6 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Cerdas

 

Sadarkah kamu kalau digunakan secara bertanggung jawab, kartu kredit bisa jadi menguntungkan. Banyak hal yang bisa kita dapatkan, mulai dari penawaran diskon, cash reward, penukaran poin dengan hadiah-hadiah menarik, dan promo lainnya.  Tapi, jika kita tidak mengendalikan pengeluaran kartu kredit maka pembayaran bulanan dan akumulasi bunga bisa menjadi masalah besar. Beberapa tips ini mungkin bisa membantu kamu menggunakan kartu kredit dengan lebih baik!

1. Lunasi Tagihan Tepat Waktu

Melunasi tagihan kartu kredit tepat waktu akan menghindarkan kita dari biaya keterlambatan dan pengenaan bunga denda. Jangan tergoda untuk membelanjakan lebih dari yang mampu kita bayar tiap bulannya. Jika kita memiliki catatan pembayaran yang baik, maka nilai kredit kita juga meningkat sehingga memungkinkan kita untuk melakukan beberapa negosiasi dengan pihak Bank.

2. Bayarlah Lebih Dari Pembayaran Minimum

Jika kita memang belum bisa melunasi tagihan secara penuh, cobalah untuk membayar sebanyak mungkin yang kita bisa. Seiring waktu, jumlah yang harus kita bayarkan untuk beban bunga menjadi lebih sedikit dengan demikian kita akan mampu melunasi tagihan lebih cepat.

3. Jangan Pernah Mangkir Membayar Tagihan 

Bayarlah tagihan kita setiap bulan, bahkan jika kita hanya mampu membayar pembayaran minimum. Jika kita mangkir dalam melakukan pembayaran tagihan maka kita akan dikenakan biaya keterlambatan, pengenaan bunga yang lebih tinggi dan tanda negatif pada nilai kredit kita. Ingatlah jika selama ini kita melakukan pembayaran dengan baik maka kita bisa melakukan negosiasi dengan pihak Bank. Hubungi mereka, jelaskan situasi kita, dan apakah memang memungkinkan jika kita tidak dikenakan biaya keterlambatan.

 

Just paid off my credit card!

 

4. Gunakan Kartu Untuk Belanja Kebutuhan Bukan Keinginan

Belanjakan kartu kredit secara bijaksana karena pembelian yang sembrono bisa menyebabkan hutang. Jika kita tidak mampu membeli benda yang kita inginkan hari ini, kemungkinan besar kita tidak akan mampu membelinya besok, atau bahkan bulan depan. Walaupun demikian kartu kredit dapat digunakan dalam situasi darurat. Perlalukan penggunaan ini sebagai pinjaman sementara dan segera lunasi untuk menghindari akumulasi beban bunga.

5.  Hindari Penggunaan Untuk Belanja Sehari-hari

Ada kalanya kita menggunakan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai dan kemudian lupa berapa banyak sebenarnya uang tunai yang kita miliki, akhirnya kita malah terjerumus dalam hutang kartu kredit. Jika kita memiliki kecenderungan demikian, lebih baik gunakan uang tunai atau kartu debit saat berbelanja.

6. Gunakan Kartu yang Memberikan Reward Menguntungkan

Jika kita sering menggunakan kartu kredit untuk belanja harian, pastikan untuk menggunakan kartu yang memberikan reward menguntungkan. Ada beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan kartu kredit tertentu, cari tahu dan nikmati keuntungannya!

 

Image via : femalemag.com.my and gifsec.com