Yuk Buat Sendiri Sampo untuk Kulit Kepala yang Kering


sampo untuk kulit kepala yang kering via herbaffair.com
via herbaffair.com

Kulit kepala yang kering memang sangat mengganggu. Kamu bisa jadi tidak percaya diri karena fenomena kulit kepala yang terkesan tidak terawat ini. Apalagi, terkadang ada efek gatal yang sebagai tambahan. Sudah mencoba berbagai sampo yang katanya efektif untuk menghindarkanmu dari masalah ini, tapi kulit kepala lagi-lagi kering. Harus bagaimana lagi ya?

Mungkin mencoba beralih ke sampo dengan bahan-bahan alami bisa jadi pilihan alternatif untuk kulit kepala yang kering. Tidak tahu bahan apa saja yang bisa kamu manfaatkan? Coba deh simak rangkuman resep sampo buatan sendiri pilihan dari Nyoozee berikut ini:

 

Baking Soda

sampo untuk kulit kepala kering

Selain bermanfaat sebagai campuran tambahan untuk adonan kue, baking soda punya manfaat praktis lainnya. Tidak hanya untuk membuat sepatu tidak bau, tapi ternyata juga baik untuk membuat kulit kepala tidak kering.

Kalau kamu selalu gagal mencari sampo terbaik untuk kulit kepala yang kering, tampaknya kamu harus mencoba membuat sampo dengan campuran baking soda.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Baking soda
  • Botol kecil ukuran 75ml-100ml
  • Air hangat
  • Minyak rosemary

Caranya: Pilihlah botol bening dengan ukuran yang pas. Kemudian, masukkan satu sendok makan baking soda ke dalamnya. Tambahkan air hangat hingga memenuhi ¾ bagian dari botol. Lalu, tambahkan beberapa setidaknya lima tetes minyak rosemary ke dalamnya.

Setelah semua bahan sudah kamu masukkan ke dalam botol. Kocok botol tersebut dan biarkan komponen tersebut berbaur. Diamkan selama 2 menit, barulah sampomu bisa benar-benar bisa digunakan.

Rekomendasi penggunaan: Setelah mengaplikasikan sampo ini secara merata di permukaan kulit kepala, usahakan untuk membilasnya bergantian dengan air hangat kemudian air dingin.

 

 

Madu Oganik

sampo untuk kulit kepala yang kering

bet.com

Selain punya rasa yang enak dan baik untuk kesehatan, madu ternyata juga resolutif untuk mengatasi kekeringan yang dialami kulit kepalamu.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Madu organik
  • Air hangat
  • Botol ukuran 20-30ml

Caranya: Masukkan tiga sendok makan madu organik ke dalam botol. Tambahkan dua sendok teh air hangat ke dalamnya. Aduk hingga bercampur merata.

Rekomendasi penggunaan: Oleskan sampo olahanmu ini ke seluruh permukaan kulit kepala. Pijat kepalamu selama dua hingga tiga menit. Jika kamu ingin hasil yang sangat efektif, diamkan selama tiga jam hingga sampo ini meresap dan membersihkan kulit kepalamu dari potensi bakteri. Baru setelah itu, bilas dengan air hangat.

Jikalau kamu tidak ingin menunggunya selama itu, tidak apa-apa kok. Setelah mengoleskannya di rambut, kamu bisa langsung membilasnya dengan air hangat. Baru kemudian dengan air dingin.

 

Daun Mint

sampo untuk kulit kepala yang kering

Kombinasi sampo yang satu ini akan membuat kulit kepalamu terasa segar, sekaligus terbebas dari kekeringan.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Teh
  • Dua helai daun mint
  • Botol ukuran 75-100ml
  • Gliserin
  • Minyak Jojoba
  • Madu
  • Sabun cair dari minyak Zaitun (Castile Soap)

Caranya: campurkanlah teh, air hangat, dan dua helai daun mint ke dalam sebuah cangkir. Cukup tuangkan setengah cangkir air hangat di dalamnya. Diamkan selama 20 menit, baru kemudian, pindahkan setengah cangkir cairan ini ke dalam botol kosong berukuran 75 hingga 100ml.

Tambahkan dua sendok makan gliserin ke dalamnya, juga satu sendok minyak jojoba. Aduk hingga bercampur rata, baru kemudian tambahkan lagi setengah sendok teh madu dan tiga sendok teh sabun cair dari minyak zaitun. Kocok botol tersebut dan sampomu sudah jadi!

Rekomendasi penggunaan: Gunakan sampo ini seperti sampo lain pada umumnya. Bilas hingga bersih.

 

Tea Tree Oil

sampo untuk kulit kepala yang kering

Ingin sampo yang tidak hanya memperbaiki kulit kepalamu yang kering, tapi juga meninggalkan keharuman di rambutmu? Coba pakai trik satu ini.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • Tea tree oil
  • Lavender oil
  • Peppermint oil
  • Air hangat
  • Botol berukuran 55 hingga 80ml

Caranya: Campurkan tiga sendok makan tea tree oil dan tiga sendok makan lavender oil. Lalu, tambahkan sekitar lima tetes peppermint oil. Tambahkan dua sendok  air hangat. Aduk hingga rata.

Rekomendasi penggunaan: Cuci rambut menggunakan sampo ini seperti kamu menggunakan sampo pada umumnya. Bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

 

Oh iya, perhatikan jenis kulit kepalamu juga ya. Jika ternyata masalah kulit kepala keringmu ternyata justru semakin parah, bisa jadi ada beberapa bahan alami yang kurang cocok untuk diaplikasikan ke kulit kepalamu. Selamat mencoba!

 


featured image via herbaffair.com