10 Cara Kreatif Mendapatkan Uang Di Hari Valentine

via bobbyfinance.com

Hari Valentine tinggal dua minggu lagi. Bagi kamu seorang oportunis sejati, pasti tidak ingin membiarkan Valentine berlalu begitu saja. Valentine adalah saat yang tepat untuk mendulang uang. Berbagai usaha bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan hari ketika orang-orang membuktikan besarnya kasih sayangnya itu. Pada hari itu seakan-akan semua orang berusaha setengah mati untuk menunjukkan rasa cintanya.

Makanya, daripada bingung bagaimana merayakannya, kenapa tahun ini tidak mencoba menjalani usaha saja? Di samping kegiatan ini punya banyak tantangan, kamu tentunya bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Yuk kita simak bersama cara-cara kreatif berikut.

 

1. Mendesain Kartu Ucapan

via creativepopupcards.com

via creativepopupcards.com

Bagi orang yang sibuk luar biasa, paling sedikit mereka biasanya akan mengucapkan selamat valentine lewat kartu ucapan. Nah, cobalah memanfaatkan kesibukan orang lain itu. Ibaratnya, kamu beli waktu mereka dengan membuat kartu ucapan sesuai permintaan mereka.

Tentu hadiah yang seperti itu akan terasa lebih personal jika desainnya dibuat atas permintaan pelanggan. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang jago desain. Semakin menarik desain kamu, tentunya semakin banyak yang tertarik membuat kartu ucapan lewat jasamu.

 

2. Membuat Cokelat Modifikasi

via thelcbridge.com

via thelcbridge.com

Valentine selalu identik dengan pemberian cokelat. Di perayaan ini penjualan cokelat bisa membludak berkali-kali lipat. Jika kamu pintar membuat kue dan cokelat, maka kamu bisa mengubah kemampuan itu menjadi keuntungan. Kamu bisa belajar membuatnya dari sekarang dengan melihat website kuliner.

Cokelat modifikasi adalah sebutan yang disematkan untuk jenis cokelat yang dihias menjadi bentuk-bentuk lucu dan menarik. Cokelat ini akan menarik perhatian calon pembeli bahkan sebelum mereka mencicipinya. Salah satu faktor lain yang mempengaruhi tampilan adalah bentuk kemasan (packaging). Jadi kamu juga perlu mengemas cokelat kreasimu dengan baik dan menarik. Tetapi meski tampilan menjadi yang utama, bukan berarti kamu mengabaikan rasa.  Yang namanya bisnis kuliner, tentu saja faktor rasa tetap harus menjadi perhatian utama.

 

3. Menjual Bunga

via allwallpapersnew.com

via allwallpapersnew.com

Tidak bisa dipungkiri, masih banyak wanita yang tersanjung jika kekasihnya mengirimkan bunga. Meski terdengar agak klasik, ungkapan rasa lewat bunga adalah bukti bahwa kekasihmu seorang yang romantis.

Di hari valentine kamu juga bisa memanfaatkan bunga sebagai peluang usaha. Kamu bisa membuka sebuah lapak atau meluncurkan akun sosmed khusus menjual bunga secara online. Untuk menarik perhatian pelanggan lebih banyak, juallah bungamu lebih murah dari penjual lain. Tapi jangan sampai banyak memotong keuntungan dari penjualanmu. Jika memutuskan untuk menjual secara online, pastikan kamu juga menerima permintaan pesan-antar.

 

4. Bikin Kaos Couple

via etsy.com

via etsy.com

Norak ya? Begitulah. Tapi bisa dijamin barang ini akan laris manis menjelang Valentine. Lagipula ada satu hal yang bisa mengurangi kadar kenorakan berkaus couple. Yap, desainnya harus keren. Jangan lupa untuk meminta kenalan-kenalanmu untuk ikut mempromosikannya.

Mumpung masih dua minggu menjelang valentine, kamu masih punya waktu membuka pre-order di media sosial. Jangan dipikir usaha ini susah. Sekarang banyak juga toko atau jasa sablon. Jadi kamu tinggal sediakan kaos polos lalu sisanya serahkan ke tukang sablon.

 

5. Jadi Penyelenggara Pesta

via journey2excellence.blogspot.com

via journey2excellence.blogspot.com

Selain menyelenggarakan pesta untuk para pasangan, kamu juga bisa adakan khusus untuk para jomblo. Pasarkan acara ini sebagai ajang untuk mencari pasangan. Buat mereka membayar untuk makanan dan hiburan yang akan mereka dapat.

