Jadilah Orang Baik Dengan Membiasakan Mengucapkan 4 Kata Ini

Dalam berinteraksi dengan orang lain, komunikasi adalah salah satu faktor utama. Caramu berkomunikasi bisa dijadikan tolak ukur penilaian orang lain terhadapmu. Karena itulah, ada baiknya kamu mengenal dan membiasakan penggunaan keempat kata penghargaan terhadap orang lain berikut ini.

 

Permisi

Bisa juga sewaktu melewati kerumunan orang - via thoughtcatalog.com

Bisa juga sewaktu melewati kerumunan orang – via thoughtcatalog.com

Ucapkan saat: menarik perhatian orang lain atau meminta izin untuk melakukan sesuatu. Jika kamu berada di kereta commuter line yang padat dan ingin bergerak ke sisi yang masih lowong, kamu bisa ucapkan permisi sambil bergerak ke arah yang kamu tuju.

 

Tolong

via crunchyroll.com

via crunchyroll.com

Ucapkan saat: membutuhkan bantuan. Walaupun kamu merasa suatu bantuan wajib kamu dapatkan karena sudah menjadi tanggung jawab seseorang, misalnya pada seorang pelayan restoran, mengucapkan kata tolong tidaklah membuatmu menjadi buruk. Justru membuatmu terlihat baik karena menghargai dia.

 

Terima Kasih

via glee.wikia.com

via glee.wikia.com

Ucapkan saat: mensyukuri apa yang baru saja terjadi. Usahakan mengucapkan kata ini dengan nada tersenyum dan menatap ke arah wajah orang yang kamu ajak bicara. Hal ini membuat ucapan terima kasihmu menjadi tulus.

 

Maaf

Minta maaf dalam bentuk ekstrem - via kotaku.com

Minta maaf dalam bentuk ekstrem – via kotaku.com

Ucapkan saat: menyadari bahwa kamu berpotensi atau telah melakukan kesalahan. Tapi ini lantas menimbulkan polemik tersendiri. Ada golongan orang-orang yang merasa jika kata maaf tidak boleh diucapkan jika sama sekali tidak berbuat salah. Apa benar begitu?

 

Kita akan bahas dengan contoh di bawah ini:

Misalnya kamu sedang dalam perjalanan ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Maksud hati mengandalkan kecanggihan teknologi berupa GPS, apa daya sinyal internet timbul tenggelam. Karena itu ketika melihat ada warung yang berisikan beberapa orang sedang berbincang, kamu memutuskan mendekat dan menanyakan arah jalan kepada orang-orang di warung tersebut.

Bertanyalah pada orang yang tepat, bukan sapi yang tepat via musafirhoonyaro.wordpress.com

Sebisa mungkin bertanyalah pada orang yang tepat  – via musafirhoonyaro.wordpress.com

Dari empat kata penghargaan terhadap orang lain di atas, kamu bisa menghampiri mereka dengan mengucapkan:

Maaf. Permisi saya mau tanya, apa betul ini jalan menuju [nama tempat]?”

Mungkin terdengar agak janggal mengucapkan kata maaf. Bukankah kamu tidak punya salah terhadap orang yang baru kamu temui tersebut?

Tapi maaf di sini memang dimaksudkan sebagai permintaan maaf karena kamu sudah menyela obrolan mereka. Kamu kan tidak tahu apa yang sebelumnya sedang mereka bahas. Bisa jadi hal tersebut adalah perkara yang penting.

Kata permisi juga tetap dipakai karena kamu ingin mereka memperhatikan kamu dan kebutuhanmu menanyakan arah.

Selanjutnya seseorang di warung tersebut menjawab pertanyaanmu dengan mengatakan bahwa kamu salah mengambil belokan. Ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut, coba ucapkan:

Maaf, boleh tolong diberitahukan seharusnya saya mengambil arah yang mana?”

Kata maaf kamu ucapkan dengan alasan yang sama seperti pada pertanyaan sebelumnya. Sedangkan kata tolong tentu saja kamu ucapkan karena kamu butuh pertolongan mereka. Tidak peduli siapa kamu dan siapa orang yang kamu mintai pertolongan, kamu wajib mengucapkan kata ini.

Setelah selesai ditunjukkan jalan dengan benar dan kamu sudah mencatatnya dengan baik, kamu memutuskan untuk pergi meninggalkan mereka. Tentu saja tidak lupa sebelumnya berkata:

Terima kasih banyak untuk bantuannya.”

via mycandylove.com

via mycandylove.com

Jika kamu melancong ke Jepang dan berkunjung ke sebuah restorannya, selesai makan dan membayar kamu akan dihujani kata terima kasih. Ya, sudah menjadi kebiasaan di Jepang untuk menghargai orang lain, terutama tamu.

Mereka bahkan punya kata terima kasih yang berbeda untuk beberapa kesempatan. Pada dasarnya kata terima kasih dalam bahas Jepang sendiri berbentuk lampau (past tense). Jadi kata “arigatou gozaimasu” berarti “terima kasih dan “arigatou gozaimashita” yang berarti “terima kasih atas yang baru saja kamu lakukan”.

Sudah mengerti dengan penggunakan keempat kata tersebut? Menurutmu ada kata lain yang juga wajib digunakan dalam berkomunikasi? Bagikan di kolom komentar ya.

 


featured image via tokyogirlsupdate.com