Terapkan 5 Trik Psikologi Ini Untuk Memudahkan Menjalin Hubungan Pertemanan

via i-d.vice.com

Teman adalah keluarga yang kita pilih sendiri. Ungkapan yang cukup populer itu menunjukkan di samping terjadi secara alami, proses pertemanan juga butuh usaha. Iya kan? Kamu tidak akan punya teman kalau hanya membatu dan berdiam diri sepanjang hari.

Bentuk-bentuk usaha manusia menjalin pertemanan tersebut jadi bahan pengamatan para ahli psikologi. Masing-masing ahli psikologi itu kemudian merumuskan serangkaian trik yang seseorang dapat lakukan untuk memudahkan menjalin hubungan pertemanan. Boleh percaya, boleh juga meragukan. Trik-trik tersebut seperti:

 

1. Meniru Tingkah Laku Mereka

via westsidetoastmasters.com

via westsidetoastmasters.com

Cara seperti ini disebut juga mirroring. Sewaktu kamu ngobrol dengan seseorang, tiru bahasa tubuh, gestur, ataupun mimik mukanya. Jadi sewaktu ia tersenyum, kamu ikutan tersenyum. Ketika ia menyilangkan lengan di depan dada, lakukan menyilangkan tangan di depan dada. Tetap ingat, menirukannya jangan terlalu mencolok ya. Bisa-bisa kamu malah dituduh meledek.

Trik ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Tanya Chartrand dan John Bargh dari New York University. Dalam penelitian tahun 1999 itu mereka menyimpulkan ketika seseorang menirukan perilaku orang lain, perilaku meniru tersebut memfasilitasi terjalinnya hubungan pertemanan.

 

2. Habiskan Waktu Di Sekeliling Mereka

Spend-Time-with-Friends

via grablists.com

Orang cenderung menyukai hal-hal yang akrab dengan mereka. Karena itu menghabiskan waktu lebih sering dengan seseorang akan memudahkanmu menjalin hubungan pertemanan dengannya. Rutin bertemu seminggu sekali pun sudah cukup.

Trik ini didukung oleh penelitian yang dilakukan Richard Moreland dan Scott Beach dari University of Pittsburgh. Mereka menempatkan empat orang mahasiswi ke kelas psikologi yang berbeda. Intensitas masuk kelas empat orang mahasiswi tersebut juga berbeda. Ketika para mahasiswa ditanyai mengenai mahasiswi tersebut, mereka cenderung lebih menyukai mahasiswi yang lebih sering hadir di kelas.

 

3. Puji Orang Lain

via geniusbeauty.com

via geniusbeauty.com

Cara lain untuk memuluskan jalinan pertemanan adalah dengan memuji. Tidak ada orang yang tidak suka dipuji. Jika pujian basa-basi saja bisa jadi seperti musik di telinga orang yang mendengarnya, apalagi pujian yang tulus.

Trik ini disokong oleh penelitian yang dimuat dalam jurnal American Psychological Association. Dalam penelitian yang dilakukan oleh John Skowronski, Donal Carlston, dan Lynda Mae tersebut menyimpulkan pujian yang disampaikan terhadap seseorang akan menjadikan orang yang melontarkan pujian tersebut dipandang baik juga oleh orang lain. Konsep tersebut dinamakan pemindahan sifat secara spontan (spontaneous trait transference).

 

4. Selalu Tunjukkan Mood yang Bagus

Portrait of a woman changing her mood

via mastistyle.com

Konon emosi itu bisa menular. Karena itu jika kamu ingin membuat orang lain merasa senang di dekatmu, singkirkan emosi negatif yang kamu miliki jauh-jauh. Sebaliknya pancarkan aura positif sewaktu bertemu orang yang kamu hendak jadikan teman tersebut.

Trik ini disokong oleh penelitian yang dilakukan oleh Elaine Hatfield dan Richard Rapson dari University of Hawaii dan John Cacioppo dari Ohio State University. Penelitian mereka menyebutkan seseorang dapat secara tidak sadar merasakan emosi yang dirasakan orang yang ada di dekat mereka. Informasi emosi tersebut entah didapat dari mimik wajah, respon, atau tingkah laku.

 

5. Bertemanlah dengan Teman-Teman Mereka

via youtube.com

via youtube.com

Sewaktu bertemu orang baru, sesudah menanyakan latar belakangnya, bisa jadi kamu juga menanyakan seseorang yang kamu dan orang tersebut bisa jadi kenal. Dengan memiliki teman yang sama seperti itu, kamu dan orang tersebut bisa lebih mengakrabkan diri.

Trik tersebut disebut juga kedekatan orang ketiga (triadic closure). Dalam satu tulisan yang dimuat di blog Cornell University, mahasiswa kampus tersebut mendapati bahwa seseorang akan lebih mudah menerima permintaan pertemanan di Facebook jika punya mutual friends.

 

Perlu kamu ingat, secanggih apapun trik yang kamu terapkan kalau tidak dibarengi dengan ketulusan hati dan perbuatan baik, pertemanan tersebut bisa jadi tidak akan awet.

 


featured image via i-d.vice.com