Cuci Muka

Biar seger lagi coy! via huffingtonpost.com

Biar kembali segar, brosis! via huffingtonpost.com

Mencuci muka merupakan cara klasik yang diketahui ampuh menghilangkan kantuk. Hal ini akan membuatmu segar dan siap untuk kembali mengerjakan pekerjaan.

Namun pastikan untuk gunakan air dingin untuk membasuh mukamu. Sebab air hangat malah bisa membuatmu semakin mengantuk. Jika perlu gunakan air es agar agar bisa seketika kembali segar.

 

Makan Camilan

Selain bikin melek, juga mengganjal perut yang kadang lapar di sore hari. via bakeryandsnacks.com

Selain bikin melek, juga ampuh mengganjal lapar di sore hari – via bakeryandsnacks.com

Ketika rasa kantuk menyerang, makan camilan bisa jadi alternatif cara mengusir kantuk di kantor. Makan kudapan manis atau kudapan sehat akan memberimu energi serta mengusir pergi rasa kantuk.

Kamu juga bisa beli permen karet sebagai alternatif lain dari kudapan manis atau kudapan sehat. Selain murah meriah, kegiatan mengunyah permen karet bisa membuatmu bangun dan membantu kembali fokus.

 

Ganti Musikmu

Lagunya ena-ena ya mbak? via psychologies.co.uk

Lagunya ena-ena ya, mbak? – via psychologies.co.uk

Musik juga bisa jadi alternatif cara mengusir kantuk di kantor. Supaya kantuk hilang, hindari membuat playlist dari lagu-lagu klasik atau balada cinta-cintaan. Mendengarkan musik seperti itu justu bisa membuatmu tambah mengantuk, plus gundah gulana.

Mainkan musik-musik bising bertempo cepat agar jadi bangun lagi dan semangat lagi. Pilihannya bisa musik bergenre metalrockEDM, musik-musik aneh, atau mungkin musik yang iramanya tak enak. Setelah beberapa lagu, dijamin deh langsung jadi melek lagi; entah karena semangat atau terganggu dengan nada-nada sumbang.

 

 


featured image via sunsigns.com