Benda-Benda yang Bisa Kamu Jadikan Penopang Buku


via styleitlikeyoustoleit.com

Membaca buku adalah salah satu kegiatan paling menyenangkan sekaligus menenangkan bagi banyak orang. Tidak heran, ada orang yang bahkan rela mencari tempat baca yang asyik atau membuat ruang baca sendiri di rumah hanya agar buku yang dipilihnya dapat dibaca sampai habis.

Nah, biasanya sih orang yang suka membaca gemar juga mengoleksi buku. Entah itu buku yang pernah diberikan seseorang kepadanya atau buku yang diburu saat pagelaran. Mulai dari buku masa kecil, buku puisi, buku fiksi bertema tragedi, buku fiksi dalam negeri, hingga buku-buku karya penulis luar negeri.

 

penopang buku via buzzfeed.com

Kucing aja suka baca buku, masa kamu enggak? via buzzfeed.com

 

Apakah kamu adalah salah satu orang yang suka membaca sekaligus gemar mengoleksi buku? Jika ya, maka kebetulan sekali! Nyoozee sangat menyarankan kamu untuk membaca artikel ini sampai habis.

Nyoozee akan memberi tips untuk membuat sederetan koleksi bukumu berdiri tegak dan terpajang rapi. Bukan dengan memanfaatkan rak atau membuat tempat baru untuk koleksi-koleksi tersebut. Tapi dengan memanfaatkan benda-benda di sekitarmu untuk jadi penahan atau penopang buku. Yuk, simak!

 

Batu

penopang buku via sosimpatico.blogspot.com

via sosimpatico.blogspot.com

Mungkin sebelumnya kamu tidak pernah menyangka bahwa batu bisa dimanfaatkan sebagai penopang buku. Tapi, sudah lihat sendiri dari gambar di atas kan? Ya, benda satu ini sangat bisa dimanfaatkan sebagai penghujung yang menahan buku-bukumu.

Hanya perlu memberi sedikit sentuhan artistik pada batu, koleksi bukumu bisa terpampang rapi dan terlihat keren. Coba lihat beberapa contoh lainnya seperti di bawah ini.

penopang buku via apartmenttherapy.com

Kamu hanya perlu menumpahi seluruh permukaan batu dengan cat kok. Mudah kan? via apartmenttherapy.com

penopang buku via tumblr.com

Agar lebih epik, tambahkan hiasan setelah mengecat batu pilihanmu via tumblr.com

penopang buku via apartmenttherapy.com

Mau yang lebih sederhana? Pilih batu seperti ini saja! via apartmenttherapy.com

Kalau kamu tidak ingin repot-repot mengecat batu agar penopang buku menjadi lebih artistik, pilihan batu seperti gambar batu terakhir di atas boleh dicoba lho!

 

Pajangan

penopang buku via image.rakuten.co.jp

via image.rakuten.co.jp

Dalam setiap rumah, pasti akan ada pajangan. Apapun materialnya dan bagaimanapun bentuknya. Dalam rumahmu pasti ada juga kan? Nah, ini adalah salah satu benda yang bisa kamu gunakan sebagai penopang buku. Meski tidak semuanya sih.

Kamu harus cermat memilih pajangan yang kukuh dari segi materialnya. Tapi kalau dari segi bentuk sih, terserah. Kamu bebas menentukan bagaimanapun bentuknya. Contoh lain yang bisa kamu lihat ada di bawah ini.

penopang buku via a.dilcdn.com

Daripada jadi sekadar pajangan, mari jadikan penopang buku yuk! via a.dilcdn.com

penopang buku via tumblr.com

via tumblr.com

Kalau kamu pecinta Star Wars dan punya pajangan bertema film perang bintang satu ini, bisa juga kok dimanfaatkan untuk jadi penopang buku. Coba tengok idenya dalam gambar di bawah ini deh.

penopang buku via wired.com

via wired.com

 

Sepatu

penopang buku via pinterest.com

via pinterest.com

Tidak suka mengoleksi pajangan, tapi suka mengoleksi sepatu hak tinggi atau stiletto? Gunakan saja koleksi sepatu yang sudah tidak muat atau tidak lagi kamu gunakan sebagai penopang buku. Tambahkan penyangga untuk bagian bawah sepatu. Hal ini agar ketika sepatumu menahan koleksi buku, sepatu jadi lebih kuat dan posisinya tidak berubah-ubah.

penopang buku via pinterest.com

via pinterest.com

penopang buku via mnn.com

via mnn.com

 

Stoples

penopang buku via momtastic.com

via momtastic.com

Punya stoples nganggur yang baru dikeluarkan saat lebaran atau natal? Manfaatkan sebagai penopang buku saja! Lumayan lho, beberapa buku yang berdiri tegak bisa ditahan dengan kehadiran stoples milikmu. Isikan dengan pemberat agar kuat menopang bukumu. Kalau stoplesnya transparan, isikan dengan ornamen-ornamen agar stoplesmu tampak cantik!

penopang buku via adventuresandteaparties.blogspot.com

via adventuresandteaparties.blogspot.com

 

Tanaman

penopang buku via tumblr.com

via tumblr.com

Punya terarium berukuran kecil, kaktus mini, atau tanaman lain dengan wadah yang tidak besar? Mereka bisa kamu jadikan sebagai tempat menyanggah koleksi bukumu lho. Tapi, hati-hati kalau menggunakan tanaman dengan media air ya. Kalau buku yang ditopang terlalu banyak, wadah tanamanmu bisa tumbang dan airnya justru membasahi buku.

penopang buku via pinterest.com

Kalau bisa, pilih tanaman yang medianya bukan air saja via pinterest.com

 

Pelat Kendaraan

penopang buku via buzzfeed.com

via buzzfeed.com

Kalau kamu punya sisa plat kendaraan, entah itu mobil atau motor yang ada di rumah, bisa juga nih dijadikan sebagai penopang buku yang ringan dan tidak tebal. Lumayan jadi ciamik juga lho!

Vinyl

penopang buku via cutoutandkeep.net

via cutoutandkeep.net

Rekomendasi benda terakhir dari Nyoozee adalah vinyl. Hmm, siapa tahu di antara kamu ada yang sudah tidak sayang dengan koleksi piringan hitamnya dan lebih memilih untuk sayang dengan koleksi buku. Atau kalau piringan hitammu sudah tergores-gores parah, bisa dicoba juga nih penopang buku dari vinyl seperti gambar di atas.

 


featured image via styleitlikeyoustoleit.com