Semangatmu Mengendur? Raih Kembali dengan 4 Cara Ini!

mengembalikan semangat yang kendur via pamper.my
via pamper.my

Ada kalanya dalam hari-harimu rasa jenuh tiba-tiba datang. Lebih menyebalkan lagi sudah jenuh, eh rasa kantuk juga ikutan menyerang. Alhasil konsentrasimu buyar. Fokusmu jadi kabur dan semangatmu pun memudar.

Agar produktivitasmu tidak menurun karena semangatmu mengalami degradasi, ada baiknya kamu mengisi ulang pasokan spiritmu itu. Bukankah dengan kembali antusias dan bersemangat, segala pekerjaan dapat terasa lebih mudah dikerjakan? Kalau kamu memang sedang butuh sesuatu agar motivasimu kembali, beberapa kegiatan berikut bisa kamu coba.

 

1. Cari Udara Segar

mengembalikan semangat yang kendur via telegraph.co.uk

via telegraph.co.uk

Kalau alasan semangatmu kendur ialah karena rasa kantuk dan jenuh yang menyerang bersamaan, maka ada baiknya kamu keluar sejenak dari ruangan kerjamu. Bisa jadi kombinasi dari rasa bosan dan kantuk itu disebabkan oleh kegiatan monoton yang kamu lakukan.

Otak butuh berhenti dari siklus rutin tersebut, makanya ia bereaksi dengan memberikan distraksi. Sinyal berupa rasa jenuh dan rasa kantuk itu dikirimkan sebagai pengingat bahwa kita butuh istirahat sejenak. Jangan diabaikan deh, sebab jika dibiarkan nanti malah jadi semakin tidak produktif.

Karena itu, regangkan badan dan beranjaklah dari meja kerjamu. Cari ruang terbuka terdekat dan biarkan dirimu berdiam di sana selama 10-15 menit. Kegiatan seperti itu membantu tubuh dan pikiran merasa lebih rileks. Semangatmu bisa kembali lagi.

 

2. Olahraga Ringan

mengembalikan semangat yang kendur via keycode.com

via keycode.com

Apabila tubuh dan otakmu butuh lebih dari sekadar udara segar, lakukan aktivitas yang membuatmu lebih banyak bergerak. Misalnya melakukan olahraga ringan yang gerakan dan intensitasnya tidak terlalu membebani.

Cukup luangkan waktu 5-15 menit untuk melakukannya. Kalau kadar kejenuhan dan semangatmu sudah begitu tipis, durasinya dan variasi gerakannya dapat kamu tambah.

Seberapa jenuhnya dirimu hanya kamu yang tahu. Tapi Nyoozee merekomendasikan kamu melakukan olahraga ringan selama 10 menit dengan setidaknya 4 variasi gerakan. Kalau kamu tidak tahu harus melakukan gerakan apa, coba lihat beberapa gambar di bawah ini. Siapa tahu bisa memberi inspirasi.

 

mengembalikan semangat yang kendur via onlinedoctor.lloydspharmacy.com

Naik-turun tangga juga termasuk olahraga ringan – via onlinedoctor.lloydspharmacy.com

 

mengembalikan semangat yang kendur via onlinedoctor.lloydspharmacy.com

Kombinasikan dengan jumping jacks – via onlinedoctor.lloydspharmacy.com

 

mengembalikan semangat yang kendur via onlinedoctor.lloydspharmacy.com

Bisa juga mengandalkan meja kerjamu via onlinedoctor.lloydspharmacy.com

 

mengembalikan semangat yang kendur via onlinedoctor.lloydspharmacy.com

Bahkan di kursi pun bisa  via onlinedoctor.lloydspharmacy.com

 

Kalau menurutmu gerakan-gerakan tersebut, masih kurang banyak, coba ikuti rekomendasi olahraga duduk yang pernah Nyoozee tuliskan. Setelah melakukannya semoga semangatmu pulih kembali. Kamu siap melakukan aktivitas lainnya.

 

3. Konsumsi Asupan yang Segar

mengembalikan semangat yang kendur via yourhealth.asiaone.com

via yourhealth.asiaone.com

Percaya atau tidak, tapi asupan yang kamu pilih punya dampak terhadap semangat dalam dirimu. Kalau semangat dalam diri terasa makin mengendur, bongkar kulkas atau kunjungi gerai penjual minuman terdekat. Cari minuman dingin yang punya rasa asam atau manis.

Sensasi dingin dengan kombinasi rasa asam ataupun manis akan memberi stimulasi energi pada tubuh. Kamu pun seolah dapat suntikan motivasi dari minuman yang kamu tenggak.

Oh iya, tapi bukan hanya dari minuman saja, lho! Kamu juga bisa mencoba memulihkan semangat yang kendur lewat mengonsumsi makanan yang tepat. Coba pilih beberapa buah segar atau camilan yang agak pedas deh.

 

4. Berbincang-Bincang dengan Sahabat

mengembalikan semangat yang kendur via collider.com

via collider.com

Jika semangatmu memudar bukan karena ngantuk atau rasa bosan, bisa jadi itu karena kamu sedang buntu inspirasi atau ide. Sambangi meja kerja rekan sebelahmu. Intip apa yang sedang mereka lakukan. Siapa tahu mereka punya waktu luang berbincang denganmu.

Mengobrol dengan rekan kerja tidak melulu harus tentang perkembangan aktivitas yan dikerjakan kok. Bisa juga hal-hal lain yang tidak terkait dengan pekerjaan. Siapa tahu melalui obrolan tersebut, energi dan inspirasi kembali hadir di dirimu.

Tapi kalau kebetulan teman-temanmu sedang sibuk, jangan lantas mengganggunya demi keuntunganmu sendiri. Sebagai gantinya kamu bisa sebentar menelepon sebentar orang kesayangan seperti keluarga, pacar, atau sahabatmu. Tidak sulit kan?

 

Semoga beberapa kegiatan di atas dapat membantu memulihkan semangatmu yang kendur. Kalau sesudah melakukannya kamu masih juga belum bisa memulihkan semangat seperti sediakala, pikirkan kemungkinan untuk pergi berwisata. Atau minta kelonggaran dari kantor agar kamu bisa menangani masalahmu tersebut.

 


featured image via pamper.my