Ketahui Ini Sebelum Membuat Snapchat Art


via www.the11thsecond.com

Mungkin setelah melihat karya Adriandhy dan Pinot kamu jadi tertarik untuk mencoba membuat ‘Snapchat art’ kamu sendiri. Walaupun begitu, bisa jadi kamu belum familiar dengan Snapchat sebagai media untuk membuat karya ilustrasi, atau bahkan Snapchat secara keseluruhan. Ada keterbatasan-keterbatasan dan trik-trik rahasia tertentu yang perlu kamu ketahui untuk memulai. Keterbatasan dan trik rahasia ini tergantung pada jenis gawai kamu juga sih.

Berikut adalah beberapa hal mendasar yang perlu diketahui dan trik sederhana untuk kamu coba saat membuat Snapchat Art.

 

Ukuran Kuas

Untuk menggambar, mulanya kamu perlu menekan ikon krayon yang ada di ujung kanan atas layar kamu. Setelah itu akan muncul warna-warna yang bisa kamu pilih untuk gunakan. Tapi bisakah ukuran krayon atau kuas ini diubah?

Dengan berat hati, kami harus memberi tahu bahwa ukuran kuas atau brush size di Snapchat tidak bisa diubah. Memang sih, fitur itu tidak diharuskan. Toh aplikasi ini bukan aplikasi yang dikhususkan untuk membuat ilustrasi, jadi tidak perlu fitur yang terlalu detil untuk sekedar menambahkan coretan.

Walaupun ini agak membatasi kamu yang ingin mencoba membuat Snapchat Art, kamu bisa menganggap ini sebagai tantangan. Atasi keterbatasan ini sekreatif mungkin. Kamu bisa menimpa dengan warna lain atau mencoba menggunakan teknik pointilisme misalnya.

 

via www.the11thsecond.com

via www.the11thsecond.com

 

Menggambar dengan Warna Hitam

Untuk pengguna Android, menggunakan warna hitam memang bukan masalah. Tapi pengguna iOS mungkin akan mengalami kesulitan. “Kan di pilihan warnanya tidak ada warna hitam?”

Eits, kata siapa? Memang sih tabung pemilih warna yang ada di bagian kanan layar terlihat hanya menyediakan warna-warna cerah. Tapi kalau kamu meletakkan jari di tabung pemilih warna itu dan menariknya ke arah bawah. Jadi warna hitam deh.

 

Menggambar dengan Warna Putih

Mirip dengan warna hitam, warna putih juga tidak ada di dalam tabung pemilih warna di bagian kanan layar gawai iOS. Para pengguna Android sih bisa dengan mudah menemukan warna putih di tabung pemilih warnanya.

Nah, untuk para pengguna iOS, kamu bisa meletakkan jari di tabung warna dan menariknya ke arah atas-kiri. Jadi deh warna putih.

 

via twitter.com/SnapChatAwesome

 

Menggambar dengan Warna Transparan

Sayangnya, untuk pengguna iOS, kamu tidak bisa nih menggunakan warna transparan untuk menggambar di Snapchat kamu. Kalau untuk pengguna Android, kamu bisa menekan tabung pemilih warna sedikit lebih lama hingga muncul palet warna yang lengkap. Setelah itu kamu tinggal memilih warna transparan di sana.

 

Menggambar dengan Warna Lainnya

Walaupun tidak semudah menggunakan color picker, kamu bisa lho menyesuaikan warna coretan dengan fotomu. Tapi kamu harus melakukannya secara manual nih. Setelah meletakkan jari di tabung pemilih warna, gerakkan jarimu ke berbagai arah di layar. Kamu akan menemukan banyak warna yang tidak bisa kamu temukan di tabung pemilih warna. Warna-warna ini merupakan variasi versi terang-gelap dari warna-warna yang ada di tabung pemilih warna.

 

snapchat art by pinot

via twitter.com/pinot

 

Filter dan Bingkai

Kamu bisa menambahkan filter maupun bingkai di Snapchat Art kamu. Mudah saja, kamu tinggal menggeser layarmu ke arah kiri atau kanan. Akan muncul preview dari gambarmu setelah ditambahi filter maupun bingkai. Terkadang, ketika kamu berada di lokasi tertentu, kamu bisa menambahkan bingkai atau gambar tertentu sesuai lokasi kamu. Ada pula keterangan jam, suhu, maupun kecepatan yang bisa kamu tambahkan.

Penambahan filter dan bingkai ini tidak akan mempengaruhi warna dari coretan-coretan yang telah kamu gambar. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menambahkan filter terlebih dulu sebelum menambahkan coretan ilustrasi ke dalam Snapchat Art kamu supaya bisa disesuaikan warnanya.

 

Tulisan dan Emoji

Mungkin kamu sudah sering melihat foto-foto di Snapchat ditambahi tulisan. Kamu bisa menulis dengan menekan ikon huruf T di layar bagian kanan atas. Ada beberapa pilihan tampilan yang bisa kamu gunakan. Tinggal menekan ikon huruf T terebut kembali untuk melihat pilihan apa saja yang tersedia.

Untuk emoji, kamu bisa menekan ikon berbentuk kertas memo di bagian kanan atas layar. Setelah itu akan muncul pilihan-pilihan emoji yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa mengatur letak dan ukurannya di foto kamu.

 

Bagaimana? Siap untuk mencoba membuat Snapchat Art kamu sendiri?