Hindari Kantong Plastik Berbayar dengan Tas Belanja Kreasi Sendiri


tas belanja via greenmanolo.com
via greenmanolo.com

Kalau akhir-akhir ini kamu sempat berbelanja ke pasar swalayan, pasti kamu tahu dong bahwa uji coba kebijakan kantong plastik berbayar telah dilaksanakan? Tujuannya sudah jelas, yaitu untuk mengurangi  sampah plastik yang bisa mencemari lingkungan.

Setiap satu kantong plastik yang kamu gunakan untuk membawa belanjaanmu akan dikenakan biaya Rp 200 per kantongnya. Mungkin jumlah ini tidaklah seberapa. Apalagi jika dibandingkan dengan total uang yang kamu keluarkan untuk membayar belanjaanmu.

Meskipun demikian, kamu harus tahu bahwa pengenaan biaya dua ratus rupiah tersebut hanya akan berlaku hingga bulan Juni tahun ini. Setelah masa uji coba berakhir, bisa jadi gerai-gerai yang menyediakan kantong plastik akan mengenakan biaya yang jumlahnya berkali-kali lipat dari biaya awal tersebut.

 

tas belanja via pinterest.com

via pinterest.com

 

Waduh, kalau biaya yang dikenakan untuk sebuah kantong plastik nantinya melonjak tinggi, pengeluaranmu bisa jadi lebih banyak. Nah, apakah kamu rela merogoh kantong lebih dalam untuk membeli kantong plastik yang umumnya hanya digunakan sekali ini? Sewajarnya sih kamu menjawab tidak.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan atas hal ini? Mengurangi jumlah belanjaan agar tidak membutuhkan kantong plastik untuk membawanya tentu bukanlah sebuah solusi cerdas. Bahkan, terkesan tidak menyelesaikan masalah.

Menurut Nyoozee, akan lebih resolutif jika kamu mulai membawa tas belanja sendiri. Tapi, jangan tas belanja yang biasa-biasa saja. Tentu harus yang spesial dong! Misalnya tas belanja kreasi sendiri dari kain katun.

Coba deh buat tas belanja yang membuatmu merasa senang karena memilikinya, atau bahkan bangga saat membawanya. Kalau kamu bingung membuatnya seperti apa, Nyoozee akan bantu memberikan ide.

 

Dari Kain yang Dijahit

tas belanja via sew4home.com

via sew4home.com

Benda-benda kamu butuhkan:

  • kain tebal berukuran 1-1,5 m (untuk bagian inti tas)
  • kain berukuran 1-1,5 m (untuk cover atau bagian luar tas)
  • kardus tebal berukuran 8cm x 12 cm
  • jarum pentul
  • jarum jahit
  • gunting
  • benang
  • penggaris
  • kapur atau spidol

Langkah membuatnya:

Tentukan ukuran panjang, lebar, dan tinggi tas yang akan kamu buat pada dua kain dengan penggaris. Berikan tanda dengan kapur atau spidol, lalu gunting dengan rapi.

tas belanja via sew4home.com

via sew4home.com

Usahakan menggunakan kain untuk cover dengan ukuran 1 cm lebih panjang dari ukuran kain yang digunakan untuk bagian inti tas. Dengan begitu, bagian cover akan sepenuhnya menyelimuti bagian inti tas ketika keduanya dijahit.

tas belanja via sew4home.com

Pastikan kamu menjahitnya dengan rapi ya! Kalau ragu menjahit dengan tangan, gunakan mesin jahit juga tak apa via sew4home.com

Setelah sudah ada kain untuk cover dan inti tas, kini saatnya kamu membuat tali jinjingnya. Tentukan ukuran panjang dan lebar tali jinjingan pada kain. Berikan tanda menggunakan kapur atau spidol, lalu gunting dengan rapih.

tas belanja via via sew4home.com

Gunakan jarum pentul agar saat menjahit, tidak ada kain yang bergerak dan tergeser oleh tanganmu via sew4home.com

Kalau sudah, langsung kamu jahitkan saja pada bagian tengah dari permukaan tas.

tas belanja via sew4home.com

via sew4home.com

Jangan lupa untuk membuat dua tali ya! Agar nanti tampak seperti ini:

tas belanja via sew4home.com

via sew4home.com

Nah, sekarang saatnya memperhatikan bagian bawah tasmu. Letakkan kardus tebal berukuran 8 cm x 12 cm,pada kain yang akan menjadi bagian bawah permukaan tas. Kemudian, tutup dengan sisa kain yang masih tersisa dengan menjahitnya. Pada tahap ini, kamu harus memastikan jahitanmu sudah menyerupai bentuk tas jinjing secara sempurna.

tas belanja via sew4home.com

Bagian bawah tas inilah tempat kamu meletakan kardus tebal. Kemudian dilapisi kain lagi ya! via sew4home.com

Namun, kalau kamu merasa bahwa ini terlalu rumit, kamu juga bisa membuat potongan kain yang bisa dimasukkan kardus sebagai alternatifnya, seperti gambar di bawah ini.

tas belanja via sew4home.com

via sew4home.com

Baru kemudian, bagian ini dijahit di daerah yang telah kamu tandai dengan kapur atau spidol, seperti ini:

tas belanja via sew4home.com

via sew4home.com

Kelebihan menggunakan cara alternatif ini adalah kamu bisa mengeluarkan potongan kardus ini saat tas ingin dicuci. Dengan begitu, bagian bawah tas tidak akan rusak.

Setelah menyelesaikan tahapan di atas, tasmu sudah jadi!

tas belanja via sew4home.com

via sew4home.com

Berbagai belanjaanmu bisa dimasukkan ke dalamnya.

 

Dari Kain Tanpa Perlu Dijahit

tas belanja via mommypotamus.com

via mommypotamus.com

Jikalau urusan jahit-menjahit menurutmu cukup ribet dan memusingkan, mungkin kamu akan lebih senang dengan cara ini. Dengan hanya perlu menggunting dan membuat simpul, kamu bisa menghasilkan sebuah tas belanja.

Benda-benda kamu butuhkan berupa:

Langkah membuatnya:

Gunting kedua bagian lengan dari kaosmu.

tas belanja via mommypotamus.com

via mommypotamus.com

Untuk membentuk jinjingan, kamu harus memodifikasi bagian leher kaosmu. Gunakan mangkuk sebagai ukuran. Tandai dengan kapur atau spidol.

tas belanja via mommypotamus.com

via mommypotamus.com

Kalau sudah ada polanya, kamu bisa langsung mengguntingnya. Tarik garis lurus melintang atau horizontal di dekat bagian bawah kaos. Lalu, gunting bagian kaos dengan arah vertikal seolah membentuk renda.

tas belanja via mommypotamus.com

via mommypotamus.com

4. Buatlah simpul dari bagian yang tampak seperti renda tersebut.

tas belanja via mommypotamus.com

Buat ikatan seperti ini ya, agar tidak belanjaanmu tidak lolos ke bawah via mommypotamus.com

Kalau kamu kurang suka dengan renda-renda, kamu bisa menggantinya dengan membuat lubang tempat memasukkan tali kecil untuk merapatkan bagian bawahnya kok.

 

Selamat mencoba! Semoga tas buatanmu bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama!

 


featured image via greenmanolo.com