Yuk Hias Ruanganmu dengan Wall Decor Sederhana!

Apakah akhir pekan nanti kamu sudah punya rencana berkegiatan? Berencana menghabiskan quality time sendiri di rumah ketimbang hanyut di tengah lautan manusia yang asyik berpacaran di luar sana? Nah, mendekor ruangan di rumah bisa jadi pilihan yang tidak kalah mengasyikkan lho.

Jangan bayangkan kamu harus menyediakan seember cat atau plafon baru untuk mendekorasi ruangan. Ide dekorasi yang akan Nyoozee rekomendasikan ini adalah wall decor. Wall decor adalah dekorasi artistik untuk dinding yang biasanya menggunakan benda-benda yang mudah dijumpai di sekitarmu.

Sudah terpikirkan benda-benda apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mengkreasikan wall decor di kamar atau ruang keluarga rumahmu? Kalau belum, simak panduan DIY yang simpel berikut ini ya! Alat-alat yang kamu butuhkan mudah dicari di meja kerja dalam kamarmu kok.

 

1. Selotip Bermotif atau Washi Tape

wall decor via pinterest.com

via pinterest.com

Ide wall decor ini sederhana sekali dan bisa kamu kerjakan sekarang juga. Tapi, ada hal yang perlu kamu ingat. Meskipun terbilang sederhana, kamu wajib menuangkan segala kreativitasmu agar dinding kamar jadi artistik dan sedemikian menarik. Untuk melakukan wall decor ini, benda-benda yang kamu butuhkan adalah:

  • Selotip bermotif atau washi tape
  • Gunting
  • Penggaris
  • Pensil

Setelah mengumpulkan benda-benda di atas, kamu harus menentukan bagian dinding mana yang akan kamu dekor. Apakah di pojok kanan, pojok kiri, atau di bagian tengahnya? Tentukan juga seberapa luas bagian dinding yang akan kamu dekorasi. Setengah dinding atau seluruhnya?

Setelah memperkirakan seberapa luas bagian dinding yang akan kamu hias, mulailah membuat konsep wall decor yang sesuai dengan karakteristik jiwa kreatifmu. Tapi ingat ya, perhatikan pula ketersediaan selotip bermotif atau washi tape yang ada di rumah. Jangan memaksakan konsep wall decor yang megah, padahal stok washi tape-mu ternyata tidak cukup. Kalau kamu belum punya bayangan tentang konsep wall decor seperti apa yang akan kamu pilih, kamu bisa mencontoh salah satu rekomendasi di bawah ini:

wall decor via brit.co

Kreasikan selotip bermotif atau washi tape dengan model silang membentuk gambar yang kamu inginkan via brit.co

wall decor via brit.co

Gunakan pola garis warna-warni jika kamu tidak suka gambar via brit.co

wall decor via brit.co

Daripada membeli pajangan tanduk rusa yang mahal, lebih baik kreasikan seperti ini via brit.co

wall decor via brit.co

Model segi enam yang menyambungkan dua sisi dinding juga keren via brit.co

wall decor via buzzfeed.com

Hanya punya satu persediaan selotip bermotif atau washi tape? Pakai konsep ini saja via buzzfeed.com

wall decor via designsponge.com

Atau coba juga konsep yang elegan tapi tidak berlebihan via designsponge.com

wall decor via brit,co

Bisa juga nih jadi kalendar pengingat di dinding dekat meja kerja dalam kamarmu via brit.co

Nah, setelah menemukan konsep untuk wall decor, kamu bisa langsung eksekusi ide tersebut. Buatlah pola dekorasi di dinding dengan menggunakan pensil dan penggaris. Garis yang kamu buat ini nantinya berfungsi untuk jadi panduan sehingga selotip bermotif atau washi tape yang akan kamu tempelkan terlihat rapi.

Mau menambahkan komponen lain dalam konsep wall decor-mu? Bisa juga lho. Misalnya foto atau gambar, atau bahkan sebuah gantungan yang fungsional.

wall decor via brit.co

Tambahkan gambar agar ruanganmu jadi lebih hidup via brit.co

wall decor via brit.co

Tempel gambar dengan double tape dan gunakan pensil juga penggaris agar selotip bermotif atau washi tape jadi simetris via brit.co

Ingin yang lebih fungsional? Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghias tempat gantungan pernak-pernik milikmu. Ini bisa untuk topi, syal, hijab, atau aksesoris lainnya. Selotip bermotif atau washi tape bisa membuatnya tampak seperti tiang gantungan dua dimensi yang menarik lho!

wall decor via pinterest.com

Untuk gantungan koleksi topi dan syal milikmu via pinterest.com

 

2. Kertas Warna

wall decor via fellowfellow.com

via fellowfellow.com

Gaya wall decor selanjutnya juga tidak kalah simpel. Yang kamu perlukan hanyalah tiga benda berikut:

  • Kertas Warna
  • Gunting
  • Lem

Setelah menyediakan tiga komponen penting tersebut, kamu bisa menggunting kertas warna sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Mulai dari lingkaran, segitiga, atau bentuk apapun yang kamu mau. Jika guntingannya sudah cukup banyak, kamu tinggal menempelkannya ke dinding. Boleh secara acak ke setengah bagian atau memenuhi dinding.

wall decor via brit.co

Gunting kertas warna sesuai bentuk yang kamu inginkan via brit.co

Boleh juga melanjutkan hiasan ini hingga ke bagian lantai, seperti gambar di bawah ini.

wall decor via decornation.in

Tempelkan kertas warna sampai lantai via decornation.in

 

3. Papan Jalan

wall decor via craft-o-maniac.com

via craft-o-maniac.com

Ingin melewatkan proses gunting-menggunting, menggambar pola khusus atau menempelkan satu persatu printilan di dinding? Mungkin konsep wall decor yang satu ini akan cocok untukmu. Beberapa benda yang kamu butuhkan seperti:

  • Papan berjalan
  • Doube tape 
  • Print out kata-kata motivasi favoritmu
wall decor via diyready.com

Bisa juga print out bergambar yang bisa menyemangati hari-harimu via diyready.com

Bingung mencari kata-kata motivasi untuk wall decor ini? Mungkin kamu bisa mencari referensinya dari Bruce Lee atau akun-akun Instagram ini. Bisa juga kamu gunakan kutipan-kutipan dari buku-buku puisi atau buku-buku Haruki Murakami.

 

4. Benang

wall decor via apartmenttherapy.com

Menjalin bentuk hati di dinding dengan benang via apartmenttherapy.com

Bila kamu menginginkan wall decor yang lebih artistik, dengan proses yang lebih menantang dari tiga pilihan di atas, Nyoozee sangat yakin kamu harus mencoba ide yang satu ini. Benda-benda yang kamu butuhkan berupa:

  • Pensil
  • Paku kecil
  • Palu
  • Benang

Pertama-tama, kamu harus membuat titik-titik kecil di dinding menggunakan pensil. Titik-titik tersebut kamu bentuk sesuai gambar atau pola yang kamu inginkan, misalnya bentuk hati seperti di atas. Jika kamu tidak ingin membentuk gambar, bisa juga kok membuat sebuah kata. Setelah titik-titik tersebut sudah menggambarkan konsep wall decor yang jelas, mulailah menancapkan paku kecil di dindingmu. Gunakan palu untuk membuat paku tertancap kuat. Kemudian, mulailah menjalin helai demi helai benang yang sudah kamu sediakan.

wall decor via honeyandfitz.com

Gunakan benang warna-warni agar jadi lebih spesial via honeyandfitz.com

 

Selamat mencoba!