Sedang Malas Di Kantor? Lakukan 6 Hal Ini Agar Terlihat Sibuk!

Mager kerja ah

Ketika malas di kantor melakukan apapun jadi terasa serba salah. Harusnya kerja tapi suasana nggak sreg untuk kerja. Mau bersantai-santai, tapi takut kena tegur atau omel bos. Dalam keadaan seperti ini sebenarnya ada beberapa cara supaya kamu tetap terlihat sibuk. Contohnya seperti berikut:

 

1. Rencanakan Pekerjaanmu

Bikin to-do list jangan kaya gini. via hubpages.com

Bikin to-do list jangan kaya gini – via hubpages.com

Mau kamu mengeluh atau bermalas-malasan seperti apapun, pekerjaan akan tetap ada dan menunggu untuk dibereskan. Karenanya jika sedang malas, kamu boleh kok istirahat sejenak sambil merencanakan melakukan pekerjaan.

Buat rencana pekerjaan dalam bentuk to-do-list. Isinya segala macam tugas yang perlu kamu kerjakan, kalau perlu lengkapi juga dengan perkiraan durasinya. Walau tidak membereskan tugas secara nyata, kamu bisa tetap terlihat sibuk. Keuntungan lainnya, pekerjaanmu selanjutnya akan lebih terencana dan mudah-mudahaan taat waktu.

 

2. Evaluasi Waktu Yang Terpakai

Evaluasi diri sendiri agar jadi lebih produktif. via brodskyresearch.com

Evaluasi diri sendiri agar jadi lebih produktif – via brodskyresearch.com

Selain membuat rencana kerja, mengevaluasi waktu yang telah terpakai bisa jadi kegiatan lain yang dilakukan ketika malas di kantor. Kamu bisa tulis pada secarik kertas berisi perkiraan waktu yang terbuang selama kamu malas-malasan

Dengan melakukan ini, siapa tahu kamu jadi semangat kerja lagi. Apalagi misalnya sesudah menghitung kembali waktu yang kamu buang, kamu tersadarkan pernah bengong sambil lihat-lihat video lucu di Youtube selama 2 jam lebih. Selain bisa tetap terlihat sibuk, kamu juga bisa memetik hikmah: jangan lagi menyia-nyiakan waktu.

 

3. Baca E-Book

Baca buku biar jadi lebih pinter. via envato.com

Baca buku biar jadi lebih pinter. via envato.com

Ketika sedang malas di kantor, alternatif lain supaya terlihat sibuk adalah dengan baca E-Book. Nyoozee tidak mewajibkan kamu baca buku teks kuliah atau buku yang berat-berat. Baca E-Book novel menye-menye pun sah-sah saja.

Dengan melakukan hal ini kamu tetap terlihat sibuk di hadapan bos. Manfaat lain membaca selain dapat melepas penat di sela-sela waktu bekerja, kamu juga bisa menambah ilmu atau perspektif baru.

 

4. Buka Aplikasi-Aplikasi Untuk Kerja

Bukain semua aplikasi office biar keliatan kerja. via windowscentral.com

Buka semua aplikasi office biar terlihat sibuk bekerja – via windowscentral.com

Cara terlihat sibuk lainnya adalah dengan membuka aplikasi-aplikasi yang biasa kamu gunakan dalam pekerjaanmu. Hal ini bisa jadi salah satu cara agar membuatmu kelihatan sibuk.

Kamu bisa pura-pura memelototi  Microsoft Office atau browser penuh dengan tab. Dengan begitu kamu bisa lanjut melepas penat melakukan hal-hal yang menghibur di komputermu, namun tetap seolah-olah sibuk banget.

 

5. Mondar-Mandir

Ngakunya ke toilet, padahal lagi males kerja aja. via telegraph.co.uk

Ngakunya ke toilet, padahal lagi malas kerja aja – via telegraph.co.uk

Jika malasmu sudah keterlaluan, mondar-mandir bisa jadi salah satu cara terlihat sibuk ketika sedang malas di kantor. Walapun sebenarnya kamu tak melakukan hal-hal yang produktif, tetapi di hadapan orang-orang kamu bisa terlihat begitu sibuk.

Kamu bisa bolak-balik ambil air minum, menelpon, mampir ke meja kerja teman, mengobrol dengan bos atau bahkan mondar-mandir ke kamar mandi. Jadi meskipun sebenarnya tidak mengerjakan apapun, kamu masih terlihat sibuk.

 

6. Buat Layar Tipuan

Nih contoh tangkapan layar yang dijadiin wallpaper biar keliatan kerja. via digiwonk.wonderhowto.com

Nih contoh tangkapan layar yang dijadiin wallpaper biar keliatan kerja. via digiwonk.wonderhowto.com

Alternatif cara terlihat sibuk lainnya adalah dengan membuat sebuah layar tipuan. Ketika sedang sibuk-sibuknya pada komputermu, buatlah tangkapan layar komputermu. Setelah itu buat tangkapan layar tersebut jadi wallpaper desktop komputer.

Jangan lupa sembunyikan ikon shortcut yang ada di desktop dan jangan tangkap jendela aplikasi yang ada tanggalnya. Setelah itu kamu bisa main game, nonton video di YouTube, atau melihat meme yang lucu-lucu ketika sedang malas di kantor.

Ada si bos muncul? Cukup tekan shortcut tombol windows + D, maka sistem operasi akan membawa layar kembali ke desktop lalu memunculkan tipuan seolah kamu sedang kerja.

 


featured image via madten.com