Petuah Bijak Dalai Lama Untuk Membantumu Hidup Lebih Tenang


Di tengah hiruk-pikuk kehidupan masyarakat modern, seakan begitu sulit untuk mendapatkan rasa rasa tenang dan damai. Pergi berpelesir mungkin bisa jadi salah satu cara mendapatkan hal-hal tersebut. Tapi bagaimana jika setelah liburan, kedamaian dan ketenangan masih juga tetap tidak dapat kamu rasakan?

Jika kamu merasa hidupmu menggelisahkan seperti itu, coba basuh sebentar dirimu dengan petuah-petuah bijak dari sang pemimpin religus Tibet, Dalai Lama:

 

Ketenangan dan Kedamaian Hanya Bisa Diraih Dengan Kepedulian Terhadap Sesama Manusia

Manusia terkadang lupa bahwa selain sebagai individu, ia juga merupakan makhluk sosial. Karenanya penting bagi kita untuk peduli terhadap sesama. Malahan menurut Dalai Lama, kepedulian tersebut bisa jadi sumber rasa ketenangan kita.

 

1

 

Where ignorance is our master, there is no possibility of real peace.

 

Merasa Tak Tenang Belakangan? Mungkin Karena Akhir-akhir Ini Kamu Sering Marah-marah

Di film Inside Out, marah merupakan salah satu emosi dasar dalam pribadi manusia. Walau begitu, jangan sampai marah jadi begitu dominan dan menghalau emosi yang lain. Bisa-bisa malah jadi melukai diri sendiri dan orang lain. Seperti kata bijak Dalai Lama berikut:

 

2

 

Anger is the ultimate destroyer of your own peace of mind.

 

Kebahagiaan Bisa Bersumber Dari Apapun, Bahagia Itu Sederhana

Kita sering beranggapan bahwa uang adalah sumber kebahagiaan yang sesungguhnya. Banyak uang disamakan dengan hidup bahagia berkelimpahan. Padahal untuk bisa bahagia, yang paling diperlukan adalah rasa kasih sayang terhadap dan dari sesama manusia.

 

3

The ultimate source of happiness is not money and power, but warm-heartedness.

 

Bahkan kebahagiaan kadang bisa datang dari hal yang tak kita duga sebelumnya.

 

4

Happiness doesn’t always come from a pursuit. Sometimes it comes when we least expect it.

 

Keberagaman Sesungguhnya Adalah Hal Yang Alami Dari Dunia Ini

Janganlah kamu merasa kelompokmu atau suatu kelompok lebih baik dari yang lain. Keberagaman adalah hal yang alami di bumi ini. Apapun kelompokmu, toh kita semua sama-sama manusia yang menghargai kebaikan dan rasa kasih sayang.

 

5

Whether one believes in a religion or not, and whether one believes in rebirth or not, there isn’t anyone who doesn’t appreciate kindness and compassion.

 

Sebab hidup di dunia ini bukanlah monopoli dirimu sendiri ataupun kelompokmu saja. Kita hidup, berbagi bersama alam dan sesama manusia.

 

6

Because we all share this planet earth, we have to learn to live in harmony and peace with each other and with nature. This is not just a dream, but a necessity.

 

Banyak Cara Menyelesaikan Konflik, Tak Hanya Dengan Kekerasan Ataupun Perdebatan

Dalam hidup bersama manusia lain, konflik adalah sesuatu yang tak terhindarkan. Walaupun begitu, fokus kita bukan kepada konflik itu sendiri, tapi bagaimana cara menyelesaikan konflik tersebut dengan cara damai.

 

7

Peace does not mean an absence of conflicts; differences will always be there. Peace means solving these differences through peaceful means; through dialogue, education, knowledge; and through humane ways.

 

Jangan pernah menyelesaikan suatu masalah dengan kekerasan. Mungkin dengan kekerasan kamu merasa sudah menyelesaikan masalah, tapi sebenarnya kamu sudah menuai benih untuk masalah lainnya.

 

8

Through violence, you may ‘solve’ one problem, but you sow the seeds for another.

 


featured image via spiritscience.net