Lakukan 6 Ritual Ini Setiap Hari Agar Kamu Selalu Produktif

selalu produktif via lifehack.org
via lifehack.org

Mampu produktif setiap hari adalah impian semua orang. Hidup terlalu singkat untuk dihabiskan dengan kegiatan yang tidak berguna. Sayang sekali kan kalau waktu 24 jam yang kita miliki setiap hari sia-sia begitu saja.?

Untuk bisa selalu produktif, ternyata ada rahasianya, lho. Kalau kamu termasuk salah satu orang yang ingin hidup secara produktif dari hari ke hari, kamu wajib melakukan 6 ritual ini setiap hari. Dengan begitu kamu dapat menghidupi hari dengan lebih maksimal. Apa saja keenam ritual itu?  Yuk, simak!

 

1. Bangun Pagi

selalu produktif via tumblr.com

via tumblr.com

Ritual bangun pagi sebenarnya sudah terbiasakan pada diri kebanyakan orang. Mengingat kebanyakan proses belajar mengajar di sekolah dimulai pada pagi hari, dihitung-hitung kita sudah dua belas tahun dituntut untuk bangun pagi.

Hanya saja, ketika masa-masa sekolah telah selesai kamu jalani, waktu bangun tidurmu bisa jadi lebih siang. Kasur dan guling terlalu menggoda untuk ditinggalkan, serasa ada lemnya.

Eits, bangun pagi sebaiknya tetap kamu lakukan lho. Bangun pagi bisa membuatmu lebih bersemangat. Kembali ke kebiasaan bangun pagi memang butuh sedikit waktu, tapi usahanya sebanding dengan energi dan semangat yang akan kamu dapatkan.

 

2. Minum Air Putih

selalu produktif via truelemon.com

via truelemon.com

Tubuh kehilangan cukup banyak cairan ketika kamu tidur semalaman. Secara alamiah, kamu akan bangun di pagi hari dengan kondisi dehidrasi. Makanya kamu butuh minum air sesaat setelah kamu bangun.

Minum air di pagi hari terutama sesaat setelah kamu bangun, bukan cuma mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat tidur. Pada saat yang bersamaan kamu juga menghilangkan racun-racun yang mengendap di tubuh.

 

3. Menyusun Fokusmu Hari Ini

selalu produktif via tumblr.com

via tumblr.com

Setelah minum air, coba deh kamu duduk sejenak. Kemudian sebelum melakukan aktivitas rutin seperti sarapan atau mandi, coba susun dulu fokusmu hari ini. Tanyakan kepada dirimu sendiri; hal besar apa yang ingin dan harus kamu lakukan hari ini?

Jika ada beberapa, maka urutkan sesuai dengan skala prioritasnya. Kalau kamu kesulitan melakukan itu, kamu bisa mengurutkannya juga berdasarkan urutan waktu pengerjaannya.

 

4. Olahraga

selalu produktif via theodysseyonline.com

via theodysseyonline.com

Luangkan waktu untuk berolahraga setiap harinya. Tidak perlu lama-lama, cukup sediakan waktu kira-kira 15 hingga 30 menit setiap harinya. Menerapkan gaya hidup aktif tidak terlalu sulit, kan?

Dengan berolahraga energi jadi bertambah dan stres pun hilang. Pilih sendiri bentuk olahraga yang ingin kamu lakukan. Sedikit senam meregangkan badan, boleh. Aktivitas fisik seperti naik turun tangga pun bisa.

 

5. Terapkan Aturan 50/10

selalu produktif via picjumbo.com

via picjumbo.com

Saat akan menempuh target fokusmu hari ini, jangan melakukan ala kadarnya saja dan tanpa metode yang jelas. Bisa-bisa hanya niatmu saja yang jadi produktif, tapi caramu melakukannya justru tidak produktif.

Coba metode 50/10 deh. Ini adalah metode menyelesaikan pekerjaan dengan konsentrasi penuh selama 50 menit, baru kemudian beristirahat selama 10 menit. Dengan membiasakan pola seperti ini, kamu jadi bisa selalu produktif dan tidak menunda pekerjaan.

 

6. Evaluasi Diri

selalu produktif via picjumbo.com

via picjumbo.com

Ketika kamu telah selesai menjalani hari dan bersiap untuk tidur, ada baiknya kamu evaluasi aktivitasmu seharian. Nilai dirimu sendiri apakah seharian tadi kamu sudah menjalaninya dengan produktif ataukah tidak.

Jika ya, pikirkan cara untuk mempertahankannya atau membuatnya menjadi lebih baik lagi. Jika tidak, maka kamu harus mencari tahu sumber masalahnya. Sehingga di kemudian hari kamu waktumu tidak terbuang percuma.

 

 


featured image via lifehack.org