Percayalah banyak jomblo yang merasa kesepian saat Valentine, sebab para sohib mereka kebanyakan menghabiskan waktu bersama para kekasih. Meskipun nantinya acara ini gagal membuat si jomblo punya pacar, setidaknya kamu dapat pahala karena telah menyelamatkan jiwa-jiwa kesepian.

 

6. Promosikan Diri untuk Jadi Teman Kencan Temporal

via tennesean.com

via tennesean.com

Jika kamu punya tampang lumayan kece, maka bolehlah sekali waktu memanfaatkannya dengan menjadi teman kencan bayaran. Masih ada juga yang membutuhkan teman untuk pergi ke sebuah pesta valentine atau sekadar jalan-jalan menghabiskan malam.

Barangkali ini dianggap tabu dan seolah mempermainkan cinta. Buanglah pikiran itu jauh-jauh sebab toh kamu tidak memulai ini dengan perasaan cinta, melainkan menjalankan bisnis belaka. Lagipula, kamu bisa mendapat pahala dengan usaha ini. Kok bisa? Tentu saja, siapa yang tahu kalau ternyata kamu sudah menyelamatkan satu jiwa dari tindakan bunuh diri karena kesepian?

 

7. Menulis Puisi dan Surat Cinta

via ruminatemagazine.com

via ruminatemagazine.com

Kamu jago nulis? Kamu bisa dapatkan penghasilan selama Valentine ini dengan menulis surat atau puisi cinta yang bergelora. Semua tentu demi mereka yang ingin berbagi cinta tapi tidak tahu bagaimana cara mengungkapkannya lewat kata-kata. Kalo reputasi menulismu cukup baik, Nyoozee cukup yakin usaha ini akan sukses untukmu. Para sejoli itu akan membayarmu untuk membuat kata-kata paling romantis teruntuk kekasihnya.

 

8. Membuka Jasa Antar Barang

via ponyexpressrochester.com

via ponyexpressrochester.com

Kalau kamu tidak mau repot-repot bikin kue, tidak pandai menulis puisi, atau tidak suka jual bunga, maka kenapa tidak coba mengantar barang-barang itu lalu mendapat uang? Kamu bisa mendekati beberapa pengusaha kecil yang dekat rumahmu, yang punya orderan membludak di hari Valentine. Tawarkan bahwa kamu bisa mengantar pesanan di tempat-tempat terdekat.

 

9. Babysitting

via babysitting.academy

via babysitting.academy

Beberapa orang tua mungkin ada yang ingin menghabiskan waktunya berdua saja untuk malam Valentine. Tentu jika keinginan itu muncul, mereka harus menitipkan anaknya ke tetangga atau tempat penitipan anak. Nah, kesempatan ini juga bisa kamu manfaatkan. Terutama untuk kamu yang mudah akrab dengan anak-anak. Toh tidak perlu lama-lama juga, hanya sore hingga malam.

Kamu bisa mulai dari sekarang dengan menilik-nilik tetanggamu. Siapa tahu mereka ingin menitipkan anaknya padamu. Atau sekalian buka saja usaha penitipan anak khusus Valentine bersama kawanmu. Tentunya karena khusus Valentine, kamu juga harus memberikan harga spesial.

 

10. Menggelar Jasa Foto Romantis

via philosophycompass.wordpress.com

via philosophycompass.wordpress.com

Kamu tidak perlu punya skill fotografi tingkat dewa untuk usaha ini. Cukup pinjam kamera polaroid milik ayah, teman, komunitas foto terdekatmu, atau sewa di rental kamera. Pergilah ke tempat-tempat romantis dimana kamu bisa menemukan banyak sejoli merayakan Valentine. Bisa taman, tempat makan, atau tempat nongkrong nge-hits.

Kamera polaroid secara instan mencetak foto dan di bawah kertas fotonya memiliki sedikit ruang kosong. Di ruang kosong itulah poin pemasaran utamamu. Tawarkan pada sejoli-sejoli itu bahwa mereka bisa menuliskan kalimat romantis sesuka hati. Keistimewaan polaroid adalah kamu lebih leluasa membawanya ke mana saja dan mencetaknya dalam waktu cepat. Jadi, datang ke tempat ramai pun tidak masalah.

 

Itulah cara-cara kreatif memanfaatkan hari Valentine untuk mencari uang. Jadi, mumpung masih ada waktu, lebih baik kamu mempersiapkannya dari sekarang. Dapatkanlah penghasilan tambahan!

 


Feature image via bobbyfinance.com