6 Langkah Jitu Memperbaiki Jam Tidur yang Kacau

memperbaiki jam tidur via tumblr.com
via tumblr.com

Mengalami fase hidup dimana waktu tidur berubah kacau memang sangat tidak mengenakkan. Waktu bangun pagi jadi telat. Kamu begitu tergesa-gesa seharian penuh. Tugas-tugasmu tak kunjung selesai dan kamu merasa begitu kelelahan.

Sayangnya, kamu tidak boleh begitu saja istirahat karena pekerjaanmu belum tuntas. Kamu minum kopi agar konsentrasimu kembali. Imbasnya, kamu tidak bisa tidur hingga dini hari.

Mata susah terpejam, meski otak sudah kewalahan. Karena memang tidak punya kegiatan apapun untuk dilakukan, alhasil kamu cuma terdiam menatap langit-langit kamar. Terjaga hingga pagi hari.

 

memperbaiki jam tidur via tumblr.com

via tumblr.com

 

Paginya, kamu harus mengulang skenario yang sama hingga malam hari. Lingkaran setan.

Sungguh melelahkan mengalami situasi semacam ini. Oleh karena itu, Nyoozee siap merekomendasikan beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki jam tidur yang berantakan.

 

1. Ketahui Waktu Tidur yang Kamu Butuhkan

memperbaiki waktu tidur via womenofinfluence.ca

via womenofinfluence.ca

 

Untuk memperbaiki jam tidur yang kacau, pertama-tama kamu harus tahu dahulu porsi tidurmu. Tiap-tiap orang punya porsi tidurnya sendiri. Karena itu jangan mau terjebak mengikuti porsi tidur orang lain.

Cari tahu seberapa banyak waktu tidur normal yang kamu butuhkan. Baru kemudian, cermati pola tidurmu saat ini. Apakah porsinya sudah sesuai, kekurangan, atau justru kelebihan.

 

2. Atur Waktu Tidur

memperbaiki jam tidur via tumblr.com

via tumblr.com

Sudah tahu porsi normal tidurmu dan masalah tidur seperti apa yang kamu alami? Langkah selanjutnya adalah mengatur ulang waktu tidur.

Kalau masalahmu adalah kekurangan waktu tidur, maka kamu harus mulai mengatur waktu tambahan untuk tidur. Bisa dengan memajukan waktu tidur menjadi lebih awal. Atau bisa juga dengan menyelipkan waktu tidur siang di sela aktivitasmu.

Misalnya, kamu kekurangan waktu tidur sekitar 2 jam. Coba deh majukan waktu tidurmu. Dari yang biasanya pukul 10 malam, kini jadi pukul 8 malam. Kalau tidak bisa karena kamu belum pulang kantor, bisa majukan 1 jam menjadi pukul 9 malam. Sisa 1 jamnya, kamu selipkan dari tidur siang.

 

memperbaiki jam tidur via techtimes.com

Daripada ngantuk di kantor seperti ini, mending luangkan waktu untuk tidur siang sebentar deh via techtimes.com

Kalau tidak bisa tidur siang selama itu, coba atur tidur siang selama 30 menit. Sisa waktu tidurnya, selipkan untuk tidur di kereta saat berangkat dan pulang dari kantor. Tidak sulit, kan?

Tapi lain lagi ya kalau yang kamu alami adalah kelebihan waktu tidur. Mau tidak mau, kamu harus mencari aktivitas lain agar kamu bisa kembali ke waktu normal tidurmu. Coba deh sesekali menulis, membaca, atau sekadar jalan-jalan mencari udara segar. Biasanya sih bisa membantu.

Kalau sudah mengatur waktu tidur seperti itu, jangan lupa untuk tetap konsisten ya! Kalau perlu, coba deh gunakan beberapa aplikasi penunjang resolusi ini biar komitmenmu tetap terjaga.

 

3. Ubah Beberapa Kebiasaanmu

memperbaiki jam tidur via womenshealthmag.com

via womenshealthmag.com

Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu pada waktu yang kurang tepat berpengaruh juga terhadap waktu tidurmu lho. Makanya, hati-hati ya dengan ini.

Kalau bisa, jangan makan terlalu banyak di malam hari. Usahakan kamu sudah selesai makan malam sekitar dua hingga tiga jam sebelum jadwal tidurmu.

Hindari juga mengonsumsi terlalu banyak produk yang mengandung kafein, nikotin, serta alkohol. Meski alkohol bisa cepat membuatmu mengantuk tapi efek diuretiknya bisa membuatmu terbangun untuk buang air kecil. Ujung-ujungnya tidurmu jadi terganggu.

 

4. Berolahraga Meski Sebentar Saja

memperbaiki jam tidur via fitnesslines.com

via fitnesslines.com

Gaya hidup aktif dengan berolahraga membawa banyak kebaikan untuk hidup, lho! Selain tubuh jadi bugar, waktu dan kualitas tidurmu pun bisa jadi lebih baik. Coba deh dalam sehari luangkan waktu sekitar 30 menit untuk olahraga.

Kamu bisa melakukannya di rumah, kok. Lakukan saja gerakan yoga atau peregangan otot yang sederhana. Tapi, kalau kamu kurang bersemangat, coba deh olahraga di luar. Ajak serta temanmu kalau sendiri terasa membosankan.

 

5. Dekorasi Kamar Tidurmu

memperbaiki jam tidur via tumblr.com

via tumblr.com

Ruangan tidur berpengaruh lho terhadap kualitas tidur. Karenanya, biar tidurmu terasa nyenyak dan porsinya cukup, coba desain ulang kamar tidurmu. Entah itu dengan merapikan barang-barang, mendekorasi dindingnya, menambahkan ornamen tertentu, atau mengatur pencahayaannya.

Sebisa mungkin kamu harus merasa nyaman untuk tidur di kamarmu sendiri.

 

6. Jauhkan Diri dari Perangkat Teknologi

memperbaiki jam tidur via loveyourgut.com

via loveyourgut.com

Saat hendak tidur, sebaiknya sudahi mendengarkan musik menggunakan headset. Selain itu matikan juga ponsel, tablet, laptop, atau perangkat teknologi lainnya. Kalau memang tidak memungkinkan, kamu bisa mengatur gawaimu dengan mode hening. Dengan begitu tidurmu jadi tidak terganggu.

 

Sudah melakukan keenam langkah di atas, tapi jam tidur masih berantakan. Bagaimana dong? Nyoozee sarankan kamu konsultasi dengan dokter. Barangkali ada permasalahan serius yang terjadi padamu. Dengan begitu situasimu tidak berkembang jadi semakin runyam.

 


featured image via tumblr.com