Tips Agar Kamu Tidak Kesulitan Belajar Bahasa Asing


via blog.ted.com

Menguasai bahasa asing adalah salah satu kemampuan yang seolah wajib dimiliki di era seperti ini, khususnya Bahasa Inggris. Terlebih lagi sejak MEA diberlakukan, kita jadi tahu betapa pentingnya penggunaan bahasa asing ini dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Di masa mendatang, tidak menutup kemungkinan lho bahwa kita dituntut untuk menguasi lebih dari satu bahasa asing. Maka dari itu, kita tampaknya perlu bersiap untuk belajar bahasa asing yang berbeda sekaligus.

Tertarik untuk mulai melakukannya? Atau punya bucket list yang salah satu isinya adalah belajar bahasa asing satu atau dua sekaligus? Jangan ragu untuk merealisasikannya. Meski memang tergolong cukup sulit, tapi bukan berarti kamu tidak bisa lho. Sebab, kenyataannya kamu bisa kok belajar bahasa asing dua atau tiga sekaligus tanpa kesulitan dengan tips dari Nyoozee berikut:

 

1. Berbagi Ilmu yang Telah Dipelajari

via nytimes.com

via nytimes.com

Kamu bisa lho membuat proses belajar bahasa asing menjadi lebih mudah dan lebih cepat dengan cara sederhana yaitu berbagi. Tidak perlu menunggu untuk jadi mahir saat melakukan hal ini. Juga, tidak perlu takut dibilang sok tahu. Coba mulai berbagi bahasa asing yang telah kamu pelajari kepada teman atau anggota keluargamu. Bingung mulai melakukannya darimana?

Contoh paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperkenalkan hitungan atau angka dalam bahasa tertentu kepada mereka. Coba perkenalkan hitungan mulai dari satu sampai sepuluh dalam beberapa bahasa asing yang kamu pelajari. Bisa dari bahasa Inggris, Italia, Perancis, Mandarin, Jepang, atau mungkin bahasa Rumania.

Selain angka, kamu juga bisa memperkenalkan bahasa-bahasa tersebut melalui ucapan selamat pagi, selamat siang, selamat malam, selamat datang, atau selamat tinggal. Wawasan mereka terhadap bahasa lain akan bertambah dan daya ingat atas pembelajaran bahasa asing yang kamu dapatkan pun akan meningkat.

 

2. Pelajari Sejarahnya Juga

via ncl.ac.uk

via ncl.ac.uk

Bagi sebagian orang yang senang dengan proses analisis, belajar bahasa asing akan lebih mudah ketika mempelajari sejarah dari bangsa tersebut. Teknik ini akan efektif untuk digunakan, bila kamu mempelajari dua atau tiga bahasa sekaligus.

Misalnya bahasa Belanda, Italia, Spanyol, dan Jerman sekaligus. Negara-negara tersebut punya beberapa kata yang memiliki kemiripan bahasa, mulai dari penulisan, definisi dan pengucapannya. Kemiripan tersebut berkaitan dengan latar belakang sejarah yang dialami masing-masing negara, yang kemudian berimplikasi terhadap perkembangan kata-kata dalam bahasa mereka masing-masing.

 

3. Dimulai dari Satu Kalimat

via linguadiversa.co.uk

via linguadiversa.co.uk

Meski tergolong agak sulit, tapi cara belajar bahasa asing seperti ini akan efektif bagimu. Cobalah menuliskan satu kalimat positif dalam satu bahasa asing. Kemudian, latih dirimu untuk membentuk kalimat tersebut dalam bentuk negatif, juga dalam bentuk pertanyaan. Perhatikan pola penulisan subjek, predikat dan objek dalam satu kalimat.

Untuk latihan lanjutan, coba kamu ganti subjeknya dengan subjek lain. Perhatikan perubahan kata kerja sebagai predikatnya. Lalu, praktekkan hal yang sama dengan menggunakan bahasa lain yang kamu pelajari. Kamu akan takjub dengan perbedaan pola kalimat atau pola konjugasi yang mungkin sama antara satu bahasa dengan bahasa lainnya. Memang agak ribet saat dicoba, tapi jika kamu rutin melakukan teknik ini hasilnya akan luar biasa, kok.

 

4. Jangan Malas Membuat Jadwal Latihan Setiap Hari

via tumblr.com

via tumblr.com

Untuk belajar bahasa asing dua atau tiga sekaligus, kamu harus mau berkorban waktu setiap harinya. Sediakan waktu sekitar 30 menit per hari untuk melatih pengucapan bahasa-bahasa yang sedang kamu pelajari. Keesokan harinya, gunakan 30 menit tersebut untuk melatih hafalan kosa kata dalam bahasa yang berbeda. Lusa, kamu bisa alokasikan 30 menit ini untuk latihan bicara atau mendengarkan percakapan dan mengerti maksud pembicaraan tersebut.

Atur waktu sekitar 30 menit untuk latihan yang berbeda, dalam bahasa yang berbeda. Lakukan ini setiap hari jika ingin benar-benar menguasai beberapa bahasa asing sekaligus. Sebab jika tidak dilatih seperti ini kamu bisa bingung terus lupa dengan bahasa tertentu. Alhasil, pemahaman kamu terhadap satu bahasa bisa salah karena tercampur dengan bahasa lainnya.

 

5. Ikut Forum atau Komunitas Bahasa

via opensocietyfoundations.org

via opensocietyfoundations.org

Cara ini adalah langkah untuk menyempurnakan proses belajar bahasa asing yang telah kamu lakukan. Ikutlah dalam forum diskusi atau komunitas bahasa yang ada di Kotamu, sesuai dengan bahasa yang telah kamu pelajari. Di sana kamu akan belajar mengekspresikan diri dengan menggunakan bahasa tersebut, bersama dengan orang-orang lainnya yang juga ingin menguasai bahasa tersebut.

Ketika kamu bergabung dengan sebuah forum atau komunitas, kamu secara tidak langsung akan dipaksa untuk berkomunikasi dengan anggota lainnya menggunakan bahasa asing tertentu. Jangan merasa malu jika kamu masih sering salah dalam pengucapan atau struktur kalimat. Biasanya, akan ada anggota lain yang akan mengoreksi dan berbagi pengetahuan tentang bahasa yang ingin kamu kuasai. Yang penting, kamu tidak jera berusaha dan belajar!

 


featured image via blog.ted.com