6 Hal Kecil Ini Bisa Membantumu Tetap Merasa Bersih di Kantor

via www.businessinsider.com.au

Berangkat ke kantor, berhadapan dengan debu dan asap kendaraan ibu kota, mungkin akan membuatmu merasa kotor dan tidak nyaman. Ketika sudah sampai, tentu kamu ingin merasa aman dan bersih di kantor. Walaupun tidak bisa mandi juga, tapi setidaknya kamu bisa melakukan hal-hal ini untuk tetap merasa bersih di kantor.

 

1. Cuci Tangan

via www.cdc.gov

via www.cdc.gov

Setiba di kantor, segera cuci tangan kamu. Dengan begitu, asap kendaraan dan debu yang menempel di tanganmu tidak akan menyebar ke perangkat kantormu. Cuci tangan dengan sabun ya, agar bisa efektif mengangkat kuman dan kotoran yang menempel di tanganmu.

Mencuci tangan akan membuatmu merasa lebih bersih dan nyaman. Kotoran yang ada di tanganmu setelah membuka pintu, berpegangan di dalam bis, mengikat tali sepatu, dan kegiatan lainnya akan tersapu pergi dengan mencuci tangan. Ingat juga untuk mencuci tangan setelah ke kamar mandi serta sebelum dan sesudah makan.

 

2. Gunakan Gel Pembersih Tangan atau Hand Sanitizer

via www.everescents.com.au

via www.everescents.com.au

Kalau harus mencuci tangan saat jam kerja menurutmu menyusahkan, atau tanganmu dirasa tidak sekotor itu, ada alternatif lain yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan gel pembersih tangan atau hand sanitizer untuk membersihkan tanganmu.

Kamu bisa siap sedia gel pembersih tangan di dalam tas. Bisa juga kamu siapkan gel pembersih tangan dan letakkan di meja kerjamu kalau takut tertinggal di rumah. Dengan begitu kamu tidak perlu bolak-balik mencuci tangan kalau tanganmu terasa lengket, kotor, atau tidak nyaman.

Keberadaan gel pembersih tangan juga bisa membantu kalau ada bau kurang mengenakkan dari teman kerja di dekatmu. Kamu bisa pura-pura menggunakan gel pembersih ini. Tentu ini akan terasa lebih tidak menyinggung daripada kamu tiba-tiba menyemprotkan parfum atau pewangi ruangan.

 

3. Jauhi Pernak-pernik Meja

via wrenegadepress.com

via wrenegadepress.com

Biarpun bisa membuatmu lebih semangat kerja, pernak-pernik meja bisa menjadi sarang debu. Boneka kecil, foto keluarga, jam duduk, vas bunga plastik, kalender duduk, dan lain sebagainya bisa membuat mejamu terkesan penuh dan berantakan.

Kalau kamu menginginkan kesan bersih dan rapi, ada baiknya kamu menjaga jumlah barang yang ada di atas meja kerjamu. Tempatkan pernak-pernik secukupnya saja. Kalau tetap ingin memajang banyak pernak-pernik, ya berarti kamu harus rajin membersihkan juga kalau tidak ingin mereka terbungkus debu.

 

4. Jaga Kebersihan Ruangan dan Peralatan Kerja

bersih di kantor

via tcccanada.com

Kalau kamu bekerja di dalam kubikel, ada baiknya kamu menjaga kebersihan alat dan tempat yang kamu gunakan. Kalau menggunakan komputer, bersihkan terutama bagian keyboard kamu secara berkala. Tentu tidak nyaman juga kan, mengetik dengan papan ketik yang terkesan mengganjal atau lengket.

Selain komputer, jaga juga kebersihan kubikel atau tempatmu bekerja. Bersihkan meja dan lantai tempatmu bekerja kalau menurutmu pekerjaan petugas kebersihan belum cukup. Kalau di tempatmu tidak ada petugas kebersihan, tentu bersih-bersih ini pun menjadi tanggung jawabmu.

Kalau tempat kerjamu tidak terdiri dari kubikel, menjaga kebersihan mungkin jadi akan sedikit sulit. Ini terutama kalau tidak ada jadwal piket kebersihan yang jelas. Meski begitu, kalau kamu merasa perlu membersihkan tempatmu bekerja, ya bersihkan saja. Apalagi kalau kantor masih sepi, lumayan bisa sapu-sapu sambil nyanyi-nyanyi.

 

5. Bawa Makanan dari Rumah

via www.thekitchn.com

via www.thekitchn.com

Peralatan makan yang tersedia di kantor terkadang kurang terjamin kebersihannya. Kalau kamu ingin merasa lebih yakin dengan peralatan yang kamu gunakan, bawa saja dari rumah. Setelah kamu gunakan, bawa pulang lagi dan cuci di rumah.

Kalau mau lebih merasa aman lagi, bawa juga makananmu dari rumah. Dengan begitu kamu tidak perlu makan di warteg atau tempat-tempat lain yang kurang terjamin kebersihannya. Bawa bekal dari rumah punya banyak keuntungan lho.

 

6. Jangan Makan di Meja Kerja

via www.entrepreneur.com

via www.entrepreneur.com

Jangan biasakan makan di meja kerja. Tentu kamu tidak ingin sisa-sisa makananmu bertebaran di atas meja. Belum lagi kalau ada yang tumpah dan kena komputer atau dokumen penting. Bisa gawat itu.

Selain itu, makanan yang kamu makan di ruanganmu bisa membuatmu kurang konsentrasi saat bekerja. Aroma masakan bisa juga menimbulkan kesan kurang bersih dan higienis. Apalagi kalau makanan yang tertinggal membusuk atau berjamur. Aromanya bisa menyeruak ke mana-mana.

Kalau sudah terlanjur, kamu bisa sih menggunakan pengharum ruangan. Tapi kalau ternyata aroma makananmu terlalu kuat dan bercampur dengan pengharum ruangan yang sama kuatnya, bisa jadi kamu malah jadi mual.

 

Nah, bersih di kantor itu tidak sulit kok. Coba deh lakukan 6 hal kecil di atas. Siapa tahu kamu jadi merasa lebih nyaman saat bekerja.

 


featured image via www.businessinsider.com.au