12 Hal Random yang Bisa Kamu Lakukan Saat Sedang Iseng


Jika kamu merasa bosan atau jenuh, salah satu cara untuk mengobatinya dengan melakukan hal-hal baru. Di sini Nyoozee akan memberikan daftar hal baru yang bisa kamu lakukan saat sedang iseng. Kamu bebas melakukannya bersama teman, pacar, saudara, atau melakukannya sendiri. Semoga dengan melakukan hal-hal ini dapat membuatmu senang, lega, atau bahkan terinspirasi.

Jadi apa saja hal-hal baru (dan random) yang bisa kamu lakukan saat sedang iseng?

 

1. Buat Sudut Seni di Ruanganmu

saat sedang iseng via pinterest.com

via pinterest.com

Tidak peduli masih tinggal dengan orangtua atau sudah hidup mandiri, kamu bisa membuat satu pojokan ruanganmu penuh dengan benda-benda artistik. Gantung gambar-gambar buatanmu, kartu pos dari orang yang spesial, sampul album penyanyi favorit, atau benda apapun yang menurutmu artsy.

 

2. Menyelipkan Cerita Sedihmu dalam Buku Pinjaman

saat sedang iseng via tumblr.com

via tumblr.com

Pernah punya pengalaman sedih seperti patah hati, ditolak gebetan, bertengkar dengan orangtua, atau hal lainnya yang membuatmu trauma. Tuliskan semua perasaanmu pada selembar kertas. Kemudian pergi ke perpustakaan terdekat, dan selipkan kertas tadi dalam halaman sembarang buku di sana.

 

3. Berfoto Selama Sebulan atau Setahun Penuh

saat sedang iseng via ufunk.net

via ufunk.net

Ambil gambar wajahmu setiap hari selama 30 hari berturut-turut, atau bahkan selama satu tahun. Lalu lihat perubahan apa saja yang terjadi di wajah itu. Tidak susah kan meluangkan sejenak waktu dalam satu hari untuk mengambil foto sendiri?

 

4. Mendokumentasikan Cerita Nenek-Kakek

saat sedang iseng via women.asiaone.com

via women.asiaone.com

Ajak kakek atau nenekmu bercakap-cakap di teras atau halaman rumah. Minta mereka menceritakan kisah pertemuan mereka, atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan sejarah keluargamu.

Sambil mereka bercerita, ajak adik, kakak, atau sepupumu untuk turut mendengarkan. Usahakan juga untuk mencatat, merekam suara, atau merekamnya dalam bentuk video. Kisah beserta dokumentasi tersebut akan jadi kenangan yang mengeratkan keluarga besarmu, lho.

 

5. Kirimkan Foto Adik Kecilmu

saat sedang iseng via sunshineparenting.wordpress.com

via sunshineparenting.wordpress.com

Saat sedang kumpul keluarga besar atau arisan keluarga, coba foto sepupu atau keponakanmu yang masih kecil secara diam-diam. Cetak fotonya lalu kirimkan ke alamatnya. Minta orangtuanya memotret reaksi saat si adik kecil satu itu melihat foto candid dirinya. Minta tolong juga agar foto reaksi keponakan atau sepupumu itu dikirimkan balik kepadamu.

 

6. Baca Buku Favorit Penulis Favorit

saat sedang iseng via tumblr.com

via tumblr.com

Kamu pasti punya penulis favorit yang karyanya wajib banget kamu miliki. Tapi bukan itu yang Nyoozee sarankan untuk kamu lakukan saat sedang iseng. Kamu justru mencari tahu dan membaca buku favorit penulis favoritmu.

Misalnya kalau kamu suka karya-karyanya Aan Mansyur, kamu cari tahu siapa pengarang favorit atau buku favorit Aan Mansyur. Siapa tahu, kamu bisa sama terinspirasinya dengan penulis favoritmu! Kan lumayan kalau kamu bisa menghasilkan satu atau dua buku.

 

7. Kirimkan Mixed Tape

saat sedang iseng via wikipedia.org

via wikipedia.org

Bayangkan seseorang yang sudah lama tidak kamu temui. Boleh sahabat kecil, paman, atau saudara dari kampung halaman orangtuamu. Buatkan kompilasi lagu-lagu dalam bentuk CD atau kaset. Pilihan lagunya kamu tentukan sendiri. Misalnya, lagu-lagu menyenangkan tentang betapa kangennya kamu pada mereka. Kalau sudah jadi, segera kirimkan via pos ya!

 

8. Mendokumentasikan Hari Santai

saat sedang iseng via academyhistory-oscarblogger.blogspot.com

via academyhistory-oscarblogger.blogspot.com

Punya hari yang benar-benar santai? Saatnya mendokumentasikan hari santaimu! Siapkan kamera video untuk melakukan ini. Rekam berbagai hal yang kamu lakukan. Mulai dari situasi saat kamu bangun pagi, menyantap sarapan, jalan-jalan ke luar rumah, atau sekedar bermain dengan peliharaanmu.

Rekaman ini suatu saat ada gunanya lho. Siapa tahu di kemudian hari kamu mengalami hari yang melelahkan atau yang sangat buruk. Daripada terbawa emosi yang meletup-letup atau berkeluh-kesah, lebih baik kamu memutar ulang rekaman tersebut. Cekikikan sendiri melihat selow-nya dirimu di situ.

 

9. Jajaki Ulang Daerah Tempatmu Sekolah

saat sedang iseng via sarungpreneur.com

via sarungpreneur.com

Minta izin tidak masuk kuliah atau kerja, lalu pergilah ke tempatmu pernah bersekolah. Mulai dari TK, SD, SMP, juga SMA. Jangan lupa untuk kembali merasakan jajanan yang dijual di sekitarnya. Kalau kamu beruntung, kamu akan menemukan pedagang lama yang masih menjajakan makanan yang sama.

 

10. Menulis Satu Menit Autobiografi

saat sedang iseng via tumblr.com

via tumblr.com

Untuk yang ini, harus dilakukan saat sedang iseng bareng teman-temanmu. Coba ambil buku catatan masing-masing dari kalian. Atur timer selama satu menit. Pastikan dalam satu menit itu satu orang menulis secara singkat autobiografinya dalam satu buku di genggamannya.

Setiap satu menit, buku yang kamu pegang akan digilir ke teman lainnya. Sehingga hasil akhirnya adalah buku berisi plot autobiografi yang berbeda-beda.

 

11. Buat Catatan dari Daerah Asal

saat sedang iseng via discoveryourindonesia.com

via discoveryourindonesia.com

Kalau kebetulan kamu punya banyak teman yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, maka tidak ada salahnya mencoba hal ini saat sedang iseng. Kumpulkan teman-temanmu, dan minta mereka untuk menuliskan setidaknya 10 hal yang paling mereka suka dari daerah asalnya.

Siapa tahu kalian kemudian bisa berbagi, hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat berkunjung ke kota-kota tertentu.

 

12. Janjian Sarapan

saat sedang iseng via tumblr.com

via tumblr.com

Bangun pagi-pagi sekali dan segera pergi ke tempat makan favoritmu dan saahabatmu. Entah itu restoran cepat saji 24 jam, atau warung nasi uduk paling hits di kompleks rumah. Oh iya, jangan lupa janjian di malam harinya dan saling mengingatkan ketika sudah bangun.