8 Cara Mendapatkan Energi Tambahan untuk Menyelesaikan Tugasmu


Adakah yang lebih menjengkelkan dari rasa kantuk atau jenuh yang menyerang pada saat kamu sedang harus mengerjakan sesuatu? Pasti tugas-tugas jadi terasa berat untuk dilakukan. Kamu jadi tidak tergerak untuk melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati. Semua jadi terasa sulit dan tidak mungkin diselesaikan. Di titik ini, kamu tahu kamu butuh tambahan energi.

Tapi bukannya mencari tambahan energi, yang kamu lakukan justru menunda untuk mengerjakannya. Kamu berdalih pada dirimu sendiri sedang menunggu mood untuk menyelesaikan tugas tersebut. Sementara tenggat tugas sudah semakin mendekat.

Kamu harus sebisa mungkin keluar dari kebiasaan seperti itu, karena tidak baik bagi produktivitas dan juga bagi kondisi mental.

 

mendapatkan energi tambahan via organisemyhouse.com

via organisemyhouse.com

 

Ketika energi yang tersisa di tubuhmu terkuras akibat tekanan dari atasan atau dari lingkungan sekitar, itu artinya kamu harus berhenti sejenak. Sangatlah sulit untuk menyelesaikan pekerjaan ketika energi yang ada dalam tubuhmu sendiri jumlahnya sangat sedikit. Kamu butuh tambahan energi untuk menyelesaikan tugas-tugasmu. Nah, beberapa cara di bawah ini bisa kamu coba nih:

 

1. Tidur

mendapatkan energi tambahan via youdeservesleep.com

via youdeservesleep.com

Kondisi kekurangan tidur dan istirahat dapat menyebabkan tidak berenergi. Karena itu coba perbaiki jam tidurmu.

Bila jam tidurmu sepertinya baik-baik saja, kamu bisa pertimbangkan untuk tidur siang. Tidak perlu lama-lama. Cukup sediakan waktu sekitar 15-30 menit. Waktu sesingkat itu sudah cukup kok untuk memberikan tambahan energi bagi tubuhmu.

 

2. Olahraga

mendapatkan energi tambahan via hawaiiarmyweekly.com

via hawaiiarmyweekly.com

Alihkan sejenak pandanganmu dari monitor. Lakukan peregangan pada leher, bahu, pinggang, tangan, dan kakimu selama 5 hingga 10 menit. Kalau ingin yang membuat tubuhmu bergerak lebih banyak, coba saja olahraga ringan seperti naik-turun tangga.

 

3. Minum Teh

 

mendapatkan energi tambahan via favim.com

via favim.com

Teh memang banyak manfaatnya, bukan hanya untuk kesehatan raga tapi juga untuk kesehatan jiwa. Lebih dari itu, minum teh juga bisa memberikan tambahan energi bagi tubuh. Makanya kalau kamu capek, coba seduh teh hangat untuk menemani waktu istirahatmu.

 

4. Pilih Musik yang Tepat

mendapatkan energi tambahan via telegraphcouk

via telegraph.co.uk

Bukan cuma asupan makanan dan minuman yang dapat memengaruhi energimu, asupan musik juga. Salah pilih musik dapat menyebabkan mood-mu berantakan. Karena itu ketika sedang butuh energi, coba pengaruhi pikiran dengan cara mengatur playlist yang tepat. Sesuaikan saja, kamu sedang ingin mendengarkan musik yang menenangkan pikiran atau justru lagu-lagu yang menghentak.

 

5. Cari Game Asyik

mendapatkan energi tambahan via boxseven.co.uk

via boxseven.co.uk

Kalau kamu bukan tipe orang yang memperoleh tambahan energi dari musik upbeat, mungkin kamu bisa coba main game. Mainkan judul game yang menyenangkan dan tidak terlalu rumit. Memainkannya juga jangan terlalu lama, cukup sekitar 15-30 menit.
Nah soal judul game apa yang harus kamu mainkan, kamu bisa mulai dari game-game browser.

 

6. Mandi

mendapatkan energi tambahan via thepetproductguru.com

via thepetproductguru.com

Kalau memungkinkan, kamu bisa mandi untuk mendapatkan energi tambahan. Siapa tahu setelah terbasuh air, pikiran dan tubuhmu jadi lebih segar. Kamu pun jadi lebih siap mengerjakan tugasmu!

 

7. Pijat

mendapatkan energi tambahan via mancunianmatters.co.uk

via mancunianmatters.co.uk

Untuk mengurangi rasa pegal atau kaku di tubuh, kamu bisa melakukan pemijatan di area kepala, pundak, lutut, kaki, atau tengkuk. Dengan dipijat seperti ini dapat membuatmu lebih rileks, tubuh juga terasa lebih ringan. Energi positif niscaya kembali terhimpun.

 

8. Meditasi

mendapatkan energi tambahan via gohealthinsurance.com

via gohealthinsurance.com

Ada saatnya, kamu harus membebaskan pikiranmu dari belenggu tugas dan pekerjaan yang menumpuk. Ambil nafas yang dalam, tahan, lalu keluarkan secara perlahan. Lakukan secara berulang, tanpa perlu memikirkan apa-apa. Beri waktu untuk dirimu sendiri melakukan meditasi, dan setelahnya raih kembali energi yang kamu butuhkan.

 


featured image via hawaiiarmyweekly.com